Sukses

Alasan Mengapa Tinggi Badan Kita Menyusut Seiring Bertambahnya Usia

Mengapa tinggi kita menyusut atau lebih kecil seiring bertambahnya usia? Begini alasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Manusia cenderung berhenti mengalami penambahan tinggi badan antara usia 16 dan 21 tahun. Dan dari sana, kurang lebih diharapkan kita akan tetap pada perawakan itu sampai kita meninggal.

Namun, banyak orang benar-benar mulai menyusut seiring bertambahnya usia, kehilangan tinggi hingga 3 inci saat mereka berusia 70-an.

Mengapa tubuh kita tampaknya tidak dapat tetap stabil secara vertikal?

Mengapa pula tubuh kita menjadi lebih kecil seiring bertambahnya usia?

Menurut Live Science, berkurangnya tinggi adalah proses multifaktorial. Namun, penyebab utamanya adalah hilangnya massa tulang.

Antara usia 40 dan 50 tahun, tubuh kita mulai kehilangan lebih banyak tulang daripada yang dapat dibuatnya, dikutip dari laman Mentalfloss, Selasa (10/9/2024).

Kehilangan tersebut bukan hanya tentang berkurangnya kepadatan tulang: Hal itu juga melemahkan apa yang dikenal sebagai matriks tulang, atau infrastruktur kolagen yang menghubungkan jaringan tulang.

Dengan dukungan struktural yang lebih sedikit, tulang dapat mengalami fraktur mikro yang secara bertahap mengurangi massa tulang.

Kerusakan yang diakibatkannya dapat menyebabkan osteoporosis dan kehilangan tinggi badan jika tulang belakang terlibat: Tekanan dapat mengurangi tinggi badan seseorang hingga beberapa milimeter, dan bahkan inci.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Studi di Tahun 1999

Sebuah studi tahun 1999 yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology meneliti 2.084 pria dan wanita yang tinggi badannya diukur secara teratur selama 35 tahun sebagai bagian dari pendaftaran mereka dalam proyek penelitian penuaan.

Antara usia 30 dan 70 tahun, pria kehilangan 1,2 inci dan wanita 2 inci. Pada usia 80 tahun, kehilangan tinggi badan telah berkembang menjadi 2 inci untuk pria dan 3 inci untuk wanita.

Jika Anda menghabiskan masa dewasa dengan tinggi badan lebih dari 6 kaki, ada kemungkinan Anda akan hadir di pemakaman dengan tinggi badan 5 kaki 10 inci.

Namun, kehilangan tulang bukanlah satu-satunya penyebab. Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan kelengkungan tulang belakang, yang mengakibatkan tubuh membungkuk dan kehilangan tinggi badan; degradasi normal cakram di antara tulang belakang juga dapat menyebabkan penyusutan.

Bagi wanita, menopause juga dapat menyebabkan hilangnya tinggi badan: Estrogen, yang berkurang seiring bertambahnya usia, membantu melindungi tulang.

 

3 dari 3 halaman

Dapatkah Anda Menghindarinya?

Tidak harus, tetapi Anda dapat melakukan berbagai hal untuk mengurangi kerusakannya. Hilangnya tulang berkorelasi dengan hilangnya massa otot.

Jika Anda menjaga otot melalui olahraga, Anda dapat mencegah atrofi tulang dan lebih mudah berdiri tegak berkat otot perut, yang menopang dan memperbaiki postur tubuh.

Meskipun sebagian kehilangan tinggi badan adalah hal yang normal, kehilangannya lebih awal atau lebih cepat tidaklah normal.

Siapa pun yang menyadari adanya penurunan tinggi badan yang drastis harus diperiksa oleh tenaga medis profesional.

Jika Anda bertekad untuk mengimbangi penyusutan, pertimbangkan untuk mengambil cuti panjang di ruang angkasa. Astronot sering mengalami peningkatan tinggi badan karena kurangnya gravitasi pada tulang belakang, yang menyebabkan pertambahan hingga 3 persen.

Namun, setelah mereka kembali ke Bumi, pertambahan tersebut biasanya hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.