Sukses

Curi Perhatian Pakai Toyota Innova di Indonesia, 5 Mobil Pilihan Paus Fransiskus Ini Juga Disorot

Mobil Toyota Kijang yang ditumpangi Paus Fransiskus di Indonesia jadi sorotan, karena tak seperti kebanyakan para pemimpin dunia yang melawat ke Indonesia yang terbilang mewah.

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus tiba di Indonesia.

Kepala Negara Vatikan tersebut mendarat di Terminal 3 VVIP Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (3/9/2024) sekitar pukul 11.28 WIB.

Paus Fransiskus terlihat memakai kursi roda dan menerima bunga dari dua anak asal Indonesia di atas karpet merah.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, Duta Besar Indonesia untuk Tahta Suci Michael Trias Kuncahyono, Uskup Agung Jakarta Ignasius Kardinal Suharyo, dan Ketua Antonius Subianto Bunyamin serta Ignatius Jonan terlihat menyambut kedatangan Paus Fransiskus.

Kemudian, Paus diarahkan menuju mobilnya Kijang Innova Zenix berkelir putih. Di depan mobil, nampak terpasang bendera merah putih dan bendera katedral dengan pelat SCV 1. Paus tampak duduk di depan bagian sebelah kiri penumpang.

Paus Fransiskus juga terlihat dikawal dengan mobil mewah Mercedes-Benz G-Class.

Mobil keluaran Toyota itu jadi sorotan, karena tak seperti kebanyakan para pemimpin dunia yang melawat ke Indonesia yang terbilang mewah. Sedan Mercedes Benz umumnya kerap digunakan para tamu negara.

Selain mobil Kijang yang jauh dari kesan mewah, berikut ini pilihan kendaraan Paus Fransiskus saat berkunjung ke sejumlah negara, mengutip sejumlah sumber, Rabu (4/9/2024):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Fiat 500L

Saat berkunjung ke Amerika Serikat untuk pertama kalinya pada 2015 lalu, Paus Fransiskus membuat banyak orang terhibur karena memilih untuk naik mobil Fiat 500L sederhana saat Presiden Barack Obama naik mobil mewah yang terkenal itu; The Beast. Demikian mengutip nairobinews.

Setelah tiba dengan pesawat kepausan, Paus Fransikus disambut oleh Presiden Obama dan keluarganya serta Wakil Presiden Joe Biden bersama para pendeta Katolik.

Paus yang rendah hati itu kemudian naik ke mobil Fiat 500L berwarna charcoal grey miliknya dan jendela mobil diturunkan sehingga ia dapat melambaikan tangan kepada kerumunan yang bersorak-sorai.

Warga Amerika di dunia maya menyebut pilihan mobil Paus itu merendahkan hati, berbeda dengan mobil mewah Presiden mereka yang jendelanya tidak pernah diturunkan.

Warga Amerika di dunia maya menyebut pilihan mobil Paus itu merendahkan hati, berbeda dengan mobil mewah Presiden mereka yang jendelanya tidak pernah diturunkan.

Pemimpin Katolik Roma berusia 78 tahun itu dikenal karena memilih kendaraan sederhana daripada pendahulunya dari Jerman, Paus Benediktus XVI, yang lebih menyukai Mercedes mewah yang diberi nama 'mobil paus'.

Pada tahun 2008, Paus Benediktus menggunakan mobil paus, sebutan informal untuk kendaraan khusus dengan area pandang tertutup kaca yang memungkinkan paus berkendara di antara kerumunan besar tanpa membahayakan keamanannya, saat mengunjungi Washington.

Paus Fransiskus telah menekankan pentingnya menggunakan mobil sederhana sebagai bagian dari penekanannya pada kesederhanaan saat ia menggunakan Ford Focus biru saat berada di Vatikan.

Sejak menggantikan Paus Benediktus pada tahun 2013, mantan kardinal Jorge Bergoglio dari Argentina telah menghindari beberapa pernak-pernik kantornya yang lebih mencolok dan telah memilih untuk tinggal di wisma tamu Vatikan daripada apartemen kepausan yang mewah.

Pada tahun 2013, ia bahkan meminta para pendeta untuk berhenti mengendarai mobil mewah dan memilih sesuatu yang lebih ‘sederhana’.

“Mobil diperlukan untuk melakukan banyak pekerjaan, tetapi tolong, pilih yang lebih sederhana. Jika Anda menyukai mobil mewah, pikirkan saja berapa banyak anak yang meninggal karena kelaparan di dunia,” katanya dalam pidatonya tahun 2013.

Paus Fransiskus akan melakukan lawatan lima hari ke Washington, New York, dan Philadelphia, bertepatan dengan pertemuan puncak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang akan dihadiri lebih dari 100 pemimpin dunia di New York.

Selama perjalanannya itu, ia juga akan diantar dengan Jeep Wrangler Popemobile, yang juga diproduksi oleh Fiat Chrysler Automobiles.

Adapun plat nomor pada Fiat tersebut bertuliskan SCV 1, yang berarti Vatican City 1 (Kota Vatikan 1). SCV merupakan singkatan dari Status Civitatis Vaticanae, yang dalam bahasa Latin berarti Negara Kota Vatikan.

3 dari 6 halaman

2. Sedan Honda Ballade di Kunjungan ke Afrika

Melansir dari BBC, mobil yang juga terbilang biasa juga terpantau membawa Paus Fransiskus tatkala berkeliling Ibu Kota Kenya, Nairobi. Sedan Honda Ballade.

Surat kabar The Star di Kenya menggambarkannya sebagai "sederhana".

Jurnalis otomotif Guy Bird menganggap mobil itu "dianggap masuk akal" karena menunjukkan "keprihatinan yang luas tentang ekonomi". "Mobil itu tidak mewah," tambahnya. Rekan jurnalis otomotif Zog Ziegler khawatir mobil itu tidak terlalu luas. "Tidak banyak ruang untuk jubah kepausannya di sana - jubah itu tidak memanjakannya".

Itu mungkin berpengaruh, menurut spekulasi Ariel Zirulnick dari Quartz, eksternal. Ia menulis bahwa Paus "memperoleh kekaguman dari orang Kenya" dalam perjalanan ini yang "sangat kontras dengan SUV mewah dan limusin yang biasa digunakan para pemimpin di sini untuk berkeliling".

4 dari 6 halaman

3. Mobil Kia Soul Saat Melawat ke Seoul Korea Selatan

Pada Agustus 2014, mobil merek Korea Selatan yang menjemput Paus di bandara Entebbe Uganda, laku keras di seluruh dunia dan "sedikit lebih unggul dari Honda," kata jurnalis otomotif Zog Ziegler.

Namun, mobil ini masih tergolong mobil yang relatif murah, kata jurnalis otomotif Guy Bird. Ia juga terkesan dengan atap tinggi mobil crossover 4x4 itu, yang menurutnya seharusnya memudahkan Paus untuk melambaikan tangan.

NBC News menyebut pilihan kendaraan Paus Fransiskus selama kunjungan lima hari di Korea Selatan telah mengejutkan banyak orang di negara yang sangat sadar diri ini, di mana orang-orang penting jarang turun ke jalan dengan mobil mewah yang mahal.

Setelah kedatangannya, Paus Fransiskus meninggalkan bandara dengan Kia Soul hitam kompak yang oleh banyak orang Korea Selatan dianggap sebagai kendaraan yang terlalu sederhana untuk seorang tokoh yang berkuasa di dunia.

Gambar Paus Fransisus yang tersenyum di mobil kecilnya menarik perhatian di internet, dengan banyak orang yang mempermainkan nama mobil itu. Seorang pengguna Korea Selatan mencuit: "Paus mengendarai Soul karena ia penuh dengan jiwa."

Korean Herald menyebut Paus Fransiskus, yang dikenal karena ketulusan dan kesederhanaannya, telah memilih mobil kompak Kia Motors Soul sebagai limosinnya selama kunjungan lima hari di Korea Selatan.

Menurut panitia persiapan pada hari Rabu, kepala Gereja Katolik Roma awalnya meminta untuk naik "mobil terkecil di Korea" selama perjalanan kepausan pertamanya ke Asia.

Atas permintaannya, beberapa mobil kompak seperti Kia Motors Morning dan Ray serta Chevrolet Spark dari GM Korea disebut-sebut sebagai calon yang mungkin untuk mobil Paus.

Namun karena masalah keselamatan, komite Seoul mengatakan pilihan terakhir Paus adalah Kia Soul, yang sedikit lebih besar dari kebanyakan mobil kompak dengan kapasitas mesin 1.600 cc. Harga awal Soul adalah 14,5 juta won ($14.100).

5 dari 6 halaman

4. Truk Pikap Mitsubishi L200

Sejumlah sumber menyebut bahwa pada 2019, Paus Fransiskus menggunakan kendaraan yang sama yang digunakannya selama kunjungan terakhirnya ke Uganda.

Kendaraan tersebut, Kia Soul Hatchback dan truk pikap Mitsubishi L200 yang dimodifikasi dengan atap terbuka oleh Papal Mobile dibeli dengan harga USD 35.940 dari M/s Motor Center East African Ltd dan USD 50.631 (190 juta Shilling) dari M/s Victoria Motors Ltd.

Paus Fransiskus dapat menggunakan kendaraan yang sama yang digunakannya selama kunjungan terakhirnya ke Uganda, saat ia kembali ke negara itu tahun depan, menurut Willis Bashasha, Penjabat Sekretaris di Kantor Presiden.

Kendaraan tersebut, Kia Soul Hatchback dan truk pikap Mitsubishi L200 dengan atap terbuka yang dimodifikasi oleh Papal Mobile dibeli masing-masing seharga USD 35.940 (135 juta Shilling) dari M/s Motor Center East African Ltd dan USD 50.631 (190 juta Shilling) dari M/s Victoria Motors Ltd.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Toyota Land Cruiser Modifikasi

Tak satu pun dari merek-merek ini dapat digambarkan sebagai barang mewah, kata jurnalis otomotif Guy Bird seperti dikutip dari BBC. Namun, Toyota Land Cruiser modifikasi ini, yang membawa Paus berkeliling ibu kota Republik Afrika Tengah, Bangui, sudah berusia beberapa generasi, katanya.

Mobil itu dibuat oleh perusahaan mobil terbesar di dunia, kata jurnalis otomotif Zog Ziegler. "Harganya agak murah," katanya. "Sepertinya mereka hanya menambahkan sedikit papan partikel di bagian atasnya".

Namun, ia mengatakan ada satu hal besar yang membuatnya istimewa - mobil itu "sangat, sangat tangguh, mungkin [lebih tangguh] daripada Mitsubishi".

Semua itu menambah citra yang menurut Bird dipancarkan Paus - ia mengendarai kendaraan yang fungsional, menyelesaikan pekerjaannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.