Sukses

Viral Foto Orang dari Tahun 1941 Bawa Benda Misterius Mirip iPad, Penjelajah Waktu?

Spekulasi bertebaran saat netizen di Reddit mencoba untuk mengidentifikasi benda misterius dalam foto lama. Menurut kalian, benda ini apa?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto viral yang diambil pada tahun 1941 mengundang perbincangan di subreddit r/timetravelercaught saat akun bagelshmear2 menyatakan bahwa salah satu orang di foto tersebut sedang membawa gadget.

Dilansir dari NDTV pada Jumat (14/9/2024), gambar yang diambil oleh Edwin Rosskam di South Side Chicago ini menunjukkan sekelompok anak muda berpakaian rapi yang sedang mengantre untuk masuk ke dalam bioskop.

Bila tidak teliti, foto ini terlihat biasa saja. Namun, keanehan dalam foto ini bisa ditemukan di ujung kanan, jauh dari fokus foto tersebut. 

Di sana, terlihat seorang remaja yang memegang benda misterius berbentuk persegi panjang. Menurut pengguna Reddit, bagelshmear2, benda tersebut terlihat identik dengan gadget modern, seperti tablet atau iPad

Detail ini membuat sebagian orang berspekulasi bahwa remaja itu mungkin seorang penjelajah waktu, yang secara tidak sengaja membawa perangkat dari masa depan ke masa lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Barang Apa Yang Dibawa Pemuda Tersebut?

Beberapa orang setuju dengan postingan ini bahwa remaja di ujung kanan foto ini membawa tablet.

“Jika Anda memperbesar (foto), benda itu terlalu besar untuk menjadi sebuah ‘buku’ atau ‘notepad’ dan Anda bisa melihat apa yang terlihat seperti logo Apple yang ikonik di bagian belakangnya,” tulis seorang netizen.

Namun, banyak juga orang yang tidak setuju dengan klaim tersebut dan memberikan penjelasan lain mengenai benda misterius itu.

Sebagian besar komentar di unggahan tersebut beranggapan bahwa benda tersebut adalah sebuah buku. 

“Terlihat seperti buku tulis bagiku,” ujar komentar seseorang. Netizen lain menambahkan, “(dia) hanya membiasakan diri untuk membajak film sejak dini. Pada masa awal film, para penjaga pintu memeriksa para penonton untuk mencari pulpen dan buku catatan yang bisa digunakan untuk pembuatan ulang film bajakan.”

Screenshot komentar Reddit yang berspekulasi soal benda misterius di foto tersebut. (Reddit)

Seseorang juga berspekulasi bahwa benda itu adalah kitab Injil berdasarkan pakaian yang dikenakan anak-anak dalam foto tersebut.

“Kemungkinan besar itu adalah kitab suci Injil. Mereka sedang memakai pakaian misa terbaik mereka,” tulis seorang pengguna Reddit.

Ada netizen lain yang menduga bahwa benda yang dibawa pemuda di ujung kanan foto itu adalah sebuah dompet. Di kolom komentar, dia menulis, “tampak seperti dompet dokumen kulit, atau memang, hanya sebuah dompet bagi saya.”

Alih-alih berspekulasi tentang benda sang “penjelajah waktu”, beberapa netizen berkomentar terhadap keanehan lain di foto itu.

Seseorang menunjukkan adanya kaki tambahan di tengah-tengah foto tersebut. “Saya tidak peduli dengan buku catatan itu, tetapi lebih peduli dengan apa yang terlihat seperti sepasang kaki tambahan, di antara gadis kecil yang membawa tas dan gadis yang lebih tinggi yang memalingkan wajahnya,” tulisnya.

Beberapa netizen lain lebih tertarik dengan benda misterius di tengah foto yang terlihat seperti sebuah botol. “Gadis bertopi putih terlihat seperti membawa sebotol air?” tanya sebuah komentar. “Ya, saya tidak tahu apa itu sebenarnya. Menurut saya itu lebih mencurigakan daripada 'iPad',” jawab komentar lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.