Sukses

2 Sinkhole Muncul di Kuala Lumpur Malaysia, 1 Orang yang 'Tertelan' 8 Meter Belum Ditemukan 6 Hari

Balai Kota Kuala Lumpur (DBKL) mengatakan teknik pembilasan telah dilakukan secara bertahap sejak Minggu (25 Agustus) malam. Setelah sinkhole terbentuk Jumat (23/8). Seorang wanita berkewarganegaraan India jadi korban.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Sebuah sinkhole atau lubang dilaporkan terbentuk di Kuala Lumpur, Malaysia pada Jumat (23/8). Seorang wanita berkewarganegaraan India jadi korban.

Operasi pencarian dan penyelamatan (SAR) terhadap wanita warga negara India yang jatuh ke lubang amblas di Jalan Masjid India Kuala Lumpur itu sudah memasuki hari keenam. Dengan teknik flushing (pembilasan) dilakukan di sebuah sinkhole.

Laporan The Star yang dikutip Rabu (28/8/2024) menyebut upaya untuk menemukannya sejauh ini sia-sia.

Balai Kota Kuala Lumpur (DBKL) mengatakan teknik pembilasan telah dilakukan secara bertahap sejak Minggu (25 Agustus) malam.

"Namun, setelah dua kali penyiraman, korban belum ditemukan. Tadi malam, Indah Water Konsortium mulai menyiram di lubang got kelima, yang berlanjut hingga pukul 02.00 dini hari Senin (26/8).

Pencarian tim SAR dilanjutkan Senin pagi.

Pemeriksaan oleh Bernama menemukan bahwa putra korban, yang dikenal sebagai Surya, 26 tahun, berada di lokasi pencarian sekitar pukul 09.00 pagi untuk mengikuti perkembangan SAR.

Sebagian besar tempat usaha di daerah tersebut masih tutup, dengan hanya beberapa pedagang yang mulai beroperasi pada pukul 09.00 pagi hari Senin.

Personel media juga hadir di lokasi tersebut sejak pukul 08.00 pagi untuk mengikuti perkembangan terbaru tentang operasi tersebut.

Dalam insiden Jumat (24/8) pagi, turis India, yang diidentifikasi sebagai Vijayalaksmi, 48 tahun, menghilang setelah jatuh ke dalam lubang sedalam 8 meter. Dia sedang berjalan ke kuil terdekat untuk sarapan ketika tanah tiba-tiba runtuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sinkhole Kedua

The Straits Times menyebut sinkhole alias lubang amblas kedua muncul di Jalan Masjid India, Kuala Lumpur – hanya 50 meter dari tempat tanah terbelah pada 23 Agustus dan menelan seorang turis India – meningkatkan kekhawatiran tentang keselamatan daerah populer tersebut.

Tanah amblas kedua tersebut dilaporkan terjadi pada 28 Agustus sekitar pukul 2.30 dini hari, menyusul badai pada malam sebelumnya.

Pada 28 Agustus, seluruh jalan ditutup untuk semua kendaraan dan publik, dibandingkan dengan hari sebelumnya, ketika polisi hanya menutup area sekitar 500 m di sekitar lubang amblas asli.

Seorang petugas dari Departemen Mineral dan Geosains terlihat mengamati jalan tersebut dengan radar penembus tanah. Ia terlihat berhenti di lokasi antara lubang amblas asli dan yang baru selama beberapa menit sebelum menginjak tanah dan melompat-lompat, seolah-olah untuk menguji integritas trotoar berbatu.

Inspektur Jenderal Kepolisian Malaysia Razarudin Husain tiba di lokasi sekitar pukul 11.20 pagi, dan memeriksa lubang pembuangan baru tersebut sebelum diberi pengarahan di tenda operasional kepolisian. Kendati demikian ia tidak berbicara kepada media.

Dalam pernyataan pers, Balai Kota Kuala Lumpur (DBKL) mengatakan telah memblokir akses ke jalan menggunakan garis polisi dan penghalang air.

“Kami telah mengambil tindakan cepat, bersama dengan Indah Water Konsortium (perusahaan pengelolaan limbah yang melayani Kuala Lumpur, juga dikenal sebagai IWK), untuk memeriksa pipa pembuangan air limbah di lokasi dan daerah sekitarnya,” kata pernyataan tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Upaya Pencarian Turis India Vijayalaksmi Terus Berlanjut

Wali Kota Kuala Lumpur Maimunah Mohd Sharif memberikan jaminan bahwa pihak berwenang akan terus mengambil tindakan tindak lanjut dengan IWK dan lembaga lain, untuk mencegah terbentuknya lebih banyak sinkhole.

Adapun operasi pencarian dan penyelamatan Vijayalaksmi dibatalkan pada 27 Agustus karena hujan lebat. Namun pada 28 Agustus, operasi untuk menemukan kembali berjalan lancar, dengan polisi, Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, DBKL dan personel Pasukan Pertahanan Sipil di tempat kejadian.

Petugas yang bertanggung jawab di distrik polisi Dang Wangi, Asisten Komisaris Suliezmy Affendy Sulaiman, sejauh ini sudah mengonfirmasi munculnya lubang pembuangan kedua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.