Sukses

CEO Telegram Pavel Durov Ditahan di Bandara Prancis, Ada Apa?

Petugas dari kantor antipenipuan Prancis, yang berada di bawah bea cukai Prancis, menahannya Sabtu (24/8) malam.

Liputan6.com, Paris - Pihak berwenang Prancis telah menahan Pavel Durov, miliarder Prancis-Rusia yang mendirikan aplikasi perpesanan Telegram, di sebuah bandara di luar Paris. Demikian menurut afiliasi CNN, BFMTV.

"Petugas dari kantor antipenipuan Prancis, yang berada di bawah bea cukai Prancis, menahannya Sabtu (24/8) malam setelah ia tiba di Bandara Bourget dengan penerbangan dari Azerbaijan," BFMTV melaporkan seperti dikutip dari CNN, Minggu (25/8/2024) .

Pavel Durov, bos Telegram yang berusia 39 tahun itu kabarnya dicari berdasarkan surat perintah penangkapan Prancis karena kurangnya moderasi di Telegram yang menyebabkannya digunakan untuk pencucian uang, perdagangan narkoba, dan berbagi konten pedofilia, menurut BFMTV.

Menurut BFMTV, pendiri Telegram tersebut tidak pernah bepergian secara rutin ke Prancis dan Eropa sejak surat perintah penangkapan dikeluarkan.

The Guardian mengutip situs TF1 menyebut Durov bepergian dengan jet pribadinya, seraya menambahkan bahwa ia telah menjadi sasaran surat perintah penangkapan di Prancis.

CEO Telegram itu diketahui telah bepergian dari Azerbaijan dan ditangkap sekitar pukul 8 malam waktu setempat.

Pengusaha kelahiran Rusia itu diketahui tinggal di Dubai, tempat Telegram berkantor pusat, dan memegang kewarganegaraan ganda Prancis dan Uni Emirat Arab.

Pavel Durov, yang menurut Forbes diperkirakan memiliki kekayaan sebesar $15,5 miliar, meninggalkan Rusia pada tahun 2014 setelah ia menolak untuk memenuhi tuntutan untuk menutup komunitas oposisi di platform media sosial VK miliknya, yang ia jual.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kedubes Rusia di Prancis Turun Tangan

Kedutaan Besar Rusia di Prancis kemudian mengambil "langkah-langkah segera" untuk mengklarifikasi situasi tersebut.

Mengutip seorang perwakilan dari kedutaan besar Rusia di Prancis, TASS melaporkan bahwa tidak ada banding dari tim Durov ke kedutaan, tetapi kedutaan tersebut secara proaktif mengambil langkah-langkah "segera".

Pavel Durov dan saudaranya Nikolai mendirikan aplikasi perpesanan tersebut pada tahun 2013 dan memiliki sekitar 900 juta pengguna aktif.

Adapun Telegram menawarkan perpesanan terenkripsi menyeluruh dan pengguna juga dapat menyiapkan "saluran" untuk menyebarkan informasi dengan cepat kepada para pengikut.

3 dari 4 halaman

Investigasi Telegram

Laporan Sky News menyebut bahwa lembaga penyiaran berita BFMTV dan TF1 mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa pengusaha kelahiran Rusia - yang menjadi warga negara Prancis pada tahun 2021 - menjadi subjek surat perintah penggeledahan.

Kedua media tersebut menyatakan bahwa investigasi difokuskan pada kurangnya moderator di Telegram dan potensi aktivitas kriminal oleh pengguna.

Baik kepolisian Prancis, Kementerian Dalam Negeri, maupun Telegram tidak mengomentari klaim tersebut.

Telegram adalah salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia, dengan prediksi akan mencapai hampir satu miliar pengguna dalam setahun.

Aplikasi ini menawarkan enkripsi ujung ke ujung - yang secara efektif melindungi data agar tidak dicegat - dan memiliki fokus yang kuat pada privasi.

Telegram sangat berpengaruh di Rusia, Ukraina, dan negara-negara bekas Uni Soviet.

Fokus ini membuat aplikasi ini populer di kalangan gerakan pro-demokrasi dan pengunjuk rasa lainnya di negara-negara dengan hukum yang ketat.

Aplikasi ini telah menjadi sumber informasi penting tentang perang Rusia di Ukraina, dan banyak digunakan oleh pejabat Moskow dan Kyiv.

Aplikasi ini diperingkatkan sebagai salah satu platform media sosial utama dan mengklaim memiliki lebih dari 950 juta pengguna aktif bulanan. Namun, aplikasi ini juga telah digunakan untuk aktivitas kriminal dan baru-baru ini oleh aktivis sayap kanan yang memicu kerusuhan di Inggris atas penusukan Southport.

 

4 dari 4 halaman

Ditahan Karena Tolak Sensor Kebenaran?

Sejauh ini belum diketahui pasti apa yang menyebabkan bos Telegram Pavel Durov ditangkap, tetapi BFMTV melaporkan surat perintah penangkapan itu terkait dengan kemungkinan penggunaan aplikasi tersebut dalam pencucian uang, perdagangan narkoba, atau penyebaran konten pelecehan seksual terhadap anak.

Pendiri, pemilik, dan kepala eksekutif aplikasi tersebut diketahui meninggalkan Rusia pada tahun 2014 setelah kehilangan kendali atas perusahaan media sosial sebelumnya, Vkontakte (VK). Kala itu ia menolak mematuhi tuntutan pemerintah untuk menutup kelompok oposisi di platform tersebut, dan tidak akan menyerahkan data tentang pengunjuk rasa Ukraina kepada badan keamanan.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan pihaknya mengambil langkah-langkah untuk "mengklarifikasi" apakah ia telah ditangkap.

Pavel Durov dinaturalisasi sebagai warga negara Prancis pada bulan Agustus 2021 dan juga merupakan warga negara Uni Emirat Arab.

Menulis di X, komentator AS Tucker Carlson meyakini Pavel Durov telah ditahan di Prancis karena penolakannya untuk "menyensor kebenaran".

Dalam sebuah wawancara dengan tokoh TV Amerika tersebut pada bulan April, Pavel Durov mengatakan bahwa ia bertekad untuk menjaga Telegram tetap "netral" dan "bebas dari geopolitik".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini