Sukses

5 Fakta Menarik Paus Kepala Kotak

Menariknya, paus kepala kotak dinobatkan sebagai mamalia dengan otak terbesar. Dikutip dari laman NOAA Fisherires pada Rabu (21/08/2024), berikut fakta menarik paus kepala kotak.

Liputan6.com, Jakarta - Paus kepala kotak atau sperm whale terdaftar sebagai hewan yang terancam punah karena mulai menurun drastis keberadaannya. Ciri khas Paus jenis ini adalah kepalanya yang berbentuk kotak dan diisi cairan putih misterius yang bernama spermaceti.

Para ilmuwan pada awalnya mengira itu adalah cairan sperma, namun belum bisa memastikan kebenarannya. Sementara spermaceti dianggap sebagai bantuan penyeimbang tubuh paus ketika mereka menyelam ke lautan dalam.

Menariknya, paus kepala kotak dinobatkan sebagai mamalia dengan otak terbesar. Dikutip dari laman NOAA Fisherires pada Rabu (21/08/2024), berikut fakta menarik paus kepala kotak.

1. Penyandang berbagai Gelar

Paus kepala kotak memiliki beberapa gelar 'terbesar' yang diantaranya terdiri dari pemilik otak terbesar dan predator dengan gigi terbesar. Jika manusia hanya memiliki bobot 3 kg pada otaknya paus kepala kotak memiliki otak seberat 17 kg.

Selain itu paus ini juga dikenal sebagai predator dengan gigi terbesar meskipun gigi runcingnya hanya tumbuh dibagian rahang bawahnya.

2. Memiliki Umur yang Panjang

Paus kepala kotak bisa tumbuh hingga panjangnya 20 meter dengan berat 45 ton. Bayi paus kepala kotak lahir dengan rata-rata berat 1 ton dan panjang 4 meter.

Masa hidup paus kepala kotak dapat mencapai usia 70 tahun dan berenang di menjelajahi laut ke berbagai belahan dunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lapisan Lilin di Kepala

3. Lapisan Lilin di Kepala

Nama lain paus kepala kotak adalah sperm whale yang berasal dari cairan putih yang dapat berubah menjadi lapisan lilin di atas kepala paus. Bagian ini masih menjadi bahan perbincangan para ilmuwan hingga sekarang.

Para pemburu menemukan cairan putih ini dan mengira bahwa itu memiliki peran reproduksi dan karenanya diberi nama spermaceti atau benih ikan paus.

4. Menu Makanan yang Jumbo

Tubuh yang besar membuat paus kepala kotak membutuhkan asupan makanan yang ekstra. Mereka menyukai cumi-cumi, bahkan giant squid adalah salah satu santapan favorit mereka.

Paus kepala kotak rela berenang ke laut terdalam demi mendapat giant squid. Paus kepala kotak dapat menyelam hingga kedalaman lebih dari 900 meter.

5. Paus Jantan dan Betina

Perilaku paus kepala kotak juga berbeda sesuai gendernya. Para pejantan dewasa hidup sendirian dan merasa kesepian karena mereka suka berpindah kelompok.

Berbeda dengan betina yang lebih berjiwa sosial dan senang berkumpul bersama kawanannya. Paus betina juga memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari para pejantan.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.