Sukses

Iran Tutup Institut Bahasa Jerman, Ada Apa?

Ini bukan pertama kalinya Iran menutup lembaga-lembaga Jerman.

Liputan6.com, Teheran - Iran pada Selasa (20/8/2024) menutup satu-satunya lembaga bahasa yang diakui oleh Kedutaan Besar Jerman. Langkah tersebut diambil menyusul penutupan pusat-pusat keagamaan Islam di Jerman.

Pengadilan Iran menutup dua kantor lembaga itu, yang disebutnya sebagai "pusat-pusat ilegal yang berafiliasi dengan pemerintah Jerman, yang melanggar hukum Iran, melakukan banyak tindakan ilegal dan pelanggaran finansial yang luas". Demikian seperti dilansir VOA Indonesia, Rabu (21/8).

Pengadilan mengatakan investigasi tambahan terhadap lembaga-lembaga Jerman lainnya sedang berlangsung karena adanya laporan pelanggaran.

Duta besar Iran untuk Jerman menyebutkan penutupan pusat-pusat keagamaan Islam di sana bersifat Islamofobia dan merupakan tindakan permusuhan. Pusat-pusat tersebut ditutup pada Juli lalu karena dituduh mempromosikan dan menyebarkan ideologi untuk mendukung kelompok militan Hizbullah.

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri Jerman mengatakan pelarangan terhadap pusat-pusat keagamaan dan afiliasinya adalah karena itu merupakan organisasi ekstremis Islamis yang mengejar tujuan-tujuan antikonstitusional.

Aparat penegak hukum Jerman menggerebek 53 fasilitas semacam itu.

Sebelumnya, lembaga Goethe internasional di Teheran yang juga dimiliki Jerman di berbagai lokasi di seluruh dunia, ditutup oleh para pejabat Iran pada tahun 1995.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini