Sukses

Topi Fedora dari Film India Jones Dilelang dengan Harga Fantastis Rp9,7 Miliar

Perusahaan memorabilia Propstore mengatakan topi heroik itu termasuk di antara lebih dari 450 item yang dilelang dalam ajang US Entertainment Memorabilia Live Auction.

Liputan6.com, Los Angeles - Topi fedora terkenal yang dikenakan Harrison Ford dalam film Indiana Jones and the Temple of Doom tahun 1984 terjual seharga $630.000 atau sekitar Rp9,7 miliar dalam lelang.

Perusahaan memorabilia Propstore mengatakan topi legendaris itu termasuk di antara lebih dari 450 item yang dilelang dalam ajang US Entertainment Memorabilia Live Auction.

"Topi fedora ini dibuat khusus untuk seri kedua Indiana Jones dan cocok dengan pengambilan gambar film, gambar produksi, dan rekaman di balik layar Ford di desa yang berlokasi di Sri Lanka, dalam pengambilan gambar pengejaran kereta tambang di Elstree Studios, dan dalam pengambilan gambar adegan sungai di AS," demikian pernyataan dalam daftar lelang seperti dikutip dari Upi.com, Jumat (23/8/2024).

Topi dari set film Indiana Jones itu merupakan bagian dari koleksi pribadi Dean Ferrandini, seorang pemeran pengganti yang juga mengenakan topi tersebut saat menjadi pemeran pengganti Ford dalam film tersebut. Adapun Ferrandini meninggal pada tahun 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mobil Milik Indiana Jones Dilego Rp 275 juta

Sebelumnya, mobil yang digunakan pada film Indiana Jones and the Last Crusade yang dilelang.

Melansir laman Autoblog, Senin (2/6/2014), Renault Type NN Tourer buatan tahun 1928 ini digunakan pada adegan ketika Donovan, sang penjahat, dikejar sebuah tank.

Pada adegan yang diambil di Spanyol tersebut, Renault Type NN Tourer ini dicat dan dibuat agar nampak kotor layaknya mobil yang kerap dipakai berpetualang.

Mobil dirancang perusahaan otomotif Louis Renault yang didesain dengan model dua baris penumpang yang memiliki empat pintu. Kursi pada baris kedua dapat dilepas dan diubah menjadi sebuah pikap ketika keadaan darurat.

Di negeri asalnya, Renault Type NN Tourer merupakan mobil multifungsi untuk para petani di Perancis. Mobil ini digunakan untuk mengangkut hasil pertanian sehari hari dan ketika akhir pekan digunakan sebagai mobil keluarga untuk bertamasya.

Renault membekali Type NN Tourer dengan mesin empat silinder yang mampu menghasilkan kecepatan maksimal hingga 80,5 km/jam.

Mobil bersejarah bagi petani di negeri asal Napoleon Bonaparte ini akan dilelang pada 7 Juni mendatang di rumah lelang Historics di Brookland.

Menurut taksiran dari rumah lelang tersebut, Renault Type NN Tourer akan dilepas pada kisaran harga antara 9-14 ribu poundsterling atau sekitar Rp 176,9 juta - 275,15 juta (kurs Rp 19.654 per poundsterling).

Mobil antik ini pasti akan menjadi buruan banyak kolektor yang mengoleksi segala pernak pernik dari film Indiana Jones.

 

3 dari 3 halaman

Pintu Kayu dari Film Titanic Terjual dengan Harga Fantastis

Benda lain yang dilelang adalah dari film Titanic, sebuah drama romantis epik yang disutradarai oleh James Cameron, dirilis pada tahun 1997. Film ini mengisahkan kisah cinta antara Jack Dawson, seorang penumpang miskin, dan Rose DeWitt Bukater, seorang wanita kaya yang melakukan perjalanan di kapal pesiar RMS Titanic pada tahun 1912. Mereka bertemu secara kebetulan dan menjalin hubungan yang intens, meskipun mereka berasal dari latar belakang sosial yang berbeda.

Rose DeWitt Bukater yang diperankan oleh Kate Winslet tahu betapa pentingnya berpegangan pada sepotong puing-puing pada saat-saat terakhir tragedi Titanic, meskipun Jack Dawson yang diperankan Leonardo DiCaprio pada akhinya tidak dapat bertahan hidup di tengah dinginnya perairan Atlantik.

Properti pintu kayu yang digunakan dalam film ini telah lama menjadi bahan perdebatan para penggemar, tentang apakah karakter DiCaprio dan Winslet dapat bertahan hidup di atas lempengan pintu kayu tersebut.

Kita semua tahu bahwa Jack mati membeku di Samudra Atlantik setelah dia dan Rose nyaris lolos dari kapal pesiar yang tenggelam itu dan memutuskan hanya satu dari mereka yang bisa bertahan di atas puing-puing kayu pintu tersebut.

Melansir dari Collider.com, Selasa 26 Maret 2024 bahwasannya kini ada orang yang telah membeli properti pintu tersebut yang merupakan bagian dari sejarah film Titanic dengan harga yang fantastis, yaitu sebesar US$718,750 (atau sekitar 11 milyar rupiah).

Ia mendapatkan barang tersebut melalui acara lelang Heritage Auctions’ Treasures from Planet Hollywood.

Properti kusen pintu ini merupakan bagian dari pintu masuk ruang tunggu first-class yang digunakan Rose untuk bertahan hidup, dimana adegan ini merupakan yang membuat para penonton dibanjiri oleh air mata mereka karena mereka melihat pasangan itu terpisah selamanya.

Fakta bahwa seseorang bersedia membayar lebih dari US$700.000 untuk sebuah properti dari film Titanic adalah bukti terbaru pengaruh film terhadap budaya pop.

Saat pertama kali dirilis di bioskop, film roman tragis karya James Cameron ini menghasilkan lebih dari US$1 miliar di box office secara global, dan tetap menjadi film dengan pendapatan tertinggi saat itu, dan hingga disusul oleh film Cameron yang dirilis pada tahun 2009 yaitu Avatar.

Selama beberapa tahun terakhir, Cameron sibuk mengembangkan dunia Pandora, seperti yang terlihat dalam Avatar: The Way of Water. Namun, meskipun sang sutradara terus berinovasi dengan fim Avatar-nya, Titanic tetap akan selalu memiliki tempat yang sangat istimewa di hati para penggemar setianya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.