Sukses

Mengenal William Pitt, Perdana Menteri Termuda di Dunia Berusia 24 Tahun

William Pitt muda pertama kali masuk parlemen pada tahun 1781 dan dengan cepat menjadi Menteri Keuangan pada tahun 1782. Ini kisah pemuda yang jadi PM Termuda di dunia dan Inggris.

Liputan6.com, London - Nama William Pitt (Younger) pernah jadi sorotan karena dirinya mengukir sejarah menjadi perdana menteri termuda di dunia pada usia 24 tahun. Pria kelahiran London, Inggris 28 Mei 1759 itu adalah putra dari politikus William Pitt (the Elder).

Melansir BBC, Selasa (27/8/2024), William Pitt muda pertama kali masuk parlemen pada tahun 1781 dan dengan cepat menjadi Menteri Keuangan pada tahun 1782. Ia akhirnya diangkat menjadi PM pada tahun 1783 dan menjadi PM termuda di Inggris

Meskipun kekuasaan barunya tidak diterima dengan baik oleh semua orang, pengangkatan Pitt akan membuatnya menjadi Perdana Menteri dengan masa jabatan terlama kedua dalam sejarah, dengan 18 tahun dan 343 hari menjabat.

Saat berkuasa jadi PM Inggris, ia menerapkan Undang-Undang Persatuan 1800, yang menciptakan Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia.

Situs pemerintah Inggris menyebut bahwa William Pitt muda meninggal di usia 46 tahun. Ia kelelahan karena tuntutan jabatan yang konsepsi modernnya ia bantu bangun, dan situasi internasional yang sangat mengancam yang menggagalkan banyak tujuan politiknya.

William Pitt, 1st Earl of Chatham dilaporkan bertarung dalam duel pada 27 Mei 1798 di Putney Heath melawan George Tierney, seorang anggota parlemen Foxite. Pitt menulis kepada ibunya; “….Perkara itu berakhir tanpa sesuatu yang tidak menyenangkan bagi kedua belah pihak”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah Singkat WIlliam Pitt Jadi PM Termuda Inggris

Melansir BBC, William Pitt muda disebut menjadi perdana menteri Inggris selama Perang Revolusi Prancis dan Perang Napoleon dan membantu mendefinisikan dan memperkuat jabatan perdana menteri.

William Pitt putra seorang negarawan terkenal belajar di Universitas Cambridge dan lulus saat berusia 17 tahun. Pada awal tahun 1781, ia terpilih menjadi anggota parlemen pada usia 21 tahun. Pada tahun 1782, ia menjadi menteri keuangan.

Tahun-tahun berikutnya ditandai oleh pertempuran antara George III dan Charles Fox yang radikal, yang dibenci raja. Keadaan memburuk saat Fox menjalin aliansi dengan Lord North yang sebelumnya setia. Kedua pria itu mengalahkan pemerintah dan George terpaksa meminta mereka untuk mengambil alih kendali. Fox menjadi saingan politik Pitt seumur hidup.

Pada Desember 1783, George III membubarkan koalisi mereka dan meminta Pitt untuk membentuk pemerintahan. Ia, pada usia 24 tahun, adalah pria termuda yang menjadi perdana menteri. Kendati demikian ia langsung dikalahkan di parlemen tetapi menolak untuk mengundurkan diri.

George III bersiap untuk turun takhta daripada membiarkan Fox berkuasa lagi. Pada tahun 1784, parlemen dibubarkan untuk pemilihan umum, yang dimenangkan oleh Pitt. Pemerintahannya berupaya memulihkan keuangan publik, yang sangat terbebani oleh biaya Perang Kemerdekaan Amerika dan kemudian oleh perang dengan Prancis.

Pitt Muda memberlakukan pajak baru - termasuk pajak penghasilan pertama Inggris - dan mengurangi penyelundupan dan penipuan. Ia juga menyederhanakan bea cukai dan cukai.

 

3 dari 3 halaman

Akhir Hayat William Pitt Muda

Hal lain yang menjadi perhatian dari William Pitt adalah kebijakan kekaisaran dan luar negeri. Undang-Undang India tahun 1784 menegaskan peningkatan kekuasaan pemerintah atas Perusahaan Hindia Timur dan wilayah luas India yang dikuasainya. Namun, Prancis yang revolusioner tetap menjadi perhatian terbesar dan pada tahun 1793, Prancis menyatakan perang terhadap Inggris.

Pada tahun 1798, terjadi pemberontakan di Irlandia, yang dipengaruhi oleh gagasan Revolusi Prancis. Pitt Muda telah lama merasa bahwa penyatuan kedua negara itu perlu dan mengeluarkan Undang-Undang Penyatuan yang mulai berlaku pada bulan Januari 1801. Namun, pertentangan keras kerajaan terhadap upayanya untuk menghapus pembatasan terhadap Katolik di Irlandia memaksanya mengundurkan diri pada tahun 1801.

Tiga tahun kemudian, dengan ancaman invasi Napoleon, raja terpaksa meminta Pitt untuk membentuk pemerintahan dan ia kembali menjadi perdana menteri pada bulan Mei 1804.

Berkat upaya Pitt Muda, Inggris bergabung dengan Koalisi Ketiga melawan Prancis (terdiri dari Austria, Rusia, dan Swedia) dan pada tahun 1805 Inggris mengalahkan angkatan laut Prancis dalam Pertempuran Trafalgar. Namun, Koalisi tersebut runtuh dan hal ini membebani kesehatan Pitt yang sudah melemah. Ia meninggal pada tanggal 23 Januari 1806 dan dimakamkan di Westminster Abbey.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini