Sukses

Fenomena Misterius 7 Matahari Muncul di Langit China, Ini Penjelasannya

Fenomena ketujuh matahari tersebut terlihat berdampingan dan memiliki intensitas yang berbeda-beda.

Liputan6.com, Chengdu - Para Stargazers atau pengamat bintang di China terkejut setelah melihat fenomena misterius yang menunjukkan tujuh matahari dalam video viral baru-baru ini.

Dalam rekaman membingungkan, seperti dikutip dari New York Post, Jumat (23/8/2024), tayangan yang disebut direkam awal bulan ini oleh seorang wanita di sebuah rumah sakit Chengdu, solar septet (septet matahari) menghiasi langit seperti pemandangan di beberapa planet aneh.

Ketujuh matahari tersebut terlihat berdampingan dan memiliki intensitas yang berbeda-beda.

Videografer, yang diidentifikasi sebagai Nona Wang, mengatakan bahwa para penonton terpesona oleh pemandangan yang memukau, yang berlangsung sekitar satu menit dan terlihat dari berbagai sudut, lapor Jam Press.

Apakah sebenarnya fenomena misterius tersebut?

Anomali meteorologi ini sebenarnya adalah ilusi optik yang disebabkan oleh cahaya yang dibiaskan melalui media tertentu — dalam hal ini, kaca berlapis dari jendela rumah sakit.

Ketujuh matahari yang terlihat adalah gambar virtual yang dibuat oleh setiap panel kaca. Kendati demikian pengguna media sosial menawarkan teori aneh mereka sendiri, tentang apa yang menyebabkan bintang di pusat tata surya itu bersinar sejajar.

"Akhirnya kami mengungkap kebenaran tentang pemanasan global," canda seorang astronom amatir di platform media sosial China Weibo.

"Ini terjadi karena gangguan medan magnet yang membuat alam semesta paralel tampak nyata," canda kadet antariksa lainnya. "Biro Kosmik telah memperbaiki masalah ini, dan mereka yang bertanggung jawab telah ditegur."

Ajang heptathlon heliosfer juga menjadi perbincangan hangat di Reddit, di mana para pengguna membandingkan fenomena itu dengan mitos Tiongkok di mana pemanah kosmik Hou Yi menembak jatuh sembilan dari 10 matahari Bumi untuk menghentikan planet itu terbakar.

"Ketika Bumi mengalami astigmatisme," canda pengguna Reddit lainnya.

"Jadi, apakah ini kiamat sistem atau hanya kiamat biasa karena kondisi udara yang buruk?" tanya seorang komentator, menyinggung masalah polusi yang merajalela di Tiongkok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fenomena Lingkaran Hitam Misterius Muncul di Langit Virginia AS, Portal ke Dunia Lain atau Jejak UFO?

Fenomena misterius sebelumnya datang dari Virginia, AS. Beberapa warga merekam video saat lingkaran hitam misterius terlihat mengambang di langit wilayah Williamsburg.

Melansir Upi.com, Senin (19/8/2024), disebutkan bahwa beberapa saksi di wilayah Hampton Roads melaporkan melihat lingkaran hitam di langit pada hari Selasa (13/8) sesaat setelah pukul 11.00 siang, dan beberapa orang mengambil foto serta video fenomena yang tidak biasa tersebut.

Lingkaran hitam misterius itu kemudian dilaporkan menghilang dalam beberapa menit.

Lingkaran hitam yang tampak serupa telah terlihat di lokasi lain di masa lalu, dengan kebakaran dan ledakan disebut sebagai kemungkinan penyebabnya.

Departemen Pemadam Kebakaran James City County mengatakan tidak mengetahui adanya laporan insiden yang dapat menyebabkan lingkaran itu pada saat penampakannya.

Ricky Mathews, seorang ahli meteorologi untuk WAVY-TV, mengatakan penyebabnya kemungkinan adalah kembang api atau insiden serupa dari kebakaran terkonsentrasi yang menyebabkan lingkaran asap mengepul. Rekan ahli meteorologi Steve Fundaro berhipotesis bahwa itu mungkin disebabkan oleh proses industri.

Penampakan Serupa di Kazakhstan, Jejak UFO?

Penduduk di Kazakhstan juga pernah heboh karena muncul penampakan menyerupai 'cincin hitam' misterius, di langit tempat tinggal mereka.

Warga setempat meyakini, bulatan hitam misterius di langit kala itu adalah jejak Unidentified Flying Object (UFO) yang melintas.

Dalam rekaman video berdurasi 15 menit di Desa Shortandy, 40 km sebelah utara ibukota Astana, lingkaran berwarna hitam itu memang terlihat melayang di langit. Sebelum akhirnya menghilang tanpa jejak secara perlahan.

Berbagai spekulasi tentang fenomena aneh di langit Kazakhstan itu pun bermunculan. Banyak dari warga di sana meyakini bahwa itu adalah bukti adanya kehidupan makhluk di luar Bumi atau ekstrateresterial.

"Terlihat seperti awan hitam. Kami melihatnya di sekitar pukul 16.00 pada 3 April. Lalu hilang seperti asap, tapi tak ada bau sama sekali," ucap warga bernama Oleg Menshikov kepada Today.kz seperti dikutip dari Daily Mail edisi 7 April 2015.

Sementara para pengguna situs sharing video mulai mempertanyakan apakah lingkaran hitam tebal itu memang benar pesawat ruang angkasa yang ditumpangi alien. Sedangkan lainnya menduga itu mungkin hanya asap rokok yang terekam kamera, tetapi disebut-sebut terjadi di langit.

Lainnya berpikir awan itu mungkin fenomena naiknya massa udara hangat yang dikenal sebagai thermal microburst. 

3 dari 4 halaman

Viral, Cahaya Api Misterius Terangi Langit Malam Oxford

Penampakan misterius lainnya pernah dilaporkan dari Inggris. Cahaya api merah menerangi langit Oxford pada Senin malam (2/10/2023). Rekaman kejadian itu pun viral di media sosial. 

Bila dilihat dari kejauhan, cahaya itu membuat langit malam Oxford terlihat seperti langit jingga fajar. 

"Apa itu? Itu masif. Ya Tuhan, lihat itu," ujar seorang pria yang merekam video viral tersebut. 

Berdasarkan laporan BBC, Selasa (3/10/2023), sumber cahaya itu ternyata adalah ledakan di sebuah fasilitas daur ulang limbah makanan. Lokasi disambar petir sehingga terjadi kebakaran. Kepolisian setempat juga berkata ada sambaran petir.

Perusahaan itu adalah Severn Trent Green Power Plant yang berlokasi di Cassington, sebelah utara Oxford. Pabrik itu mengolah limbah makanan menjadi biogas. 

Perusahaan itu berkata sambaran petir itu memicu ledakan pada salah satu tanki biogas pada sekitar pukul 19:20 malam waktu setempat. 

Tidak ada yang terluka pada kejadian ini. Para staff bekerja dengan petugas pelayanan darurat untuk mengamankan lokasi. 

Enam mobil pemadam kebakaran, 40 petugas pemadam, empat ambulans, serta petugas kepolisian dikerahkan ke tempat lokasi.

Dewan County Oxfordshire berkata kru pemadam juga menggunakan alat aerial dan tank air untuk menjinakkan api.

Staf di Universitas Oxford, Jack Frowde, mengaku sedang duduk di dapur ketika ruangannya mendadak terang kemudian ada suara seperti sambaran petir.

"Saya lari untuk merekam sinar oranye tersebut sebagaimana itu pudar dalam 20 detik," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Laporan Penampakan Misterius Diduga UFO di Langit Meningkat, Ini Penjelasan Astronom

Jika memang ada sebuah pesawat luar angkasa alien atau UFO yang muncul di langit Bumi, kemungkinan besar kejadian itu akan dilihat pertama kali oleh mereka yang menghabiskan banyak waktu untuk mengamati langit, seperti para astronom.

Tetapi astronom profesional dan amatir biasanya tidak mengamati Unidentified Flying Objects (UFO), karena mereka tahu jenis objek yang muncul di langit siang dan malam hari. Mereka dapat mengidentifikasi sebagian besar penampakan dengan cukup cepat, tidak peduli betapa aneh penampakannya.

Di sisi lain, masyarakat umum memang sermelaporkan UFO. Selama pandemi COVID-19 tahun 2020, misalnya, ada peningkatan persepsi penampakan UFO di banyak negara. Banyak yang telah dikaitkan dengan kebanyakan orang yang tidak berpengalaman dalam menafsirkan jepretan kamera ponsel.

Dikutip dari EarthSky.org, Kamis (17/12/2020), pijar lensa atau pantulan internal di dalam kamera sering menjadi penyebabnya. Pada tahun 2020, lonjakan laporan UFO juga menjadi indikasi bahwa masyarakat memiliki lebih banyak waktu untuk mengamati langit. Itu tren yang diharapkan terus berlanjut.

Contohnya pada peluncuran roket 2 September 2015. Saat itu banyak orang di Miami, Florida yang mendongak untuk melihat sekilas cahaya bergerak aneh yang terlihat di langit. Beberapa orang menyebutnya sebagai UFO ketika mengunggah foto itu ke Twitter atau Facebook, tetapi yang lain tahu bahwa itu adalah roket Atlas V yang diluncurkan dari Cape Canaveral.

Selengkapnya klik di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.