Sukses

Israel Vs Hizbullah: Jet Tempur hingga Pasukan AS Siaga di Timur Tengah Jika Konflik Meluas

Israel dan Hizbullah sama-sama mengisyaratkan tidak akan menahan diri. Kekhawatiran akan perang skala penuh pun menghantui Timur Tengah.

Liputan6.com, Washington, DC - Amerika Serikat (AS) meningkatkan kehadiran militernya di Timur Tengah selama hampir setahun terakhir, dengan sekitar 40.000 pasukan, sedikitnya selusin kapal perang, dan empat skuadron jet tempur angkatan udara yang tersebar di seluruh wilayah untuk melindungi sekutu dan bertindak sebagai pencegah terhadap serangan. Hal itu diungkapkan sejumlah pejabat AS.

Seiring eskalasi antara Israel dan Hizbullah pekan ini, kekhawatiran pun semakin meningkat bahwa perang habis-habisan dapat terjadi.

Hizbullah mengatakan Israel telah melewati "garis merah" melalui serangan ledakan pager dan walkie talkie terhadap anggotanya. Kelompok itu pun berjanji untuk terus melancarkan serangan rudal ke Israel selama serangan ke Jalur Gaza terjadi.

Menteri Pertahanan (Menhan) Israel Yoav Gallant — yang berbicara berulang kali selama pekan ini kepada Menhan AS Lloyd Austin — telah mengumumkan dimulainya "fase baru" perang, mengalihkan fokus Israel ke garis depan utara untuk melawan Hizbullah di Lebanon.

Sejauh ini, AS belum memberi sinyal akan menambah atau mengubah jumlah pasukan sebagai akibat dari serangan-serangan terbaru, dan sebelumnya sudah ada peningkatan kekuatan di wilayah tersebut.

"Kami yakin dengan kemampuan yang kami miliki saat ini untuk melindungi pasukan kami dan jika perlu, kami juga akan membela Israel," kata juru bicara Pentagon Sabrina Singh pada hari Kamis (19/9/2024), seperti dilansir AP, Jumat (20/9).

Seorang pejabat militer mengatakan sumber daya tambahan telah membantu AS berpatroli di berbagai wilayah konflik, termasuk operasi yang menargetkan kelompok ISIS di Irak dan Suriah, membela Israel, dan melawan ancaman dari pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman, yang telah menargetkan kapal-kapal komersial di Laut Merah dan meluncurkan rudal balistik ke Israel.

Para pejabat berbicara dengan syarat anonim untuk menjelaskan pergerakan dan lokasi pasukan AS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gambaran Kehadiran Militer AS di Timur Tengah

Pasukan

Lazimnya, sekitar 34.000 pasukan AS dikerahkan ke Komando Pusat AS (Centcom), yang meliputi seluruh Timur Tengah. Jumlah pasukan bertambah pada bulan-bulan awal perang Israel Vs Hamas menjadi sekitar 40.000 menyusul adanya kapal dan pesawat tambahan dikirim.

Beberapa pekan lalu, jumlah totalnya melonjak menjadi hampir 50.000 ketika Menhan Austin memerintahkan dua kapal induk dan kapal perang pendampingnya tetap berada di wilayah tersebut di tengah ketegangan yang meningkat antara Israel dan Lebanon. 

Peningkatan kehadiran pasukan dirancang untuk membantu mempertahankan Israel dan melindungi personel serta aset AS dan sekutu.

Kapal perang

AS kini kembali menempatkan hanya satu kapal induk di kawasan Timur Tengah, yakni USS Abraham Lincoln. Sebelumnya, Menhan Austin telah memperpanjang penempatan kapal induk beberapa kali dalam setahun terakhir, di mana jarang sekali dua kapal induk hadir sekaligus.

Komandan militer AS sejak lama berpendapat bahwa kehadiran kapal induk — dengan jajaran jet tempur dan pesawat pengintai serta rudal canggihnya — merupakan pencegah yang kuat terhadap Iran.

USS Abraham Lincoln dan tiga kapal perusaknya berada di Teluk Oman, sementara dua kapal perusak Angkatan Laut AS berada di Laut Merah. Kapal selam rudal berpemandu USS Georgia, yang diperintahkan Menhan Austin ke wilayah itu bulan lalu, telah berada di Laut Merah dan tetap berada di Centcom, namun para pejabat menolak mengungkapkan di mana keberadaannya.

Ada enam kapal perang AS di Laut Mediterania timur, termasuk kapal serbu amfibi USS Wasp dengan Unit Ekspedisi Marinir ke-26 di dalamnya. Tiga kapal perusak Angkatan Laut AS dilaporkan juga berada di kawasan itu.

Sekitar setengah lusin jet tempur F/A-18 dari USS Abraham Lincoln disebut telah dipindahkan ke pangkalan darat di wilayah Timur Tengah. Para pejabat menolak untuk mengatakan di mana persisnya.

Pesawat

Angkatan Udara AS mengirim satu skuadron tambahan jet tempur F-22 bulan lalu, sehingga jumlah total skuadron tempur berbasis darat di Timur Tengah menjadi empat.

Pasukan itu juga mencakup satu skuadron pesawat serang darat A-10 Thunderbolt II, F-15E Strike Eagles, dan jet tempur F-16. Angkatan Udara AS tidak mengidentifikasi negara di mana pesawat itu beroperasi.

Penambahan jet tempur F-22 memberi pasukan AS pesawat yang sulit dideteksi yang memiliki rangkaian sensor canggih untuk menekan pertahanan udara musuh dan melakukan serangan elektronik. F-22 juga dapat bertindak sebagai "quarterback," mengatur pesawat tempur lain dalam suatu operasi.

Namun, AS juga menunjukkan pada bulan Februari bahwa mereka tidak harus memiliki pesawat yang bermarkas di Timur Tengah untuk menyerang target. Pada bulan itu, sepasang pesawat pengebom B-1 lepas landas dari Pangkalan Angkatan Udara Dyess di Texas dan terbang lebih dari 30 jam dalam misi pulang pergi di mana mereka menyerang 85 target Pasukan Quds, cabang dari Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), di Irak dan Suriah sebagai tanggapan atas serangan yang didukung IRGC yang menewaskan tiga anggota layanan AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini