Sukses

Menlu Retno Marsudi Gandeng Negara-negara Afrika Perjuangkan Keadilan bagi Palestina

Menlu RI Retno Marsudi secara konsisten menggaungkan isu kemanusiaan bangsa Palestina di berbagai forum internasional.

Liputan6.com, Denpasar - Isu Palestina kembali digaungkan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam forum internasional, kali ini dalam rangkaian acara Indonesia-Africa Forum (IAF) 2024 yang berlangsung di Bali, 1-3 September 2024.

Menteri luar negeri wanita pertama Indonesia itu mengajak negara-negara Afrika yang hadir dalam IAF 2024 untuk berkontribusi dalam perjuangan kemanusiaan bagi Palestina.

"Kita semua, Indonesia dan Afrika, memiliki kewajiban untuk berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas dunia. Dan di situlah, berawal dari 1955, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk bekerja bersama, to defend humanity and justice untuk bangsa Palestina," ujar Menlu Retno saat ditemui sejumlah media usai membuka Indonesia Africa Parliamentary Forum (IAPF) di Bali, Minggu (1/9/2024).

"Dan, tadi selama special session, kental sekali call untuk tetap membela perjuangan bangsa Palestina," lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersama Perjuangkan Keadilan bagi Palestina

Ia mengatakan bahwa Indonesia dan Afrika dapat melakukan upaya bersama dalam memperjuangkan isu kemanusiaan bangsa Palestina. Terlebih, Indonesia dan mayoritas negara-negara Afrika merupakan anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

"Di OKI juga ada yang dinamakan Contact Group, yang mendapatkan mandat dari para kepala negara, kepala pemerintahan di bulan November tahun lalu, termasuk Indonesia, dan wakil dari Afrika adalah Nigeria, Menteri Luar Negeri Nigeria, yang kita bersama-sama berada di depan untuk memperjuangkan kepentingan bangsa Palestina," imbuhnya.

"Jadi, banyak sekali kerjasama yang dapat kita lakukan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.