Sukses

Pengawai Toko Salah Kasih Label Harga, Perusahaan Mesin Cuci di China Rugi Rp64,8 Miliar

Pada tanggal 28 Agustus 2024, lebih dari 40.000 pesanan masuk untuk membeli mesin cuci tersebut secara daring.

Liputan6.com, Beijing - Sebuah perusahaan kecil di China yang mengkhususkan diri dalam penjualan mesin cuci menghadapi potensi kerugian sebesar 30 juta yuan setelah seorang karyawan secara keliru memberi label harga produk.

Toko Waralaba Little Swan Dongshan, sebuah usaha kecil yang berpusat di Anhui, Tiongkok, terpaksa meminta pelanggan untuk membatalkan pesanan mereka setelah kesalahan seorang karyawan menyebabkan pesta belanja daring selama 20 menit yang dapat mengakibatkan kerugian bersih sebesar USD 4,2 juta atau setara Rp64.8 miliar.

Kantor berita Tiongkok Red Star News melaporkan bahwa pada tanggal 28 Agustus 2024, lebih dari 40.000 pesanan untuk mesin cuci dilakukan di toko daring Tmall milik perusahaan kecil tersebut hingga seseorang menyadari kesalahan harga dan menutup toko tersebut, dikutip dari laman Oddity Central, Selasa (10/9/2024).

Dalam kurun waktu 20 tahun tersebut, Little Swan menjual mesin cuci senilai 70 juta yuan hanya dengan harga 40 juta yuan, yang berarti perusahaan tersebut mungkin harus menanggung kerugian sebesar USD 30 juta yuan jika dipaksa untuk memenuhi pesanan.

“Puluhan ribu pesanan dan puluhan juta yuan merupakan angka yang sangat besar bagi kami. Kami merasa sangat menyesal untuk semua pelanggan yang terdampak,” kata perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan.

“Kami mohon dengan rendah hati agar Anda memahami kesulitan kami dan setuju untuk membatalkan pesanan. Kami akan mengembalikan uang Anda secepat mungkin.”

Rupanya, salah satu karyawan perusahaan tersebut secara tidak sengaja memberi label harga yang salah pada beberapa mesin cucinya karena mereka salah memahami harga istimewa toko daring Tmall miliknya, yang mengakibatkan diskon besar yang langsung menarik perhatian pembeli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Besaran Harga Penjualan

Misalnya, mesin cuci yang biasanya dibanderol seharga 1.699 yuan (USD 240) hanya dibanderol seharga 299 yuan, sementara model yang seharusnya dibanderol seharga 2.499 yuan dibanderol seharga 439 yuan.

“Akibat kesalahpahaman ini, kami membuat kesalahan besar,” kata pemilik Toko Waralaba Little Swan Dongshan.

“Kami menyadari bahwa masalah ini telah menimbulkan kebingungan di masyarakat dan telah mengganggu pasar secara serius. Kami merasa sangat bersalah dan kesal.”

Untuk meyakinkan orang-orang bahwa diskon besar-besaran itu adalah hasil dari kesalahan seseorang, Little Swan Dongshan Franchise Shop merilis klip pendek dari karyawan yang bertanggung jawab atas kesalahan harga tersebut, di mana mereka meminta maaf atas kesalahan tersebut, seraya menambahkan bahwa mereka tidak dapat menutupi kerugian meskipun mereka menjual semua barang yang mereka miliki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.