Sukses

Misi Polaris Dawn Pecahkan Rekor Spacewalk Komersial Pertama dalam Sejarah

Selanjutnya, misi antariksa Polaris Dawn juga akan menguji komunikasi satelit berbasis laser antara pesawat ruang angkasa dan Starlink.

Liputan6.com, Jakarta - Kru misi Polaris Dawn berhasil melakukan spacewalk atau berjalan diluar angkasa. Bahkan, misi antariksa komersial yang didukung SpaceX ini menyelesaikan dua tugas dalam satu waktu yakni spacewalk dan pengujian pakaian antariksa.

Dikutip dari video yang dibagikan SpaceX melalui laman X pada Jumat (13/09/2024), spacewalk dikerjakan oleh Komandan Kru Jared Isaacman sekitar pukul 17.52 WIB pada 12 September 2024. Dari video yang SpaceX bagikan, Isaacman terlihat keluar dari palka menggunakan alat untuk pegangan tangan yang disebut Skywalker.

SpaceX menjelaskan bahwa Isaacman harus melakukan tiga tes selama berada di Skywalker. Komandan kru itu harus menggunakan satu tangan untuk mengendalikan gerakan tubuh, bergerak menggunakan palang horizontal dan vertikal, dan mengevaluasi alat penahan kaki.

"Komandan Isaacman telah keluar dari Dragon dan sedang menjalani tes mobilitas setelan pertama dari tiga tes yang akan menguji kontrol tangan tubuh secara keseluruhan," tulis akun SpaceX.

Isaacman melakukan tugasnya selama delapan menit sebelum masuk kembali ke dalam kabin pesawat Dragon. Tak lama setelah itu, Spesialis Misi Sarah Gillis muncul untuk melakukan tes yang sama menggunakan Skywalker.

Durasi pengujian Gillis juga berjalan selama delapan menit. Selama berada di Skywalker, Isaacman dan Gillis juga menguji Mobilitas Pakaian Aktivitas Ekstravehicular (EVA) yang dibuat oleh SpaceX.

Setelah pengujian dilakukan, tidak ada astronot yang melaporkan masalah terkait pakaian antariksa yang mereka gunakan. Pengujian Skywalker dan EVA merupakan puncak dari misi Polaris Dawn sehingga SpaceX mengungkapkan bahwa Isaacman dan kru lainnya telah menyelesaikan tugas mereka.

Perlu diketahui, EVA space suits merupakan pakaian antariksa yang dirancang Spacex. Pengujian pakaian astronaut ini dilakukan untuk mengetahui apakah EVA layak digunakan perjalanan ke bulan dan Mars di masa depan.

Dengan berakhirnya pengujian tersebut, Polaris Dawn berhasil mencetak sejarah baru untuk spacewalk astronaut komersial pertama.

"Perjalanan luar angkasa Polaris Dawn kini telah selesai, menandai pertama kalinya astronot komersial menyelesaikan perjalanan luar angkasa," tulis akun SpaceX.

Selanjutnya, misi antariksa Polaris Dawn juga akan menguji komunikasi satelit berbasis laser antara pesawat ruang angkasa dan Starlink. Mereka akan menggunakan konstelasi satelit internet SpaceX yang berkekuatan lebih dari 6.000 dalam upaya untuk meningkatkan kecepatan komunikasi ruang angkasa, dan melakukan 36 eksperimen ilmiah.

Di antaranya adalah pengujian dengan lensa kontak yang disematkan dengan mikroelektronika untuk terus memantau perubahan tekanan dan bentuk mata.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.