Sukses

Usai Terima Bunga, Paus Fransiskus Balas Beri Kenang-kenangan ke 2 Anak Indonesia

Setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Paus Fransiskus kemudian bertolak menuju Kedutaan Besar Vatikan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin Gereja Katolik Dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus telah tiba di Indonesia pada Selasa (3/9/2024).

Pesawat komersil Alitalia yang ditumpangi Paus Fransiskus mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekitar pukul 11.30 WIB.

Menurut rekaman video dari lokasi ketibaan yang diterima Liputan6.com, Paus Fransiskus terlihat keluar dari pesawat tersebut menggunakan elevator mobil dan didorong menggunakan kursi roda.

Karpet merah digelar untuk menyambut ketibaannya di landasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Dua anak Indonesia juga terpantau menantinya. Mereka adalah Mary Lourdes Wicaksono Atmojo (6) asal Jakarta Pusat yang mengenakan baju adat Jawa dan Irfan Wael (12) asal Maluku yang mengenakan baju adat khas Maluku.

Setelah menerima bunga, Paus Fransiskus yang berusia 87 tahun itu kemudian terlihat memberikan kenang-kenangan kecil kepada Mary dan Irfan.Kendati demikian belum diketahui pasti apa yang diberikannya itu. 

Ia pun kemudian melambaikan tangan ke arah kedua anak tersebut dan berlanjut bergerak menuju deretan pejabat yang turut menyambutnya.

Adapun sejumlah tokoh yang turut menyambut kedatangan Paus Fransiskus Agama Yaqut Cholil Qoumas, Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, Duta Besar Indonesia untuk Takhta Suci Michael Trias Kuncahyono, Uskup Agung Jakarta Ignasius Kardinal Suharyo, Ketua KWI Antonius Subianto Bunyamin, Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo hingga Ketua Panitia Kunjungan Paus Fransiskus Ignasius Jonan.

Paus Fransiskus kemudian bertolak menuju Kedutaan Besar Vatikan menggunakan Toyota Innova Zenix warna putih dengan plat nomor SCV 1.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungan ke Indonesia

Indonesia merupakan negara pertama yang disinggahinya dalam rangka perjalanan apostolik Paus Fransiskus ke Asia Pasifik.

Berikut jadwal lengkap kegiatan Paus Fransiskus di Indonesia:

Senin, 2 September 2024

  • 17.00 waktu Roma, Berangkat dengan pesawat dari Bandara Internasional Roma/Fiumicino ke Jakarta

Selasa, 3 September 2024

  • 11.30 WIB, Tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng

Rabu, 4 September 2024

  • 10.00 WIB, Melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta
  • 10.35 WIB, Melakukan pertemuan dengan kalangan pemerintahan, masyarakat sipil, dan korps diplomatik di Aula Istana Negara, Jakarta
  • 11.30 WIB, Melakukan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesus (SJ) di Kedutaan Besar Vatikan, Jakarta
  • 16.30 WIB, Melakukan pertemuan dengan para uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris, dan katekis di Gereja Katedral, Jakarta

Kamis, 5 September 2024

  • 09.00 WIB, Melakukan pertemuan antaragama dan bertemu Imam Besar Nasaruddin Umar Masjid Istiqlal, di Masjid Istiqlal, Jakarta
  • 10.15 WIB, Melakukan pertemuan dengan penerima manfaat organisasi amal di Kantor Pusat KWI, Jakarta
  • 17.00 WIB, Memimpin misa kudus di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta

Jumat, 6 September 2024

  • 09.45 WIB, Meninggalkan Jakarta dan menuju Port Moresby, Papua Nugini  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.