Sukses

Pria India Cetak Rekor Dunia Menghafal 14.000 Angka dalam Waktu 49 Menit

Pria asal India bernama Deepu V mencetak rekor dunia dengan melafalkan 14.000 digit angka Euler hanya dalam waktu 49 menit.

Liputan6.com, New Delhi - Seorang pria India dengan daya ingat yang luar biasa baru-baru ini mencetak rekor dunia baru dengan melafalkan 14.000 digit angka Euler hanya dalam waktu 49 menit.

Deepu V selalu memiliki daya ingat yang luar biasa dalam hal angka. Ia pernah mencetak rekor nasional dengan melafalkan 2.000 digit angka irasional pi lebih cepat daripada orang lain, dan mengklaim telah menghafal 500 nomor telepon.

Namun, ketika ia mendengar tentang rekor dunia untuk menghafal tempat desimal terbanyak dari angka Euler, ia melihat peluang untuk mencatatkan namanya dalam Guinness Book of Records yang terkenal.

Ia menghabiskan waktu empat bulan untuk mempersiapkan upaya epik ini dan hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk memecahkan rekor sebelumnya yaitu 10.122 digit.

Seperti pi, angka Euler adalah angka irasional. Angka ini dimulai dengan 2,71828 dan berlanjut tanpa batas dalam serangkaian desimal yang tidak pernah berulang, dikutip dari Oddity Central, Rabu (4/9/2024).

Untuk memastikan bahwa para penantang tidak berbuat curang selama upaya mereka memecahkan Rekor Guinness yang unik ini, telinga mereka diperiksa dan mata mereka ditutup sebelum mereka mulai menyebutkan angka-angka.

Salah menyebutkan satu desimal saja atau menghabiskan lebih dari 15 detik untuk menyebutkan desimal berikutnya akan mengakibatkan diskualifikasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Memecahkan Rekor

Namun, Deepu sangat percaya diri dengan metode menghafal "tabular"-nya sehingga ia tidak terpengaruh oleh aturan ketat dalam upaya memecahkan rekor tersebut.

"Dalam sebuah tabel, terdapat 10 kolom dan 20 baris. Saya menambahkan lima digit di setiap kolom, jadi dalam satu kolom dengan satu baris penuh, terdapat 50 angka. Dan dengan 20 baris pada satu halaman, akan ada total 1.000 digit.

"Demikian pula, dalam 14 halaman saya dapat memasukkan 14.000 digit," pria berusia 33 tahun itu mengatakan kepada Guinness Records.

Deepu V menghabiskan waktu empat bulan untuk mempersiapkan tantangan epiknya. Ia menghafal 250 digit per hari dari Senin hingga Kamis, menggunakan tiga hari yang tersisa dalam seminggu untuk mengkonsolidasikan semua informasi baru ini dalam ingatannya.

Untuk memastikan ia siap, ia terkadang merekam dirinya sendiri melafalkan desimal angka Euler untuk menemukan kesalahan yang dibuatnya.

Semua kerja keras itu terbayar, karena pada akhirnya, Deepu V memecahkan Rekor Guinness sebelumnya yaitu 10.122 desimal angka Euler, dengan melafalkan tidak kurang dari 14.000 desimal dalam 49 menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.