Sukses

PM India Narendra Modi Kunjungi Singapura, Perkuat Kemitraan di Bidang Maritim

Kunjungan Perdana Menteri India ke ke Singapura juga ditujukan untuk meningkatkan hubungan diaspora dan untuk mengeksplorasi potensi hubungan kedua negara.

Liputan6.com, Singapura - Perdana Menteri India Narendra Modi memulai kunjungan dua harinya ke Singapura pada Rabu (4/9/2024) untuk melakukan pembicaraan kerja sama lebih lanjut di bidang maritim dengan fokus pada keamanan dan keselamatan.

Kunjungan Perdana Menteri India ke ke Singapura juga ditujukan untuk meningkatkan hubungan diaspora dan untuk mengeksplorasi potensi pendalaman hubungan, dikutip dari vietnamtimes, Kamis (5/9).

Menjelang kunjungan tersebut, Kementerian Luar Negeri (MEA) mencatat bahwa hubungan tersebut siap untuk bergerak ke fase yang lebih intens yang akan dibangun di atas jangkar kemitraan baru yang diidentifikasi di bawah kerangka kerja meja bundar Menteri India-Singapura.

Perdana Menteri Modi akan mengunjungi Singapura pada tanggal 4-5 September atas undangan Perdana Menteri Lawrence Wong.

Seberapa pentingnya Singapura bagi India dan sebaliknya diilustrasikan oleh kunjungan tim Menteri tingkat tinggi ke Singapura pada akhir Agustus 2024.

Terdiri dari Menteri Keuangan, EAM, Menteri Perdagangan, dan Menteri Perkeretaapian, para Menteri senior di kabinet Modi mengambil bagian dalam Meja Bundar Menteri Bilateral Kedua.

Pihak Singapura diwakili oleh delegasi yang sama-sama berkuasa. Subjek yang dibahas menunjukkan area fokus yang mencakup digitalisasi, pengembangan keterampilan, keberlanjutan, serta perawatan kesehatan dan kedokteran.

Terkait hal tersebut, kedua belah pihak mengakui kemajuan yang telah dibuat dan menambahkan dua pilar baru ke dalam kerangka kerja sama, yaitu manufaktur canggih dan konektivitas untuk memperkuat kerja sama bilateral.

Dengan demikian, isu-isu ini menjadi landasan diskusi di tingkat perdana menteri dan hasilnya kemungkinan akan segera dilaksanakan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Singapura Jadi Mitra Dagang Terbesar Keenam India

Singapura adalah mitra dagang terbesar keenam India dan merupakan sumber FDI terbesar selama tahun keuangan lalu yang bernilai USD 11,77 miliar.

Dalam pengarahan kepada media menjelang kunjungan tersebut, Sekretaris (Timur) Jaideep Mazumdar mengindikasikan bahwa kunjungan tersebut juga akan memberikan dorongan untuk kerja sama di bidang semikonduktor.

Kunjungan PM Modi ke beberapa negara di masa lalu juga telah menyaksikan curahan hubungan emosional yang intens dengan diaspora dan Singapura tidak akan terkecuali.

Dengan jumlah mendekati 7 lakh, kehadiran diaspora di Singapura tercermin dalam 'Little India' dengan banyaknya toko dan kuil.

Kisah diaspora India dengan demikian merupakan bagian integral dari sejarah Singapura. Ketika Sir Stamford Raffles mendirikan Singapura pada tahun 1819, ia ditemani oleh sejumlah orang India yang bekerja dalam berbagai kapasitas.

Arus perdagangan dan investasi yang didukung oleh kerja sama pertahanan yang kuat dan pertukaran budaya dan pendidikan telah membangun fondasi yang kuat dan membantu memajukan hubungan di bidang-bidang baru sebagaimana diidentifikasi oleh kerangka kerja Meja Bundar Menteri India-Singapura.

 

3 dari 4 halaman

Lawrence Wong Terpilih Menjadi PM Singapura

Perdana Menteri Lawrence Wong baru-baru ini mengambil alih (15 Mei 2024) kursi tertinggi di Singapura dari PM Loong, yang menjabat di Singapura selama dua dekade.

Dalam hal itu, kunjungan PM Modi terjadi pada waktu yang tepat untuk menyiapkan panggung bagi tahap berikutnya dari hubungan bilateral kita yang dinamis.

Aspek menarik dari kunjungan ini adalah bahwa kedua belah pihak ingin melihat hubungan tersebut berkembang ke tingkat yang lebih tinggi dan bergerak melampaui bidang kerja sama tradisional seperti pertahanan dan keamanan maritim.

Tinjauan singkat mengenai perkembangan yang sedang berlangsung di bidang maritim menunjukkan bahwa Singapura secara konsisten mendukung aktivitas maritim India di Laut China Selatan dan sekitarnya dengan tetap memperhatikan sensitivitas Selat Malaka.

 

4 dari 4 halaman

Latihan Gabungan India-Singapura

Latihan angkatan laut gabungan seperti Latihan Bilateral Maritim Singapura-India (SIMBEX) dan inisiatif multilateral di Samudra Hindia telah membantu mengintensifkan kerja sama.

SIMBEX awalnya difokuskan pada peperangan antikapal selam, tetapi kini mencakup berbagai dimensi operasi angkatan laut, termasuk interdiksi maritim, pertahanan udara, serta pertempuran permukaan dan udara terkoordinasi.

Khususnya, kedua belah pihak menjadi tuan rumah latihan maritim ASEAN-India tahun lalu. Secara bilateral, sorotan kerja sama pertahanan adalah perjanjian yang memungkinkan Angkatan Laut India menggunakan Singapura untuk dukungan logistik. Kolaborasi semacam itu meningkatkan jangkauan maritim India ke Laut Cina Selatan dan menandai pentingnya wilayah ini dalam kerja sama bilateral.

Kunjungan Perdana Menteri berlangsung dengan latar belakang peringatan 60 tahun hubungan diplomatik yang akan dirayakan pada tahun 2025, dan 10 tahun pembentukan kemitraan strategis dengan Singapura.

Oleh karena itu, ini merupakan kesempatan untuk meninjau kembali hubungan bilateral dan membahas aspek-aspek keamanan regional, termasuk situasi di Laut China Selatan dan Myanmar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.