Sukses

5 Fakta Menarik The Voyager Golden Record

Voyager 1 telah menjelajah ke wilayah ruang angkasa yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Voyager 1 adalah sebuah wahana antariksa tertua nirawak yang diluncurkan oleh NASA pada 5 September 1977. Hingga saat ini, Voyager 1 telah menempuh perjalanan luar biasa selama lebih dari 46 tahun.

Hal ini menjadikannya objek buatan manusia yang paling jauh dari Bumi. Voyager 1 telah menjelajah ke wilayah ruang angkasa yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Informasi yang dikirimkan vahana ini membawakan manusia ilmu pengetahuan baru tentang tata surya dan alam semesta. Menariknya, Voyager 1 juga membawa pesan untuk alien.

Wahana antariksa ini membawa sebuah pesan berisi informasi tentang peradaban bumi dalam piringan emas atau disebut dengan The Voyager Golden Record. Dikutip dari laman NASA pada Rabu (21/08/2024), berikut fakta menarik The Voyager Golden Record.

1. Berkelana Jauh dari Bumi

The Voyager Golden Record berisi rekaman suara-suara, baik alam maupun suara makhluk hidup di Bumi. Piringan emas ini juga dilengkapi gambar yang telah dipilih untuk menggambarkan bentuk kehidupan di Bumi.

Piringan tersebut dipasang pada wahana antariksa Voyager 1 dan Voyager 2 yang telah menempuh jarak yang sangat jauh. Voyager 1 menempuh jarak 24 miliar kilometer, sedangkan Voyager 2 menempuh jarak 19 miliar kilometer.

2. Rekaman Gamelan

The Voyager Golden Record membawa banyak jenis musik yang terpilih ke dalam daftar The Voyager Golden Record, salah satunya berasal dari Indonesia. Musik gamelan tersebut direkam oleh Robert E. Brown, seorang etnomusikolog yang merekam musik gamelan tersebut langsung di Keraton Pakualaman, Yogyakarta pada 1971.

Dengan judul Puspawarna, musik gamelan tersebut berkelana di luasnya alam semesta bersama wahana antariksa Voyager 1.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penari Bali

3. Membawa 115 Foto, Termasuk Penari Bali

Selain berisi rekaman suara-suara, NASA nampaknya ingin menunjukkan peradaban bumi. Sedikitnya ada 115 gambar yang menggambarkan berbagai aspek kehidupan di Bumi, mulai dari struktur DNA, anatomi manusia, hingga gambar-gambar yang menggambarkan kehidupan sehari-hari manusia.

Salah satu di antara foto tersebut adalah foto penari Bali yang diambil oleh Donna Grosvenor.

4. Ucapan Salam dalam Berbagai Bahasa

The Voyager Golden Record juga membawa ucapan salam dalam 59 bahasa yang berbeda, termasuk bahasa Indonesia. Selain itu, terdapat pesan tertulis dari Presiden Jimmy Carter dan Sekretaris Jenderal PBB saat itu, Kurt Waldheim.

5. Terbuat dari Tembaga Berlapis Emas

The Voyager Golden Record tersebut terbuat dari tembaga berlapis emas dengan diameter 12 inchi atau 30 sentimeter. Penutup dari piringan emas tersebut dibuat dari aluminium yang dilapisi sampel isotop uranium-238 yang murni.

Uranium -238 sendiri memiliki waktu paruh sampai 4,468 miliar tahun.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini