Sukses

Pria di AS Berhasil Ditemukan Keluarganya Usai Hilang Diculik Sejak Tahun 1951

Pria tersebut berhasil kembali ke keluarga kandungnya usai hilang selama 73 tahun.

Liputan6.com, Washington, DC - Seorang pria yang diculik saat berusia enam tahun pada tahun 1951 berhasil ditemukan setelah lebih dari tujuh dekade.

Dilansir The Guardian, Rabu (25/9/2024), anak yang hilang saat sedang bermain di taman California itu berhasil ditemukan berkat bantuan tes DNA, foto-foto lama hingga potongan koran.

Bay Area News Group melaporkan bahwa seorang pria bernama Luis Armando Albino di Oakland berhasil ditemukan oleh keponakannya.

Menurut informasi dari Alida Alequin (63), Albino adalah seorang pensiunan pemadam kebakaran dan veteran Korps Marinir yang bertugas di Vietnam.

Alequin menemukan Albino dan mempertemukannya kembali dengan keluarganya di California pada Juni 2024.

Pada tanggal 21 Februari 1951, seorang wanita membujuk Albino yang berusia enam tahun dari taman di Oakland Barat, tempat dia bermain dengan kakak laki-lakinya, dan berjanji kepadanya dalam bahasa Spanyol bahwa dia akan membelikannya permen.

Wanita itu justru menculiknya dan mengajaknya tinggal bersama, seakan-akan bocah itu adalah anaknya sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hilang Selama 73 Tahun

Selama 73 tahun, Albino hilang dari keluarga kandungnya. Ibunya yang meninggal pada tahun 2005, terus meyakini bahwa putranya masih hidup.

Artikel-artikel Oakland Tribune pada tahun itu melaporkan bahwa polisi, tentara dari pangkalan militer setempat, Penjaga Pantai dan karyawan kota lainnya bergabung dalam pencarian besar-besaran untuk mencari anak laki-laki yang hilang itu.

Alequin meyakini bahwa proses penemuan pamannya itu bermula Ketika ia tidak sengaja mengikuti tes DNA secara daring pada tahun 2020. Hasilnya menunjukkan kecocokan 22 persen dengan seorang pria yang akhirnya ternyata adalah pamannya. Pencarian lebih lanjut pada saat itu tidak membuahkan jawaban atau tanggapan apa pun darinya.

Awal tahun ini, dia dan kedua putrinya mulai mencari lagi.

Saat berkunjung ke perpustakaan umum Oakland, dia melihat mikrofilm artikel Tribune – termasuk satu yang berisi foto Albino – yang meyakinkannya bahwa pencariannya menemukan titik cerah. Dia menemui polisi Oakland pada hari yang sama.

Para penyelidik akhirnya setuju bahwa petunjuk baru itu cukup kuat, dan kasus pencarian orang hilang itu pun dibuka.

 

3 dari 3 halaman

Berhasil Ditemukan

Pada tanggal 20 Juni 2024, para penyelidik pergi ke rumah ibunya, kata Alequin, dan memberi tahu mereka berdua bahwa pamannya telah ditemukan.

"Kami baru mulai menangis setelah para penyelidik pergi," kata Alequin.

"Saya meraih tangan ibu saya dan berkata, 'Kami menemukannya.' Saya sangat gembira."

Pada tanggal 24 Juni, dengan bantuan FBI, Luis datang ke Oakland bersama anggota keluarganya dan bertemu dengan Alequin, ibunya, dan kerabat lainnya.

Keesokan harinya, Alequin mengantar ibunya dan paman barunya ke rumah Roger di Stanislaus County, California.

"Mereka berpelukan erat dan berpelukan lama sekali. Mereka duduk dan berbincang," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini