Sukses

Nepal Cabut Larangan TikTok

Ada pertukaran komunikasi antara pemerintah Nepal dan pihak TikTok selama beberapa bulan menjelang pencabutan larangan.

Liputan6.com, Kathmandu - Pemerintah Nepal pada hari Kamis (22/8/2024) memutuskan mencabut larangan terhadap aplikasi berbagi video, TikTok, yang diterapkannya pada November lalu.

"Keputusan dibuat oleh pemerintah selama rapat kabinet rutin pada hari Kamis," demikian laporan Kantor Berita Nasional milik pemerintah mengutip pernyataan Menteri Informasi Prithvi Subba Gurung, seperti dilansir AP, Jumat (23/8).

Kantor berita tersebut juga menyebutkan bahwa keputusan itu dilakukan atas inisiatif Perdana Menteri Khadga Prasad Sharma Oli, yang mengeluarkan arahan bahwa semua situs jejaring sosial harus diperlakukan sama.

Oli menjadi perdana menteri bulan lalu setelah runtuhnya pemerintahan koalisi sebelumnya.

Pemerintah sebelumnya memberlakukan larangan pada TikTok pada bulan November tahun lalu dengan mengatakan bahwa perlu untuk mengatur penggunaan platform media sosial tersebut karena mengganggu keharmonisan sosial dan menyebarkan materi tidak senonoh.

Pemerintah juga telah meminta perusahaan-perusahaan platform media sosial untuk mendaftar di Nepal, membuka kantor penghubung, membayar pajak, dan mematuhi hukum serta regulasi negara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kekhawatiran atas TikTok

TikTok, yang dimiliki oleh ByteDance asal China, telah menghadapi pengawasan ketat di sejumlah negara karena kekhawatiran bahwa Beijing dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk mengumpulkan data pengguna atau memajukan kepentingannya.

Negara-negara termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan Selandia Baru telah melarang aplikasi TikTok di ponsel pemerintah meskipun TikTok berulang kali menyangkal mereka pernah berbagi data dengan pemerintah China dan tidak akan melakukannya jika diminta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini