Sukses

Tiongkok dan Filipina Saling Tuduh Usai Kedua Kapalnya Tabrakan di Laut Cina Selatan

Tabrakan yang terjadi di dekat Beting Sabina merupakan konfrontasi maritim kelima antara China dan Filipina dalam sebulan,

Liputan6.com, Manila - Filipina dan Tiongkok saling tuduh usai kedua kapalnya menabrakkan satu sama lain di perairan Laut China Selatan pada Sabtu (31/8/2024).

Ini merupakan bentrokan terbaru dalam serangkaian konflik yang meningkat di jalur perairan vital tersebut, dikutip dari laman ABC.net.au, Minggu (1/9).

Tabrakan di dekat Beting Sabina tersebut merupakan konfrontasi maritim kelima mereka dalam sebulan, bagian dari persaingan yang telah berlangsung lama.

Beijing mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan, termasuk bagian yang diklaim oleh Filipina, Brunei, Malaysia, Taiwan, dan Vietnam.

Sebagian jalur perairan tersebut, yang dilalui oleh perdagangan senilai USD 4,5 triliun setiap tahunnya, diyakini kaya akan minyak dan gas alam, serta stok ikan.

Pengadilan Arbitrase Tetap pada tahun 2016 menemukan bahwa klaim luas Tiongkok tidak memiliki dasar hukum, sebuah putusan yang ditolak Beijing.

Juru bicara Penjaga Pantai Filipina Jay Tarriela menunjukkan video konfrontasi pada Sabtu tersebut pada sebuah konferensi pers, dengan mengatakan bahwa kapal Penjaga Pantai Tiongkok 5205 "secara langsung dan sengaja menabrakkan kapal Filipina" tanpa provokasi.

Tabrakan itu merusak Teresa Magbanua sepanjang 97 meter, salah satu kapal penjaga pantai terbesar Filipina, tetapi tidak ada personel yang terluka, kata Tarriela.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuduhan dari China

Liu Dejun, juru bicara penjaga pantai Tiongkok, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sebuah kapal Filipina, yang "terdampar secara ilegal" di beting itu, telah mengangkat jangkar dan "sengaja menabrak" kapal Tiongkok.

Ia meminta Filipina untuk segera menarik diri atau menanggung akibatnya.

"Penjaga pantai Tiongkok akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk dengan tegas menggagalkan semua tindakan provokasi, gangguan, dan pelanggaran dan dengan tegas menjaga kedaulatan teritorial dan hak serta kepentingan maritim negara itu," kata Liu.

Tarriela mengatakan, Manila tidak akan menarik kapalnya meskipun ada pelecehan, kegiatan intimidasi, dan tindakan eskalasi dari penjaga pantai Tiongkok.

 

3 dari 4 halaman

AS Kutuk Aksi China

Di sisi lain, AS mengutuk pelanggaran Tiongkok.

Duta besar AS untuk Filipina menyatakan dukungan Washington untuk Filipina, sekutu perjanjian.

"AS mengutuk berbagai pelanggaran hukum internasional yang berbahaya oleh RRC (Republik Rakyat Tiongkok), termasuk penyerudukan yang disengaja hari ini," kata Duta Besar MaryKay Carlson di platform media sosial X.

Filipina mengerahkan sebuah kapal pada April 2024 ke Sabina Shoal, sekitar 140 kilometer dari pantai provinsi Palawan Filipina dan 1.200 kilometer dari pulau Hainan di Tiongkok.

 

4 dari 4 halaman

Tuduhan Lain dari Filipina

Manila menuduh Beijing membangun pulau buatan, dengan mengatakan telah mendokumentasikan tumpukan karang mati dan hancur di gundukan pasir, yang dibantah Beijing.

Minggu ini dewan maritim Filipina mengatakan pesawat Tiongkok melakukan manuver yang tidak aman terhadap pesawat sipil yang melakukan patroli di atas dua wilayah sengketa lainnya, Scarborough Shoal dan terumbu karang Subi.

Filipina menuduh Tiongkok menghalangi misi pasokan rutin pada hari Minggu, dengan mengatakan kapal-kapal Tiongkok menabrak dan menggunakan meriam air pada kapal biro perikanan yang mengangkut makanan, bahan bakar, dan pasokan medis untuk nelayan Filipina.

Bentrokan terkini antara kapal Filipina dan Cina juga terjadi di sekitar Second Thomas Shoal di Kepulauan Spratly.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.