Sukses

8 Fakta Bayi Kuda Nil Viral Moo Deng, Follower Instagramnya Tembus 200.000

Moo Deng, dari Thailand, bukanlah selebritas papan atas biasa, tetapi dia jelas diperlakukan seperti itu sejak viral.

Liputan6.com, Chonburi - Seekor bayi kuda nil ini tengah viral. Gerak-gerik Moo Deng pun jadi sorotan.

Setiap gerakannya diawasi dengan ketat, setiap foto barunya dibagikan dan didiskusikan dengan penuh semangat. Kilauan pesonanya menjadi bahan iri dan inspirasi untuk fanart dan tutorial tata rias.

Moo Deng, dari Thailand, bukanlah selebritas papan atas biasa, tetapi dia jelas diperlakukan seperti itu.

Berikut ini delapan fakta bayi kuda nil kerdil Moo Deng, mengutip situs Times, Sabtu (14/9/2024):

1. Bayi Kuda Nil Kerdil Berusia 2 Bulan

Bayi kuda nil kerdil berusia dua bulan yang sangat menggemaskan di Khao Kheow Open Zoo (Kebun Binatang Terbuka Khao Kheow), Provinsi Chonburi telah merebut hati dan pikiran jutaan orang di internet dengan kejenakaannya. Pengguna media sosial tidak pernah bosan melihat wajahnya yang ekspresif—saat disemprot air, digendong oleh penjaga kebun binatang, atau ketika berbaring di tanah.

2. Lahir 10 Juli 2024, Diperkenalkan ke Publik 25 Juli 2024

Lahir pada 10 Juli—tentu saja dia sensitif, dia berzodiak Cancer!—Moo Deng baru diperkenalkan ke publik pada tanggal 25 Juli.

3. Ini Arti Namanya

Namanya, yang secara kasar diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris bouncy pig atau pork patty berarti babi yang kenyal atau daging babi, menurut berbagai interpretasi, dipilih melalui pemungutan suara populer yang diadakan oleh kebun binatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Akun Media Sosialnya Punya Followers Ribuan

Sejak kehadiran Moo Deng, karena sangat menyadari kekuatan bintangnya, penjaga kebun binatang Moo Deng dengan tekun membagikan foto, video, dan meme bayi kuda nil tersebut.

Seiring dengan meningkatnya popularitas Moo Deng, followers akun media sosial kebun binatang tersebut membeludak, lebih dari 50.000 followers atau pengikut di X dan lebih dari 400.000 di Facebook. Sementara akun yang didedikasikan khusus untuk koleksi kuda nil dan kapibaranya kini memiliki lebih dari 200.000 followers di Instagram dan lebih dari 2 juta di TikTok.

Akun-akun itu menjadi media penghubung bagi para fans Moo Deng, menawarkan informasi terkini tentang setiap gerakannya bagi para penggemarnya yang terobsesi di seluruh dunia.

5. Dipuji Sebagai Ikon

Moo Deng—yang hampir selalu makan, tidur, atau bersikap dramatis—telah dipuji sebagai lifestyle icon alias ikon gaya hidup.

 

3 dari 4 halaman

6. Inspirasi Merchandise

Betina yang tidak biasa ini telah menjadi subjek karya seni penggemar yang tak ada habisnya dan merchandise yang akan datang dari kebun binatang.

Kedutaan Besar Thailand di Tokyo memberikan dukungan terhadapnya, begitu pula perusahaan tata rias Sephora Thailand, yang membagikan rekomendasi perona pipi untuk meniru pipi bayi kuda nil itu.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sephora Thailand (@thaisephora)

Sebuah kafe di Bangkok bahkan telah menyiapkan kue berbentuk Moo Deng, yang baru saja mendapatkan halaman Wikipedia-nya sendiri.

Tentu saja, Moo Deng bukan satu-satunya kuda nil di Kebun Binatang Terbuka Khao Kheow. Selama akhir pekan, pusat konservasi tersebut baru saja merayakan ulang tahun ke-59 Mae Mali, kuda nil betina tertua di negara itu.

Sementara Mae Mali dikatakan memiliki berat dua ton (4.400 pon), kuda nil kerdil seperti Moo Deng tumbuh dengan bobot hingga 500 pon.

 

4 dari 4 halaman

7. Sejak Moo Deng Viral, Jumlah Pengunjung Kebun Binatang 2 Kali Lipat

Berasal dari Afrika barat, kuda nil kerdil adalah spesies yang terancam punah, dengan hanya sekitar 2.000 ekor di antaranya tersisa di alam liar. Selain itu, karena pengguna media sosial tidak ingin mengalihkan pandangan dari Moo Deng, beberapa kolase foto buatan penggemar sebenarnya menyertakan foto Moo Wan, kuda nil kerdil lainnya di Kebun Binatang Terbuka Khao Kheow yang menjadi viral saat ia menggigit paha penjaga kebun binatang. (Moo Deng juga telah membuktikan bahwa ia dapat menggigit dengan kuat.)

Sejak Moo Deng viral, pengunjung Kebun Binatang Terbuka Khao Kheow meningkat lebih dari dua kali lipat, dengan mereka yang berbondong-bondong untuk melihat bayi kuda nil itu digambarkan sebagai fan club alias klub penggemarnya.

8. Keselamatan Moo Deng Dikhawatirkan

Namun, peningkatan pesat Moo Deng disertai dengan kekhawatiran akan keselamatannya. Dalam satu video yang dibagikan di media sosial, Moo Deng sedang berbaring di tepi kandangnya saat ia tersentak oleh aliran air yang disiramkan pengunjung ke tubuhnya. Beberapa pengunjung, dalam upaya untuk menarik perhatiannya, juga dilaporkan telah melemparkan pisang dan kerang ke Moo Deng, media lokal melaporkan, yang memicu seruan dari pengguna media sosial untuk tindakan keselamatan yang lebih baik guna melindungi bayi kuda nil itu.

Pada hari Kamis (12/9), Narongwit Chodchoi, direktur Kebun Binatang Terbuka Khao Kheow, menghimbau para pengunjung untuk tidak melempar barang ke Moo Deng, seraya menambahkan bahwa kebun binatang tersebut telah memasang kamera pengawas di area tersebut dan akan mempertimbangkan tindakan hukum terhadap manusia yang tidak kooperatif.

"Perilaku ini tidak hanya kejam tetapi juga berbahaya," katanya. "Kita harus melindungi hewan-hewan ini dan memastikan bahwa mereka memiliki lingkungan yang aman dan nyaman.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini