Sukses

Bom Bunuh Guncang Afghanistan, 6 Orang Tewas dan 13 Terluka

Penyelidikan sedang berlangsung untuk mengungkap dalang bom bunuh diri.

Liputan6.com, Kabul - Polisi di ibu kota Afghanistan, Kabul, mengatakan seorang pengebom bunuh diri melakukan serangan pada hari Senin (2/9/2024), menewaskan sedikitnya enam orang dan melukai 13 lainnya.

Ledakan terjadi di lingkungan Qala Bakhtiar di barat daya, kata Khalid Zadran, juru bicara kepala polisi Kabul. Demikian seperti dilansir CNA, Selasa (3/9).

Yang tewas termasuk seorang wanita, katanya, sementara 13 orang terluka, semuanya warga sipil yang dibawa ke rumah sakit untuk dirawat.

 Tidak ada yang langsung mengaku bertanggung jawab atas bom bunuh diriitu.

Afiliasi kelompok ISIS, saingan utama Taliban yang berkuasa, telah melakukan serangan sebelumnya terhadap sekolah, rumah sakit, masjid, dan lingkungan syiah di negara itu.

Taliban merebut kekuasaan di Afghanistan pada bulan Agustus 2021 selama penarikan pasukan AS dan NATO yang kacau setelah 20 tahun.

Meskipun awalnya berjanji akan bersikap lebih moderat, Taliban secara bertahap menerapkan kembali interpretasi keras terhadap hukum Islam atau syariah, seperti yang mereka lakukan selama pemerintahan sebelumnya di Afghanistan dari tahun 1996 hingga 2001.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.