Sukses

Wabah Kolera Menyerang Warga Afrika, 22 Orang Meninggal dari 354 Kasus di Sudan

Sedikitnya 354 kasus kolera yang dikonfirmasi telah terdeteksi di seluruh Sudan, negara yang dilanda perang dalam beberapa minggu terakhir.

Liputan6.com, Khartoum - Di tengah peningkalatan kasus mpox atau monkeypox di beberapa negara Afrika, sebuah wabah kolera dilaporkan melanda Sudan.

"Sudan dilanda wabah kolera yang telah menewaskan hampir dua lusin orang dan membuat ratusan lainnya sakit dalam beberapa minggu terakhir," kata otoritas kesehatan seperti dikutip dari Al Jazeera, Selasa (20/8/2024). 

Menteri Kesehatan Sudan Haitham Mohamed Ibrahim mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu (18/8) bahwa sedikitnya 22 orang telah meninggal karena penyakit tersebut, dan bahwa sedikitnya 354 kasus kolera yang dikonfirmasi telah terdeteksi di seluruh negara yang dilanda perang dalam beberapa minggu terakhir.

Pada hari Sabtu (17/8), Haitham Mohamed Ibrahim mengumumkan epidemi kolera di Sudan dan mencatat bahwa wabah tersebut terjadi "karena kondisi cuaca dan air minum telah terkontaminasi".

Menkes Haitham Mohamed Ibrahim mengatakan keputusan tersebut diambil bersama dengan otoritas di negara bagian Kassala di bagian timur, badan-badan Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan para ahli setelah "penemuan virus kolera oleh laboratorium kesehatan masyarakat".

Seorang pejabat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Margaret Harris, mengatakan dalam panggilan media pada hari Jumat (15/8) bahwa 11.327 kasus kolera dengan 316 kematian telah dilaporkan di Sudan sejauh ini.

"Kami perkirakan jumlahnya akan lebih banyak dari yang telah dilaporkan," imbuhnya.

Kolera adalah infeksi yang berkembang cepat dan sangat menular yang menyebabkan diare, yang mengakibatkan dehidrasi parah dan kemungkinan kematian dalam hitungan jam jika tidak diobati, menurut WHO. Penyakit ini ditularkan melalui konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi dan dapat membunuh dalam hitungan jam tanpa pengobatan. Anak-anak di bawah usia lima tahun berada pada risiko tertentu.

Kolera bukanlah hal yang jarang terjadi di Sudan. Wabah besar sebelumnya telah menewaskan sedikitnya 700 orang dan membuat sekitar 22.000 orang sakit dalam waktu kurang dari dua bulan pada tahun 2017.

Namun, wabah penyakit ini merupakan bencana terbaru bagi wilayah tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Situasi Rumit di Sudan, Banjir hingga Perang Saudara

Banjir musiman yang dahsyat dalam beberapa minggu terakhir juga telah memperparah penderitaan. Puluhan orang telah tewas dan infrastruktur penting telah hanyut di 12 dari 18 provinsi di Sudan, menurut otoritas setempat. Sekitar 118.000 orang telah mengungsi karena banjir, menurut badan migrasi Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Situasi makin rumit karena perang saudara yang dimulai pada April tahun lalu ketika ketegangan yang membara antara militer dan kelompok paramiliter yang kuat meledak menjadi perang terbuka di seluruh negeri telah menjerumuskan wilayah tersebut ke dalam kekacauan.

Angkatan Bersenjata Sudan (SAF), yang dipimpin oleh Abdel Fattah al-Burhan, dan Pasukan Dukungan Cepat (RSF) – di bawah Mohamed Hamdan Dagalo, yang lebih dikenal sebagai “Hemedti” – telah bersaing untuk mendapatkan kekuasaan dan kendali atas negara Afrika berpenduduk 46 juta orang tersebut.

Konflik tersebut telah mengubah ibu kota Khartoum dan wilayah perkotaan lainnya menjadi medan perang, menghancurkan infrastruktur sipil dan sistem perawatan kesehatan yang sudah babak belur. Tanpa kebutuhan pokok, banyak rumah sakit dan fasilitas medis telah tutup.

Perang tersebut juga telah menewaskan ribuan orang, membuat lebih dari 10,7 juta orang mengungsi dan menyebabkan banyak orang kelaparan, dengan kelaparan telah dipastikan terjadi di kamp pengungsi yang luas di wilayah utara Darfur yang hancur.

 

3 dari 3 halaman

Upaya Perundingan untuk Akhiri Konflik 16 Bulan di Sudan

Putaran perundingan baru yang bertujuan untuk mengakhiri konflik selama 16 bulan di Sudan dimulai di Swiss pada hari Rabu (14/8), meskipun tentara tidak hadir.

Amerika Serikat, Arab Saudi, Swiss, Uni Afrika, Mesir, Uni Emirat Arab, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa berupaya mengarahkan tentara Sudan dan RSF ke dalam perundingan gencatan senjata.

Pada hari Minggu (118/8), dewan kedaulatan Sudan yang dikendalikan militer mengatakan akan mengirim delegasi pemerintah untuk bertemu dengan pejabat AS di Kairo di tengah meningkatnya tekanan AS terhadap militer untuk bergabung dalam perundingan gencatan senjata yang sedang berlangsung di Swiss.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini