Sukses

Mana yang Lebih Baik Mandi di Malam atau Pagi Hari? Ini Kata Ahli

Sejumlah ahli mengemukakan pendapat, mana yang lebih baik antara mandi di malam atau pagi hari.

Liputan6.com, Jakarta - Mandi adalah bagian yang tidak bisa ditawar dalam hidup, tetapi apakah Anda harus melakukannya di malam hari atau di pagi hari?

Dikutip dari laman Mentalfloss, Selasa (10/9/2024) para profesional punya pendapat berbeda hal ini.

Dr. Jason Singh, seorang dokter yang tinggal di Virginia, mengunggah TikTok tentang topik ini pada tahun 2023. Ia berpendapat bahwa mandi malam hari memiliki lebih banyak manfaat secara keseluruhan.

Pertama, ia menjelaskan bahwa mandi air hangat memicu melatonin, hormon yang mengatur ritme sirkadian dan membantu Anda tidur.

Tubuh Anda kemudian mendingin saat Anda mengeringkan tubuh dengan handuk. Kombinasi efek ini memungkinkan Anda mendapatkan tidur berkualitas lebih baik, yang merupakan landasan kesehatan mental dan fisik.

Manfaat lain dari mandi malam hari adalah menghilangkan kotoran, keringat, polutan, dan zat lain yang terkumpul sepanjang hari.

Mengenai mandi pagi, Dr. Singh hanya menyebutkan satu manfaat: Mandi pagi menghilangkan bakteri dan sekresi kulit dari malam sebelumnya, yang mengembalikan mikrobioma kulit ke apa yang disebutnya "dasar yang lebih higienis".

Namun, tidak ada jadwal yang cocok untuk semua orang. kaya dokter kulit Alok Vij, M.D., mengatakan kepada Cleveland Clinic, "semuanya tergantung pada preferensi."

Ia menjelaskan bahwa mandi di pagi hari membantu Anda merasa lebih terjaga dan waspada, karena air dapat membangunkan Anda dari rasa kantuk.

Jika Anda menggunakan produk perawatan kulit di pagi hari, mencuci wajah dan tubuh memungkinkan produk tersebut terserap lebih baik ke dalam kulit Anda (meskipun hal yang sama berlaku untuk rutinitas perawatan kulit malam hari).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mandi di Pagi Hari

Mandi di pagi hari sangat bermanfaat jika Anda berolahraga pertama kali setelah bangun tidur dan tidak ingin menghabiskan hari dengan perasaan dan bau keringat.

Anda mungkin mandi untuk menghindari membawa kuman dan kotoran ke tempat tidur, tetapi Dr. Vij berkata, "Ada berbagai macam kontaminan dan polutan di tempat tidur Anda, baik Anda mandi sebelumnya atau tidak."

Lebih penting untuk mencuci sprei setiap satu atau dua minggu sekali, tergantung pada faktor-faktor seperti apakah hewan peliharaan Anda tidur bersama Anda dan suhu di rumah Anda.

Singkatnya, mandi di pagi hari atau sore hari tergantung pada apa yang paling penting bagi Anda; pada hari-hari yang sangat berkeringat, Anda bahkan mungkin merasa lebih baik untuk melakukan keduanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.