Sukses

Paus Fransiskus Naik Maung PT Pindad Keliling Area GBK, Berkati Umat di Misa Akbar Diiringi Yel-yel hingga Lagu Rohani

Sebelumnya, Presiden Jokowi turut menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Stadion GBK.

Liputan6.com, Jakarta - Paus Fransiskus telah tiba di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) untuk memimpin misa akbar pada Kamis (5/9/2024).

Sekitar 90 ribu umat Katolik mengikuti misa tersebut, tersebar di stadion utama dan stadion madya.

Menaiki mobil Maung buatan PT Pindad, Paus Fransiskus berkeliling menyapa umat yang tersebar di dua stadion. Ia didampingi oleh Uskup Agung Kardinal Suharyo.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lokasi, selama berkeliling, yel-yel penyambutan hingga lagu rohani berjudul “Kristus Jaya” dan “Ave Maria” turut mengiringi. Dalam momen tersebut, Paus Fransiskus memberkati umat yang memadati stadion dengan membuat tanda salib, bahkan memberkati beberapa umat yang berada di dekatnya.

Adapun Misa akbar bersama Paus Fransiskus berlangsung pukul 17.00-18.30 WIB.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) jelang Misa Akbar, Kamis (5/9/2024).

Presiden Jokowi terlihat menaiki mobil Toyota Innova Zenix berwarna hitam. Sesampainya Presiden Jokowi di Madya GBK langsung disambut Mensesneg Pratikno, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Panglima TNI Jenderal Agus Subianto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

Sementara Paus Fransiskus tiba di kawasan GBK sekitar pukul 4.10 WIB. Ia datang dari Kedutaan Besar Vatikan.

Jokowi segera menghampiri Paus Fransiskus untuk turun dari mobilnya dan mengantarnya naik mobil Maung buatan PT Pindad yang membawanya berkeliling menghampiri hampir 90 ribu umat Katolik yang hadir.

Mobil tersebut tidak memiliki atap sehingga Paus bisa menyapa umat Katolik dari kendaraannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4 Potret Mobil Paus Fransiskus di Misa Akbar GBK, Maung Buatan Pindad Nih!

Maung MV3 Pope Mobile, kendaraan taktis buatan PT Pindad, dipercaya untuk mendukung operasional Paus Fransiskus selama Misa Akbar yang akan dihadiri sekitar 90 ribu umat Katolik pada Kamis, 5 September 2024, di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Kendaraan ini merupakan hasil inovasi dari Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto, yang telah dimodifikasi khusus untuk memenuhi kebutuhan mobilitas Paus Fransiskus selama kunjungan keagamaan di Indonesia yang berlangsung dari 3 hingga 6 September 2024.

Dalam pernyataan resminya, Direktur Utama PT Pindad mengungkapkan bahwa perusahaan merasa terhormat karena kendaraan Maung MV3 telah dipilih untuk mendukung kegiatan Misa Akbar di GBK.

"Kami berterima kasih kepada Vatikan dan panitia kunjungan keagamaan Paus Fransiskus di Indonesia yang telah mempercayakan Maung MV3 produksi PT Pindad untuk disesuaikan menjadi Pope Mobile. Ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami untuk terlibat dalam mendukung kendaraan operasional pemimpin umat Katolik di seluruh dunia serta tokoh lintas agama yang aktif menyerukan perdamaian," ujar Abraham.

Selanjutnya klik di sini...

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Pindad Maung MV3 yang Dipakai Paus Fransiskus di Misa Akbar GBK

Maung MV3 Pope Mobile buatan PT Pindad, turut digunakan oleh Paus Fransiskus selama di Indonesia, tepatnya di Misa Akbar, GBK, Senayan, Kamis (5/9/2024). Mobil ini merupakan kendaraan taktis yang diinisiasi oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

Mobil ini sudah dimodifikasi khusus untuk mengakomodir kebutuhan mobilitas Paus Fransiskus.

Direktur Utama PT Pindad menyampaikan bahwa penugasan ini merupakan suatu kehormatan bagi perusahaannya, karena produk kendaraannya dipercayai oleh Paus Fransiskus untuk mendukung kegiatan Misa Akbar di GBK.

"Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami untuk dilibatkan secara langsung dalam mendukung kendaraan operasional pemimpin umat katolik di seluruh dunia sekaligus tokoh lintas agama yang aktif menyerukan perdamaian," ujar Abraham.

Maung MV3 Pope Mobile berwarna putih dengan logo Maung Pindad di bagian grill depan kendaraan, dilengkapi bendera dan segel Vatikan serta plat nomor "SCV1" yang merupakan singkatan dari “Status Latin Civitatis Vaticanae” (Negara Kota Vatikan).

Selanjutnya klik di sini...

4 dari 4 halaman

Misa Akbar Juga Digelar Secara Daring

Bagi umat Katolik yang tidak bisa menghadiri Misa Akbar secara langsung ke Stadion Gelora Bung Karno (GBK) atau Stadion Madya tidak perlu merasa kecewa. Pasalnya Misa Akbar tersebut juga rencananya disiarkan secara langsung secara daring melalui live streaming.

Hal tersebut senada dengan yang disampaikan oleh Juru Bicara Panitia Kunjungan Paus Fransiskus, Romo Thomas Ulun Ismoyo. Melansir dari beberapa sumber berikut ini beberapa link yang bisa digunakan untuk menyaksikan gelaran Misa Akbar Paus Fransiskus:

  • Link Misa Akbar Bersama Paus Fransiskus: Link 1.
  • Link Misa Akbar Bersama Paus Fransiskus: Link 2.
  • Link Misa Akbar Bersama Paus Fransiskus: Link 3.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.