Sukses

Indonesia dan Nepal Sepakati Perjanjian Bebas Visa Diplomatik dan Dinas serta Pembentukan Konsultasi Bilateral

Menlu Retno berharap agar kerja sama RI-Nepal dapat membuahkan hasil konkret yang menguntungkan masyarakat kedua negara.

Liputan6.com, Washington, DC - Di sela-sela High-level Week Sidang Majelis Umum PBB ke-79 di New York, Amerika Serikat (AS), pada hari Minggu (22/9/2024), Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Republik Demokratik Federal Nepal Azru Rana Deuba.

Mengawali pertemuan, kedua menlu menandatangani dua perjanjian bilateral, yaitu Perjanjian Bebas Visa Diplomatik dan Dinas (PBVDD) RI-Nepal dan Nota Kesepahaman tentang Pembentukan Mekanisme Konsultasi Bilateral RI-Nepal.

"Kedua Perjanjian ini akan intensifkan interaksi antara pejabat pemerintah kedua negara, sekaligus tingkatkan kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Nepal, khususnya di bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata," ujar Menlu Retno seperti dikutip dari pernyataan tertulis Kemlu RI, Senin (23/9).

Dalam pertemuan bilateral yang dilakukan di kantor Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk PBB di New York, kedua menlu membahas sejumlah isu bilateral penting terkait kerja sama di bidang pengembangan energi terbarukan, industri strategis, pariwisata, pengelolaan air bersih, forum demokrasi, dan dukungan terhadap pencalonan masing- masing negara di forum-forum multilateral.

Selain itu, kedua menlu juga membahas upaya bersama yang dapat dilakukan kedua negara dalam memajukan hak-hak perempuan di Afghanistan.

Dalam sambutannya, menlu Nepal menyampaikan apresiasi atas hubungan bilateral Indonesia dan Nepal yang semakin menguat, serta harapan agar kerja sama antara kedua negara dapat terus ditingkatkan. Secara khusus, menlu Nepal mengundang investasi Indonesia di bidang pariwisata dan pengembangan hydropower di Nepal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.