Sukses

Penampakan Langka, Pegunungan Gersang di Arab Saudi Kini Menghijau Usai Diguyur Hujan Deras

Media milik pemerintah Arab Saudi mengunggah penampakan pegunungan yang biasanya gersang kini menghijau usai wilayah tersebut diguyur hujan lebat.

Liputan6.com, Makkah - Pemandangan langka terlihat di Arab Saudi. Pegunungan yang sebelumnya gersang di wilayah Makkah, Arab Saudi, telah berubah menjadi lanskap hijau subur.

Hal ini terjadi setelah hujan lebat di wilayah Kerajaan Arab Saudi tersebut selama beberapa hari terakhir.

Saudi Press Agency (SPA) -- sebuah media besar -- membagikan gambar dan video di X yang memperlihatkan pegunungan Makkah berubah menjadi hijau.

“Pemandangan menawan dari dataran Al-Bayda Center di wilayah Makkah Al-Mukarramah, bermandikan hijau setelah hujan.”

Video yang diambil setelah hujan turun memperlihatkan unta-unta merumput dengan damai di rumput hijau subur.

Dari Agustus hingga Desember 2023, kota Makkah menyaksikan peningkatan tutupan vegetasi yang mengejutkan sebesar 600 persen, sementara Madinah mengalami peningkatan sebesar 360 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Pegunungan Makkah Arab Saudi Menghijau, NASA Pun Memantau

Sebelumnya, juga terdengar kabar pegunungan di wilayah Makkah Arab Saudi yang menghijau. Fenomena tak biasa saat wilayah tersebut berubah warna menjadi hijau subur, karena sebelumnya tandus dan gersang.

 

Lantas apa sebenarnya penyebab pegunungan Makkah Arab Saudi menghijau ?

Mengutip situs Middle East Monitor dari Saudi Press Agency (SPA), disebutkan gunung-gunung di dalam dan sekitar kota suci Makkah di Arab Saudi telah berubah menjadi hijau setelah berminggu-minggu hujan lebat dan banjir bandang bulan lalu.

SPA membagikan klip video di Twitter Kamis lalu yang menunjukkan efek dari curah hujan yang berlebihan.

Beberapa bagian negara kerajaan itu telah melihat lanskap gersang berubah menjadi hijau, khususnya di Arab Saudi bagian barat. Pertumbuhan vegetasi, yang disebabkan oleh cuaca hangat dan juga hujan, terekam dalam citra satelit yang disediakan oleh NASA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.