Sukses

Kunjungi Daerah Terpencil di Papua Nugini, Paus Fransiskus Bawa 1 Ton Obat-obatan hingga Mainan

Kunjungan apostolik Paus Fransiskus ke Papua Nugini akan berakhir hari ini dan berlanjut ke Timor Leste.

Liputan6.com, Port Moresby - Dari Indonesia, Paus Fransiskus (87) melanjutkan perjalanan apostoliknya ke Papua Nugini. Pada Minggu (8/9/2024), Paus Fransiskus pun mengunjungi daerah terpencil di Papua Nugini, di mana dia membawa serta banyak obat-obatan, alat musik, dan pesan cinta bagi orang-orang yang tinggal di sana.

Paus Fransiskus terbang dengan pesawat angkut Angkatan Udara Kerajaan Australia C-130 dari Port Moresby ke Vanimo. Di sana, dia bertemu dengan komunitas Katolik setempat dan para misionaris dari negara asalnya, Argentina, yang telah melayani mereka.

Pemimpin tertinggi agama Katolik sekaligus kepala negara Vatikan itu sebelumnya telah melakukan perjalanan ke tepi Kutub Utara untuk meminta maaf kepada orang-orang Inuit atas pelanggaran gereja; ke Amazon, Peru, untuk menarik perhatian pada keadaan penduduk asli di sana, dan ke dataran Ur, Irak untuk meningkatkan hubungan Kristen-Muslim. Namun, menurut standarnya, perjalanan hari Minggu ke Vanimo yang terpencil itu luar biasa.

Sekitar 20.000 orang berkumpul di lapangan di depan katedral Vanimo sambil bernyanyi dan menari ketika Paus Fransiskus tiba. Dia lantas mengenakan hiasan kepala berbulu yang diberikan kepadanya.

Dalam sambutannya dari panggung yang sederhana, Paus Fransiskus memuji para pekerja gereja yang mencoba menyebarkan iman. Dalam kesempatan yang sama, dia mendorong penduduk Vanimo bersikap baik satu sama lain dan menjadi seperti orkestra, sehingga semua anggota masyarakat bersatu secara harmonis untuk mengatasi persaingan.

Dengan melakukan hal itu, kata Paus Fransiskus, akan membantu untuk mengusir rasa takut, takhayul, dan ilmu sihir dari hati orang-orang, untuk mengakhiri perilaku yang merusak seperti kekerasan, perselingkuhan, eksploitasi, penyalahgunaan alkohol dan narkoba, kejahatan yang memenjarakan serta merenggut kebahagiaan begitu banyak orang.

Mengutip laporan AP, Senin (9/9), merujuk pada kekerasan suku atas tanah dan pertikaian lainnya yang telah lama menjadi terjadi di negara itu dan telah menjadi lebih mematikan dalam beberapa tahun terakhir.

Di Papua Nugini, Paus Fransiskus mendesak diakhirinya kekerasan, termasuk kekerasan berbasis gender dan agar rasa tanggung jawab sipil dijunjung tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsistensi Paus Fransiskus

Paus Fransiskus memulai hari dengan misa di hadapan sekitar 35.000 orang di stadion di ibu kota, Port Moresby. Dalam homilinya, Paus Fransiskus memberi tahu khalayak bahwa mereka mungkin merasa jauh dari iman dan gereja institusional mereka, tetapi Tuhan dekat dengan mereka.

"Anda yang tinggal di pulau besar di Samudra Pasifik ini mungkin terkadang menganggap diri Anda sebagai negeri yang jauh dan terpencil, yang terletak di ujung dunia," kata Paus Fransiskus. "Namun … hari ini Tuhan ingin mendekati Anda, untuk mendobrak jarak, untuk memberi tahu Anda bahwa Anda berada di pusat hati-Nya dan bahwa setiap dari Anda penting bagi-Nya."

Fransiskus terpilih sebagai paus terutama berdasarkan pidato yang dia sampaikan kepada sesama kardinal pada tahun 2013 tentang perlunya gereja untuk pergi ke "pinggiran" tempat orang paling membutuhkan Tuhan. Sejalan dengan filosofi itu, Fransiskus sebagian besar menghindari perjalanan ke ke ibu kota Eropa dan lebih memilih komunitas terpencil di mana umat Katolik sering kali menjadi minoritas.

Vanimo, yang berpenduduk 11.000 jiwa, tentu saja cocok dengan kriteria daerah terpencil. Kota itu terletak di dekat perbatasan Papua Nugini dengan Indonesia, tempat hutan bertemu dengan laut, dan sebagian besar hanya dapat dicapai dengan pesawat atau perahu.

Ada bandara kecil, tetapi tidak ada ambulift, lift kursi roda yang dibutuhkan Paus Fransiskus untuk naik dan turun pesawat. Karena itu, dan juga barang-barang sumbangan dan pembelian yang dibawanya, C-130 digunakan agar dia dapat didorong naik dan turun menggunakan jalur belakang.

Fransiskus, paus Amerika Latin pertama dalam sejarah, juga memiliki ketertarikan khusus pada karya misionaris Katolik. Sebagai seorang Yesuit muda Argentina, dia berharap dapat melayani sebagai misionaris di Jepang tetapi dicegah pergi karena kesehatannya yang buruk.

Pendeta Martin Prado, seorang misionaris Argentina dari ordo religius Institut Sabda Inkarnasi, bertanggung jawab mengundang Paus Fransiskus ke Vanimo.

Sambil menunggu kedatangan Paus Fransiskus pada hari Minggu, dia menceritakan kepada wartawan kisah "gila" tentang bagaimana dia menemani sekelompok umat paroki Vanimo ke Roma pada tahun 2019 dan akhirnya berhasil mendapatkan audiensi dengan Paus Fransiskus setelah umat parokinya bersikeras bahwa mereka ingin memberinya beberapa hadiah.

Prado, yang telah menghabiskan 10 dari 36 tahun terakhirnya bekerja sebagai misionaris di Vanimo, mengatakan bahwa dia menulis sebuah catatan, meninggalkannya untuk Paus Fransiskus di hotel Vatikan tempat tinggalnya, dan keesokan harinya menerima email dari sekretaris Paus Fransiskus yang mengundang kelompoknya untuk datang.

"Saya mengundangnya, tetapi dia ingin datang," terang Prado. "Dia memiliki hati yang lapang. Itu bukan hanya kata-kata: dia melakukan apa yang dia katakan," ujar Prado mengatakan beberapa orang di pedalaman keuskupan, di hutan tempat mobil belum datang, membutuhkan pakaian, dan bagi mereka sepiring nasi dan ikan tuna sangatlah nikmat.

Menurut keterangan Vatikan, Paus Fransiskus membawa muatan sekitar satu ton obat-obatan, pakaian, alat musik, dan mainan.

Prado menambahkan bahwa Paus Fransiskus juga membantu membangun sekolah menengah baru. Setengah dari anak-anak di keuskupan, kata Prado, tidak dapat melanjutkan ke sekolah menengah karena tidak ada cukup tempat untuk mereka.

Menurut statistik Vatikan, ada sekitar 2,5 juta umat Katolik di Papua Nugini, dari populasi negara Persemakmuran yang diperkirakan berjumlah sekitar 10 juta. Umat ​​Katolik menjalankan kepercayaan tersebut bersama dengan kepercayaan tradisional penduduk asli, termasuk animisme dan ilmu sihir.

Kunjungan Paus Fransiskus ke Vanimo merupakan puncak kunjungannya ke Papua Nugini. Setelah Papua Nugini, Paus Fransiskus akan menuju Timor Timur pada hari Senin dan kemudian mengakhiri kunjungannya di Singapura pada akhir minggu ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini