Sukses

Retno Marsudi Tegaskan Komitmen Perkuat Kemitraan Pembangunan di Pasifik dengan Kepulauan Solomon

Menlu Retno Marsudi menyampaikan apresiasi atas dukungan Kepulauan Solomon terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Indonesia.

Liputan6.com, New York City - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Eksternal Kepulauan Solomon, Hon. Peter Shanel Agovaka, MP, di sela-sela Sidang Umum PBB ke-79 di New York.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno Marsudi mengucapkan selamat atas penunjukan Peter Shannel Agovaka sebagai Menteri Luar Negeri Kepulauan Solomon dan membahas beberapa isu penting untuk mempererat hubungan bilateral, dimikian disampaikan dalam rilis dari Kemlu RI, Selasa (24/9/2024).

Dalam pertemuan, Menlu Retno Marsudi menyampaikan apresiasi atas dukungan Kepulauan Solomon terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Indonesia.

Menlu Retno Marsudi menyampaikan bahwa Indonesia akan terus meningkatkan hubungan dengan kawasan Pasifik, termasuk melalui Melanesian Spearhead Group (MSG) dan Pacific Islands Forum (PIF), khususnya dalam isu- isu yang menjadi kepentingan bersama seperti pembangunan berkelanjutan dan perubahan iklim.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen Indonesia untuk Pembangunan Pasifik

Komitmen Indonesia untuk menjadi mitra pembangunan bagi Pasifik, termasuk Kepulauan Solomon, juga ditekankan kembali.

"Indonesia akan terus mendengarkan dan mendukung prioritas pembangunan Kepulauan Solomon," ujar Menlu Retno Marsudi.

Kedua Menlu juga membahas pentingnya konektivitas, termasuk memanfaatkan Indonesia sebagai hub negara-negara Pasifik ke dunia internasional.

Terkait hal ini, Menlu Agovaka berharap dukungan Pemerintah RI untuk pengembangan jaringan fiber optik guna meningkatkan konektivitas internet di Kepulauan Solomon."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.