Sukses

9 Fakta Sosok Marie Antoinette yang Ramai Dibicarakan Netizen, Salah Satunya Ratu Pesta dan Judi

Berikut ini sembilan fakta Ratu Prancis Marie Antoinette yang mungkin Anda belum tahu, salah satunya slogan 'let them eat cake' yang terkenal disematkan kepadanya.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Marie Antoinette belakangan ramai dibicara netizen. Siapa sebenarnya sosok perempuan tersebut?

Mengutip situs Biography.com, Jumat (23/8/2024), Marie Antoinette merupakan seorang permaisuri ratu dari pasangannya Raja Louis XVI. Keduanya disebut sebagai sosok yang sangat berbeda.

Louis adalah seorang yang tertutup, pemalu, dan plin-plan, pencinta kesenangan yang menyendiri seperti membaca dan mengerjakan logam. Sementara Marie Antoinette adalah seorang yang periang, supel, dan pemberani, seorang yang suka bersosialisasi yang suka berjudi, berpesta, dan menyukai mode yang mewah.

Ketika sang raja tidur sebelum tengah malam, malam-malam Marie Antoinette yang penuh dengan pesta dan kesenangan belum dimulai. Ketika Marie Antoinette bangun sebelum tengah hari, Louis telah bekerja selama berjam-jam.

Berikut ini sembilan fakta Marie Antoinette yang mungkin Anda belum tahu, dikutip dari History.com, Sabtu (23/8/2024)

1. Marie Antoinette Lahir Sebagai Putri Austria

Lahir di Wina, Austria, pada tahun 1755, Archduchess Marie Antoinette adalah anak ke-15 dari Kaisar Romawi Suci Francis I dan Ratu Habsburg yang berkuasa, Maria Theresa.

2. Ia Baru Berusia 14 Tahun Ketika Menikah dengan Calon Raja Louis XVI.

Untuk mempererat aliansi baru antara musuh bebuyutan Austria dan Prancis yang telah terbentuk akibat Perang Tujuh Tahun, para raja Austria menawarkan putri bungsu mereka kepada pewaris takhta Prancis, Dauphin Louis-Auguste.

Pada 7 Mei 1770, pengantin kerajaan berusia 14 tahun itu diserahkan kepada Prancis di sebuah pulau di tengah Sungai Rhine, dan prosesi agung mengawal sang archduchess ke Istana Versailles. Sehari setelah Marie Antoinette bertemu dengan calon raja Prancis berusia 15 tahun itu, keduanya menikah dalam upacara istana yang mewah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Butuh Waktu 7 Tahun bagi Calon Raja dan Ratu Bisa Berhubungan Seksual Sejak Pernikahan Mereka

Politik benar-benar menjadi teman tidur yang aneh dalam kasus Marie Antoinette dan Louis-Auguste.

Hanya beberapa jam setelah mereka pertama kali bertemu, kedua remaja itu diantar ke kamar pengantin pada malam pernikahan mereka oleh kakek mempelai pria, Raja Louis XV. Setelah raja memberkati tempat tidur mereka, mencium keduanya, dan meninggalkan kamar untuk mengizinkan mereka mulai bekerja menghasilkan pewaris kerajaan.

Tidak terjadi apa-apa di antara kedua orang asing itu malam itu. Rupanya, tidak terjadi apa-apa pula selama tujuh tahun berikutnya. Sang putra raja menderita kondisi medis yang menyakitkan yang membuatnya impoten, dan gosip istana segera beredar di seluruh Eropa.

Akhirnya pada tahun 1777, Maria Theresa mengirim salah satu putranya, Kaisar Joseph II, ke Versailles untuk campur tangan, dan masalah itu diperbaiki baik karena Raja Louis XVI saat itu menjalani operasi untuk memperbaiki masalah tersebut atau karena, dalam kata-kata kaisar, pasangan itu telah menjadi "dua orang yang melakukan kesalahan besar." Dalam setahun, Marie Antoinette melahirkan anak pertama dari empat anak pasangan itu.

4. Marie Antoinette Idola Remaja

Tidak seperti saat ia masih menjadi ratu, Marie Antoinette memikat publik Prancis di tahun-tahun awalnya di negara itu. Ketika remaja itu pertama kali muncul di ibu kota Prancis, kerumunan 50.000 warga Paris menjadi tidak terkendali sehingga sedikitnya 30 orang terinjak-injak hingga tewas dalam kerumunan itu.

5. Tatanan Rambutnya yang Ringgi Pernah Menyerupai Replika Kapal Perang

Seperti yang dijelaskan Will Bashor dalam buku barunya, “Marie Antoinette’s Head,” penata rambut kerajaan Léonard Autié menjadi salah satu orang kepercayaan ratu saat ia meramu tatanan rambutnya yang menentang gravitasi, yang menjulang setinggi hampir empat kaki atau sekitar 1,2 meter. Autié melengkapi gaya fantastis sang ratu dengan bulu-bulu, pernak-pernik, dan pada suatu kesempatan bahkan model kapal perang Prancis La Belle Poule yang sangat besar untuk memperingati tenggelamnya fregat Inggris.

 

3 dari 4 halaman

6. Marie Antoinette Tidak Pernah Berkata, Let Them Eat Cake (Biarkan Mereka Makan Kue)

Ketika diberi tahu bahwa petani Prancis yang kelaparan tidak punya roti untuk dimakan, sang ratu diduga dengan tidak berperasaan berkata, Let them eat cake (Biarkan mereka makan kue).

Namun, tidak ada bukti bahwa Marie Antoinette pernah mengucapkan sindiran terkenal itu. Frasa yang digunakan untuk menggambarkan bangsawan yang tidak peka dan acuh tak acuh pertama kali muncul bertahun-tahun sebelum Marie Antoinette tiba di Prancis dalam deskripsi filsuf Jean-Jacques Rousseau tentang Marie-Therese, putri Spanyol yang menikah dengan Raja Louis XIV pada tahun 1660.

Pernyataan itu juga dikaitkan dengan dua bibi Louis XVI sebelum secara apokrif dikaitkan dengan Marie Antoinette.

7. Tuduhan Terhadap Marie Antoinette Termasuk Inses

Sembilan bulan setelah eksekusi mantan Raja Louis XVI, Pengadilan Revolusioner mengadili sang mantan ratu atas kejahatan yang dibuat-buat terhadap Republik Prancis, termasuk pengkhianatan tingkat tinggi, pergaulan bebas, dan hubungan inses dengan putranya Louis-Charles, yang dipaksa bersaksi bahwa ibunya telah menganiayanya.

Setelah persidangan terbuka selama dua hari, juri yang semuanya laki-laki memutuskan mantan ratu Prancis itu bersalah atas semua tuduhan dan dengan suara bulat menjatuhkan hukuman mati kepadanya.

4 dari 4 halaman

8. Dimakamkan di Makam Tanpa Tanda dan Kemudian Digali Kembali

Setelah Marie Antoinette dieksekusi, jasadnya ditempatkan di peti mati dan dibuang ke kuburan umum di belakang Gereja Madeline. Pada tahun 1815, setelah Restorasi Bourbon mengembalikan Raja Louis XVIII ke takhta setelah pengasingan Napoleon, ia memerintahkan jasad kakak laki-lakinya, Louis XVI, dan Marie Antoinette digali dan diberi pemakaman yang layak bersama bangsawan Prancis lainnya di dalam Katedral Basilika Saint-Denis.

9. Sebuah Kota di AS Diberinama untuk Menghormati Marie Antoinette

Ketika sekelompok veteran Revolusi Amerika mendirikan pemukiman permanen pertama di Northwest Territory pada tahun 1788 di pertemuan Sungai Muskingum dan Ohio, mereka ingin menghormati Prancis, yang telah berperan penting dalam membantu para patriot melawan Inggris. Mereka menamai komunitas baru mereka—Marietta, Ohio—berdasarkan nama ratu Prancis dan bahkan mengiriminya surat yang menawarkan "alun-alun" di kota itu kepada raja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.