Sukses

Paus Fransiskus Akan Kunjungi Masjid Istiqlal Jakarta

Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di Jakarta pada Selasa, 3 Agustus.

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin tertinggi gereja Katolik dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus dijadwalkan akan mendatangi Masjid Istiqlal pada Kamis (5/9/2024). Kunjungan ini merupakan bagian dari agendanya selama berada di Indonesia pada 3-6 September 2024.

Tujuan utama dari lawatan Paus Fransiskus adalah mempromosikan kerukunan antarumat beragama.

Di Masjid Istiqlal, Paus Fransiskus akan mengunjungi "Terowongan Persahabatan", yakni terowongan sepanjang 28,3 meter yang menghubungan masjid dengan Gereja Katedral. Terowongan itu dibangun pemerintah pada tahun 2020 sebagai simbol kerukunan beragama.

Seperti dikutip dari VOA Indonesia, Senin (2/9/2024), kerukunan antar umat beragama menjadi salah satu perhatian utama Paus Fransiskus selama 11 tahun kepemimpinannya.

"Sungguh luar biasa bahwa tokoh utama umat Katolik akan datang," kata imam besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar yang akan menerima kedatangan Paus Fransiskus.

"Apa pun agamamu, mari kita hormati tamu kita."

Umat Katolik hanya mencapai sekitar sekitar tiga persen dari populasi di Tanah Air.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan bahwa kunjungan Paus Fransiskus adalah simbol persahabatan antara berbagai agama di Indonesia.

"Kunjungan Paus Fransiskus menjadikan Indonesia sebagai barometer perdamaian dan pilar toleransi," ujarnya kepada Reuters.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kunjungan yang Dinantikan Umat Katolik

Kunjungan ini membawa kegembiraan bagi umat Katolik di Tanah Air, yang belum pernah mengalami kunjungan kepausan selama lebih dari tiga dekade.

"Jika saya bisa bertemu dengannya, saya hanya bisa menundukkan kepala. Saya bahkan tidak sanggup memegang tangannya," kata Maria Regina Widyastuti Sasongko, seorang perempuan Katolik berusia 77 tahun yang menjual barang-barang seperti patung dan kaus bergambar wajah Paus.

Indonesia pernah dikunjungi Paus Paulus VI pada 1970, tepatnya Jakarta, dan kemudian pada tahun 1989 Paus Yohanes Paulus II mengunjungi Jakarta serta empat kota lainnya.

3 dari 3 halaman

Jadwal Lengkap Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia

Berikut adalah jadwal lengkap kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia mengutip siaran pers tim media kepausan:

Senin, 2 September 2024

  • Berangkat dengan pesawat dari Bandara Internasional Roma/Fiumicino ke Jakarta

Selasa, 3 September 2024

  • Tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng

Rabu, 4 September 2024

  • Melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta
  • Melakukan pertemuan dengan kalangan pemerintahan, masyarakat sipil, dan korps diplomatik di Aula Istana Negara, JakartaMelakukan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesus (SJ) di Kedutaan Besar Vatikan, Jakarta
  • Melakukan pertemuan dengan para uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris, dan katekis di Gereja Katedral, Jakarta

Kamis, 5 September 2024

  • Melakukan pertemuan antaragama dan bertemu Imam Besar Nasaruddin Umar Masjid Istiqlal, di Masjid Istiqlal, Jakarta
  • Melakukan pertemuan dengan penerima manfaat organisasi amal di Kantor Pusat KWI, Jakarta
  • Memimpin misa kudus di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta

Jumat, 6 September 2024

  • Meninggalkan Jakarta dan menuju Port Moresby, Papua Nugini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.