Sukses

Keren, Retno Marsudi Dijadikan Nama Bunga Tulip di Belanda

Menlu Retno marsudi juga menerima penghargaan khusus dari Kementerian Luar Negeri Belanda atas kiprahnya dalam hubungan diplomasi kedua negara.

Liputan6.com, Den Haag - Nama Indonesia semakin mendunia. Kini, giliran nama Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi yang namanya dipakai untuk sebuah bunga tulip di Belanda.

Pemberian nama ini diberikan oleh Menteri Luar Negeri Belanda Caspar Veldkamp sebagai penghargaan dan simbol hubungan bilateral yang terjalin erat antara Indonesia dan Belanda.

"Sertifikat ini menyatakan bahwa pada 16 September 2024, Otoritas Pendaftaran Kultivar Internasional untuk tulip, Royal General Blubgrowers Association (KAVB) di Hillegom, Belanda telah memesan nama Retno Marsudi untuk tulip harum dengan pinggiran berwarna putih yang ditanam oleh Jan Ligthart, Den Helder, Belanda," demikian tertulis dalam sertifikat yang diberikan Veldkamp ke Menlu Retno dalam kunjungan kerjanya ke Den Haag, Senin (16/9/2024).

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Caspar Veldkamp (@ministerbz)

 

Selain menjadikan Retno Marsudi sebagai nama bunga, Menlu Veldkamp juga memberikan penghargaan "Badge of Honor for Merits" kepada Menlu Retno.

Ia menilai bahwa Menlu Retno memiliki peran penting dalam hubungan diplomatik antara kedua negara dalam 12,5 tahun terakhir.

"Cara kami berhubungan dengan baik merupakan bukti dari kerja sama kami yang luas di bidang politik, ekonomi dan budaya," tulis dia dalam akun Instagramnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menlu Retno Menyambut Baik

Menlu Retno pun menyambut kedua penghargaan tersebut.

"Saya merasa terhormat menerima Golden Order of Merit dari Kementerian Luar Negeri Belanda. Saya juga sangat tersentuh ketika FM Caspar Veldkamp memberi tahu saya bahwa sebuah tulip telah diberi nama saya… Tulip merah dan putih bernama 'Retno Marsudi'," ungkapnya lewat akun Instagram @retno_marsudi.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Retno Marsudi (@retno_marsudi)

"Terima kasih banyak… Itu memang kejutan yang menyenangkan," lanjutnya.

Adapun dalam pertemuan antara Menlu Retno dan Menlu Veldkamp sebelumnya, mereka membahas sejumlah isu bilateral termasuk kerja sama ekonomi, ketahanan pangan, hubungan antar masyarakat hingga isu global seperti konflik Palestina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini