Sukses

100.000 Orang Pendemo Turun ke Jalanan Tolak Perdana Menteri Pilihan Emmanuel Macron

Sekitar 100.000 orang lebih berunjuk rasa di seluruh Prancis pada Sabtu (7/9/2024) menentang penunjukan politikus sayap kanan-tengah Michel Barnier sebagai perdana menteri baru.

Liputan6.com, Paris - Lebih dari 100.000 orang berunjuk rasa di seluruh Prancis pada Sabtu (7/9/2024) menentang penunjukan politikus sayap kanan-tengah Michel Barnier sebagai perdana menteri baru.

Pengangkatannya menyusul pemilihan umum yang tidak meyakinkan di mana blok sayap kiri - Front Populer Baru (NPF) - memenangkan jumlah kursi terbanyak, dikutip dari BBC, Minggu (8/9).

Protes tersebut diserukan oleh serikat pekerja dan anggota NPF, yang marah karena kandidat mereka sendiri untuk perdana menteri ditolak oleh Presiden Emmanuel Macron.

Barnier, mantan negosiator Brexit Uni Eropa, mengatakan bahwa ia terbuka untuk membentuk pemerintahan dengan politisi dari seluruh spektrum politik, termasuk sayap kiri.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan, 110.000 orang berunjuk rasa di seluruh negeri, termasuk 26.000 di Paris, meskipun seorang pemimpin protes mengklaim jumlahnya adalah 300.000.

Jean-Luc Mélenchon, seorang veteran pembakar semangat dari partai radikal France Unbowed, menyerukan "mobilisasi sekuat mungkin" dalam pawai nasional.

Sekitar 130 protes dijadwalkan, dengan yang terbesar dimulai dari pusat kota Paris pada Sabtu sore.

Mélenchon bergabung dalam protes di Paris, memberikan pidato di belakang kendaraan hias yang bertuliskan slogan: "Demi demokrasi, hentikan kudeta Macron".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan Slogan dalam Berdemo

Para demonstran juga menggunakan slogan-slogan seperti "penolakan demokrasi" dan "pemilu yang dicuri".

Partai-partai di sayap kiri marah karena kandidat mereka sendiri untuk perdana menteri, Lucie Castets, ditolak oleh Macron, yang mengatakan bahwa dia tidak memiliki peluang untuk bertahan dalam mosi tidak percaya di Majelis Nasional.

Barnier dapat bertahan dalam mosi tidak percaya karena kubu sayap kanan, yang juga memenangkan sejumlah besar kursi, ia juga mengatakan bahwa mereka tidak akan secara otomatis memberikan suara menentangnya.

Hal itu telah menimbulkan kritik bahwa pemerintahannya akan bergantung pada kubu sayap kanan.

"Kami memiliki perdana menteri yang sepenuhnya bergantung pada Rapat Umum Nasional," kata Castets.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.