Sukses

Jika Anda Pelupa, Lakukan 4 Hal Ini Agar Bisa Mengingat Banyak Hal

Ada 4 hal yang bisa Anda lakukan jika lupa akan sesuatu. Dengan mengasah kemampuan otak, maka Anda bisa mengingat banyak hal.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa permasalahan orang dewasa yaitu suka lupa jika meletakan sesuatu benda. Padahal sudah hendak digunakan dan akan dibawa. Tetapi, lupa dimana terakhir kali meletakkannya.

Selain itu, permasalahan lain adalah kerap lupa apa yang hendak dikatakan dan dikerjakan. Padahal, beberapa menit sebelumnya sudah ingat, tetapi malah jadi lupa.

Ternyata, masalah ini tak Anda hadapi sendiri.

Banyak orang yang mengalaminya. Dikutip dari laman americanexpress, Senin (19/8/2024) berikut 4 trik untuk mengingat sesuatu hal kembali yang sebelumnya Anda lupa:

1. Gunakan Ingatan Visual

Trik memori ini berhasil karena dua alasan. Secara alami, kita mengingat isyarat visual lebih baik daripada kata-kata.

Selain itu, semakin banyak indra yang Anda gunakan untuk mempelajari atau menyimpan sesuatu, semakin baik Anda mengingatnya.

Misalnya, Anda perlu mengingat untuk mengajukan proposal kepada klien sebelum pukul 10 pagi. Anda dapat menghafal tugas tersebut dengan memvisualisasikan proposal Anda di atas jam alarm yang menunjukkan pukul "10 pagi". Triknya di sini adalah membuat gambar tersebut sejelas mungkin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Manfaatkan Teknik Chunking

Teknik chunking adalah trik memori yang digunakan otak kita untuk membagi informasi besar menjadi unit yang lebih kecil dan lebih mudah dicerna.

Tiga tahap utama chunking meliputi pengelompokan, menemukan pola, dan mengatur informasi berdasarkan makna. Misalnya, Anda mungkin lebih baik menghafal nomor telepon dalam tiga bagian terpisah daripada satu rangkaian angka yang panjang.

 

3 dari 4 halaman

3. Tetapkan Rutinitas

Jika Anda membangun rutinitas harian di area yang kurang Anda ingat, Anda mungkin akan mengingat sesuatu dengan lebih baik.

Misalnya, jika Anda memiliki kebiasaan buruk salah menaruh kunci, cobalah membuat rutinitas menggantungnya di gantungan tepat di dekat pintu setelah Anda tiba di rumah.

 

4 dari 4 halaman

4. Gunakan Akronim

Salah satu teknik yang populer adalah alat bantu mengingat. Teknik ini melibatkan pembuatan frasa atau gambar yang sederhana dan mudah diingat untuk mewakili informasi yang lebih besar.

Frasa "Setiap anak baik berhak mendapatkan fudge" dapat digunakan untuk mengingat nada pada baris paranada treble (E, G, B, D, F).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.