Sukses

Tanah Longsor di Phuket Thailand Tewaskan 10 Orang

Bencana tanah longsor dipicu oleh hujan lebat.

Liputan6.com, Bangkok - Bencana tanah longsor di Phuket, Thailand, pada Jumat (23/8/2024) menewaskan setidaknya 10 orang. Pemerintah setempat juga mengonfirmasi bahwa tiga masih hilang dan 19 lainnya terluka setelah tanah longsor menghantam kawasan permukiman.

Melansir Bangkok Post, Sabtu (24/8), sepasang suami istri asal Rusia, enam warga negara Myanmar, dan warga negara Thailand termasuk di antara korban tewas.

Otoritas setempat seperti dikutip dari CNA menyebutkan bahwa lebih dari 400 orang dari 200 rumah tangga di tiga distrik terdampak.

"Hujan deras yang dimulai pukul 02.00 (pada hari Jumat) menyebabkan tanah longsor yang merusak rumah-rumah. Mereka yang tinggal di daerah tersebut terkejut," kata kepala polisi setempat Khundech Na Nongkhai kepada AFP.

Daerah yang paling parah dilaporkan adalah daerah Chalong dan Karon di Distrik Muang, di mana sekitar 250 rumah tangga terdampak.

Thailand mengalami hujan lebat minggu ini, yang sebagian besar memengaruhi pantai selatannya dan daerah-daerah di utara.

Tim penyelamat, personel militer, dan relawan telah dikerahkan untuk mengirimkan pasokan kepada mereka yang membutuhkan dan membantu upaya pembersihan.

"Lebih banyak dana telah disiapkan untuk membantu para korban dan sebuah tim telah dibentuk untuk mempelajari penyebab tanah longsor," jelas pemerintah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini