Sukses

Memanas, Hizbullah Luncurkan Puluhan Roket ke Dataran Tinggi Golan yang Diduduki Israel

Hizbullah dilaporkan menargetkan posisi wilayah militer Israel di Dataran Tinggi Golan dengan rentetan roket.

Liputan6.com, Golan - Hizbullah dilaporkan meluncurkan 50 roket ke Dataran Tinggi Golan yang diduduki setelah pesawat Israel menyerang wilayah tersebut.

Kini, kekhawatiran muncul terkait perang habis-habisan yang kemungkinan akan meningkat, dikutip dari BBC, Kamis (22/8/2024).

Militer Israel mengatakan, mereka menyerang fasilitas penyimpanan senjata Hizbullah di Lembah Bekaa semalam. Kementerian kesehatan Lebanon mengatakan, satu orang tewas dan 30 lainnya terluka.

Sebagai tanggapan, Hizbullah, yang didukung oleh Iran, mengatakan bahwa mereka menargetkan posisi militer Israel di Golan dengan rentetan roket.

Pihak berwenang Israel mengatakan, dua rumah terkena serangan dan satu orang terluka. Sementara itu, gerakan Fatah menyebut Israel membunuh seorang anggota senior sayap bersenjatanya di Lebanon dalam upaya untuk memicu konflik regional.

Militer Israel mengatakan, pihaknya telah membunuh Khalil al-Makdah dalam serangan di kota pelabuhan selatan Sidon karena ia beroperasi atas nama Garda Revolusi Iran dan terlibat dalam mengarahkan serangan dan menyelundupkan senjata ke Tepi Barat yang diduduki.

Serangan itu dilaporkan sebagai serangan pertama terhadap anggota Fatah sejak dimulainya perang Gaza, yang telah menyebabkan meningkatnya permusuhan lintas batas antara Israel dan Hizbullah.

Ketegangan meningkat dalam beberapa minggu terakhir setelah Israel menewaskan seorang komandan senior Hizbullah di Beirut, yang bertanggung jawab atas tewasnya 12 anak dalam serangan roket.

Sejauh ini, lebih dari 530 orang dilaporkan tewas di Lebanon, di antaranya sedikitnya 130 warga sipil, dan 49 orang di Israel, termasuk 26 warga sipil. Hampir 200.000 orang juga telah mengungsi di kedua sisi perbatasan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ancaman Menhan Israel

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan kepada pasukan bahwa "pusat gravitasi" militer secara bertahap bergeser dari Gaza dan ke perbatasan Lebanon.

"Menyerang gudang amunisi di Lebanon merupakan persiapan untuk segala kemungkinan yang mungkin terjadi," katanya.

Pada Rabu (21/8) pagi, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengumumkan bahwa jet-jet tempur telah menyerang sejumlah fasilitas penyimpanan senjata Hizbullah di Lembah Bekaa utara - benteng kelompok itu - serta kompleks yang digunakan oleh sistem pertahanan udara.

IDF juga mengatakan telah menargetkan seorang anggota Hizbullah di desa perbatasan selatan Beit Lif.

Kementerian kesehatan Lebanon mengatakan, serangan di wilayah Bekaa telah menewaskan satu orang, yang tidak diidentifikasi, dan sembilan anak-anak termasuk di antara 30 orang yang terluka.

Kantor Berita Nasional (NNA) yang dikelola pemerintah mengatakan serangan itu telah menargetkan pinggiran kota Bodai, daerah antara Saraain dan Safri, dan Nabi Chit.

Kementerian kesehatan juga melaporkan bahwa seorang pria telah tewas di Beit Lif, sementara Hizbullah mengonfirmasi kematian seorang pejuang dari desa bernama Hussein Mostafa.

 

3 dari 3 halaman

50 Roket ke Pangkalan Logistik IDF

Menanggapi serangan itu, Hizbullah mengatakan telah meluncurkan rentetan roket ke pangkalan logistik IDF di Dataran Tinggi Golan. IDF mengatakan sekitar 50 proyektil telah diluncurkan dari Lebanon dan beberapa jatuh di pemukiman Katzrin.

Seorang pria berusia 30 tahun terluka cukup parah akibat pecahan peluru saat sebuah roket menghantam rumahnya dan membakarnya, menurut layanan ambulans Magen David Adom.

Wakil komandan Komando Utara IDF, Brigadir Jenderal Alon Friedman, menuduh Hizbullah secara langsung menargetkan 8.000 warga sipil yang tinggal di Katzrin.

Hizbullah juga mengatakan telah melakukan serangan pesawat nirawak terpisah terhadap pangkalan militer dan gudang Israel di Amiad, sebuah kibbutz di dekat Laut Galilea. IDF mengatakan beberapa pesawat nirawak jatuh di daerah itu, tanpa menimbulkan korban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.