Sukses

Seoul Korea Selatan Jadi Tuan Rumah AWMUN IX, Wadah Delegasi Muda 16 Negara Diskusi Isu Global Mendesak

Setelah sukses diselenggarakan di berbagai kota dunia seperti Bangkok dan Bali, kali ini AWMUN IX atau edisi ke-9 AWMUN akan digelar di Seoul.

Liputan6.com, Jakarta - Asia World Model United Nations (AWMUN) akan digelar sekitar sebulan lagi. Setelah sukses diselenggarakan di berbagai kota dunia seperti Bangkok dan Bali, kali ini akan digelar di Seoul.

Seoul dipilih sebagai tuan rumah acara bergengsi ini, karena reputasinya sebagai pusat diplomasi, teknologi, dan budaya yang mendunia. Pemilihan kota ini sebagai host city dianggap sangat tepat karena tak hanya menjadi simbol kemajuan dan inovasi, tetapi juga cerminan dari nilai-nilai kedamaian dan stabilitas yang ingin diusung oleh konferensi ini.

Menurut keterangan pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (3/9/2024), edisi ke-9 AWMUN rencananya bakal diselenggarakan di Seoul, Korea Selatan, pada 10-13 Oktober 2024. Bertempat di Swiss Grand Hotel yang memiliki fasilitas modern dan lokasi strategis.

Edisi ke-9 AWMUN mengusung tema "Ensuring World Peace and Global Stability: Global Youth Action".

AWMUN IX ini akan menjadi wadah bagi ratusan delegasi muda dari 16 negara—dan jumlah ini terus bertambah—untuk berdiskusi dan berdebat tentang isu-isu global yang mendesak.

Adapun AWMUN IX akan menghadirkan tiga council utama dengan berbagai tema yang akan menjadi fokus diskusi para delegasi. Berikut ini di antaranya:

  1. UNICEF: Enhancing Protection of Children from Violence, Exploitation, Abuse, and Neglect
  2. UNESCO: Youth on Democracy: Reducing Inequalities
  3. WHO: Providing and Protecting Accessible Health Care in Conflict Zone

Dengan kehadiran para diplomat muda yang akan berperan sebagai delegasi, setiap council akan menjadi platform untuk merumuskan solusi nyata bagi tantangan-tantangan global yang dihadapi dunia saat ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inisiatif untuk Menginspirasi dan Memberdayakan Generasi Muda

 

Manuel Campos dari Spanyol, selaku Secretary General AWMUN IX, akan memimpin konferensi ini dengan penuh dedikasi dan visi.

AWMUN ke-9 kabarnya juga akan dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, termasuk Duta Besar Indonesia (H.E Gandi Sulistyanto), Prancis (Philippe Bertoux), dan Malaysia (H.E Dato' Mohd Zamruni bin Khalid)* untuk Korea Selatan.

Kehadiran mereka akan menambah bobot diskusi dan memberikan inspirasi bagi para peserta mengenai pentingnya diplomasi dalam menciptakan dunia yang lebih baik. 

Dengan berbagai topik yang akan dibahas di setiap council, peserta akan memiliki kesempatan untuk memperluas wawasan, meningkatkan kemampuan berdebat, dan membangun jejaring internasional. Kami mengundang siswa, mahasiswa, dan pemuda dari seluruh dunia untuk bergabung dan menjadi bagian dari perubahan.

Asia World MUN adalah inisiatif dari International Global Network yang bertujuan untuk menginspirasi dan memberdayakan generasi muda melalui kegiatan pendidikan di bidang diplomasi dan hubungan internasional. Hingga kini, AWMUN telah menjadi platform bagi ribuan pemuda untuk memahami lebih dalam tentang dinamika global dan pentingnya peran mereka dalam menciptakan masa depan yang lebih baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.