Sukses

Es Runtuh di Gletser Islandia, 2 Orang Terluka Parah dan 2 Lainnya Hilang

Kepala polisi mengatakan bahwa orang-orang telah berdiri di jurang di antara mulut gua ketika dinding es di gletser Islandia itu runtuh.

Liputan6.com, Reykjavík - Sebuah insiden es runtuh saat berada di lokasi gletser dilaporkan mengakibatkan dua turis hilang.

"Petugas darurat di Islandia selatan bekerja dengan tangan untuk mencoba menyelamatkan dua wisatawan asing yang hilang setelah es runtuh saat berkunjung ke gletser," kata polisi seperti dikutip dari BBC, Senin (26/8/2024).

Petugas tanggap darurat menerima panggilan telepon sesaat pada hari Minggu (25/8) sebelum pukul 15:00 waktu Islandia tentang runtuhnya gletser Breidamerkurjökull.

Dua orang yang hilang termasuk di antara 25 orang yang mengunjungi gua es bersama seorang pemandu. Dua orang terluka parah dalam insiden tersebut.

"Kondisi di lapangan sangat sulit," kata kepala polisi setempat Sveinn Kristján Rúnarsson. "Itu di gletser. Sulit untuk membawa peralatan ke sana... Buruk sekali. Semuanya dilakukan dengan tangan."

Media berita lokal melaporkan bahwa 200 orang bekerja pada operasi penyelamatan yang akan berlanjut hingga malam.

Berbicara di TV Islandia, Kepala Inspektur Rúnarsson mengatakan polisi tidak dapat menghubungi dua orang yang hilang.

"Jadi kami tidak tahu seperti apa situasinya, tetapi dua orang lainnya yang selamat mengalami luka parah," tambahnya.

Meskipun kondisinya "sulit", cuacanya "baik", kata Inspektur Rúnarsson.

Mengonfirmasi bahwa semua yang terlibat adalah wisatawan asing, ia mengatakan tidak ada yang menunjukkan bahwa perjalanan ke gua itu seharusnya tidak dilakukan.

"Tur gua es berlangsung hampir sepanjang tahun," katanya

"Mereka adalah pemandu gunung yang berpengalaman dan hebat yang menjalankan perjalanan ini. Selalu ada kemungkinan untuk tidak beruntung. Saya percaya orang-orang ini untuk menilai situasi - kapan aman atau tidak aman untuk pergi, dan pekerjaan yang baik telah dilakukan di sana dari waktu ke waktu. Ini adalah tanah yang hidup, jadi apa pun bisa terjadi."

Kepala polisi mengatakan bahwa orang-orang telah berdiri di jurang di antara mulut gua ketika dinding es runtuh.

Breidamerkurjökull adalah lidah gletser yang membentang dari gletser Vatnajökull ke laguna Jökulsárlón. Lidah gletser ini terkenal dengan gua-gua esnya, dan banyak kelompok yang menawarkan tur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini