Sukses

Studi: Penggunaan Mesin Pencarian AI Bisa Perburuk Krisis Iklim

Penggunaan mesin pencarian AI menggunakan lebih banyak energi dan lebih boros dari mesin pencarian tradisional biasa.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) disebut memperburuk krisis iklim yang terjadi saat ini.

Hal ini diungkapkan oleh seorang peneliti bernama Sasha Luccioni yang tengah berupaya meningkatkan kesadaran tentang dampak lingkungan dari teknologi baru yang sedang naik daun itu. Ia menjelaskan bahwa AI generatif menggunakan energi 30 kali lebih banyak daripada mesin pencari tradisional.

Diakui sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia AI oleh majalah Amerika Time pada tahun 2024, ilmuwan komputer Kanada asal Rusia ini telah berupaya selama beberapa tahun untuk mengukur emisi dari program seperti ChatGPT atau Midjourney.

"Saya merasa sangat kecewa bahwa AI generatif digunakan untuk mencari di internet," keluh peneliti tersebut, yang berbicara dengan AFP di sela-sela konferensi kecerdasan buatan ALL IN di Montreal, seperti dilansir Straits Times, Jumat (20/9/2024). 

Model bahasa yang menjadi dasar program tersebut membutuhkan kapasitas komputasi yang sangat besar untuk melatih miliaran titik data, yang memerlukan server yang kuat.

Lalu, ada energi yang digunakan untuk menanggapi permintaan masing-masing pengguna.

Alih-alih sekadar mengekstrak informasi, program AI menghasilkan informasi baru, membuatnya jauh lebih boros energi.

Menurut Badan Energi Internasional, gabungan sektor AI dan mata uang kripto mengonsumsi hampir 460 terawatt jam listrik pada tahun 2022 – 2 persen dari total produksi global.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alat Penghitung Konsumsi Energi AI

Sebagai peneliti terkemuka tentang dampak AI terhadap iklim, Luccioni berpartisipasi pada tahun 2020 dalam pembuatan alat bagi pengembang untuk mengukur jejak karbon dari menjalankan sepotong kode.

CodeCarbon sejak itu telah diunduh lebih dari satu juta kali.

Kepala strategi iklim dari perusahaan rintisan Hugging Face, sebuah platform untuk berbagi model AI akses terbuka, ia sekarang tengah berupaya menciptakan sistem sertifikasi untuk algoritma.

Mirip dengan program dari Badan Perlindungan Lingkungan AS yang memberikan skor berdasarkan konsumsi energi perangkat dan perkakas elektronik, program ini akan memungkinkan untuk mengetahui konsumsi energi produk AI guna mendorong pengguna dan pengembang untuk "membuat keputusan yang lebih baik".

"Kami tidak memperhitungkan air atau bahan langka, tetapi setidaknya kami tahu bahwa untuk tugas tertentu, kami dapat mengukur efisiensi energi dan mengatakan bahwa model ini memiliki nilai A+, dan model itu memiliki nilai D," katanya.

3 dari 4 halaman

Mempercepat Krisis Iklim

Untuk mengembangkan alatnya, Luccioni bereksperimen pada model AI generatif yang dapat diakses oleh semua orang, atau sumber terbuka, tetapi ia juga ingin melakukannya pada model komersial dari Google atau OpenAI, pencipta ChatGPT, yang enggan menyetujuinya.

Meskipun Microsoft dan Google telah berkomitmen untuk mencapai netralitas karbon pada akhir dekade ini, raksasa teknologi AS tersebut melihat emisi gas rumah kaca mereka melonjak pada tahun 2023 karena AI: naik 48 persen untuk Google dibandingkan dengan tahun 2019 dan 29 persen untuk Microsoft dibandingkan dengan tahun 2020.

"Kita mempercepat krisis iklim," kata Ibu Luccioni, yang menyerukan transparansi lebih dari perusahaan teknologi.

4 dari 4 halaman

Apa Solusinya?

Luccioni menyebut bahwa solusinya dapat datang dari pemerintah yang saat ini menggunakan AI secara membabi-buta. 

"Begitu kita memiliki transparansi, kita dapat mulai membuat undang-undang."

Ia menambahkan bahwa penting juga untuk menjelaskan kepada orang-orang apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh AI generatif, dan bagaimana dampaknya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini