Sukses

China Uji Coba Rudal ICBM ke Samudra Pasifik dalam Latihan Pertama Sejak 1980-an

Beijing diketahui telah meningkatkan pengembangan nuklirnya dan anggaran pertahanan dalam beberapa tahun terakhir, dengan Pentagon pada Oktober 2023 lalu memperingatkan bahwa China mengembangkan persenjataannya lebih cepat daripada yang diantisipasi Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, Beijing - China mengatakan pihaknya menguji coba peluncuran intercontinental ballistic missile (ICBM) atau rudal balistik antarbenua pada hari Rabu (25/9), yang menembakkannya ke Samudra Pasifik saat latihan pertamanya dalam beberapa dekade.

Beijing diketahui telah meningkatkan pengembangan nuklirnya dan anggaran pertahanan dalam beberapa tahun terakhir, dengan Pentagon pada Oktober 2023 lalu memperingatkan bahwa China mengembangkan persenjataannya lebih cepat daripada yang diantisipasi Amerika Serikat (AS).

"China memiliki lebih dari 500 hulu ledak nuklir operasional hingga Mei 2023 dan kemungkinan akan memiliki lebih dari 1.000 pada tahun 2030," kata Pentagon seperti dikutip dari AFP, Senin (26/9/2024).

Pada hari Rabu (25/9), Rocket Force atau Pasukan Roket militer China "meluncurkan ICBM... yang membawa hulu ledak tiruan ke laut lepas di Samudra Pasifik pada pukul 08:44 pada tanggal 25 September, dan rudal tersebut jatuh ke wilayah laut yang diperkirakan", kata Kementerian Pertahanan China dalam sebuah pernyataan.

Seorang analis mengatakan kepada AFP bahwa uji coba semacam itu sangat jarang terjadi.

"Ini sangat tidak biasa dan mungkin pertama kalinya dalam beberapa dekade kita melihat uji coba seperti ini," kata Ankit Panda, Peneliti Senior Stanton di Carnegie Endowment for International Peace.

"(Uji coba) kemungkinan menunjukkan modernisasi nuklir Tiongkok yang sedang berlangsung yang terwujud dalam persyaratan baru untuk pengujian," tambahnya.

Namun, Kementerian Pertahanan China menyebut penembakan itu sebagai "pengaturan rutin dalam rencana pelatihan tahunan kami".

"Itu sejalan dengan hukum internasional dan praktik internasional dan tidak ditujukan terhadap negara atau target mana pun," kata Kementerian Pertahanan China.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Uji Coba ICBM ke Pasifik Selatan Perdana pada 1980-an

Beijing pertama kali menguji coba ICBM ke Pasifik Selatan pada 1980-an.

Namun sejak itu, Peneliti Senior Stanton di Carnegie Endowment for International Peace Ankit Panda mengatakan kepada AFP, mereka biasanya melakukan uji coba semacam itu di wilayah udaranya sendiri.

Pada 2021, AS mengatakan "sangat khawatir" tentang uji coba rudal hipersonik yang dilaporkan oleh Tiongkok.

Amerika Serikat dan Tiongkok pada bulan November mengadakan pembicaraan langka mengenai pengendalian senjata nuklir, sebagai bagian dari upaya untuk meredakan ketidakpercayaan menjelang pertemuan puncak antara pemimpin Joe Biden dan Xi Jinping.

Namun pada bulan Juli, Beijing mengatakan telah menangguhkan negosiasi dengan Amerika Serikat mengenai nonproliferasi nuklir dan pengendalian senjata sebagai tanggapan atas penjualan senjata Washington ke Taiwan.

 

3 dari 4 halaman

Stok Senjata Nuklir Terbesar Ketiga

Dalam laporan tahunan, Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) atau Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm mencantumkan Tiongkok sebagai negara yang memiliki stok hulu ledak nuklir terbesar ketiga di dunia, setelah Rusia dan Amerika Serikat.

Tahun ini, Beijing mengumumkan akan meningkatkan anggaran pertahanannya -- terbesar kedua di dunia -- sebesar 7,2 persen.

Peningkatan itu terjadi saat Tiongkok semakin bersaing dengan Amerika Serikat dan mitra regionalnya dari Laut China Selatan hingga Taiwan.

Bulan September ini, pejabat militer senior dari Tiongkok dan Amerika Serikat mengadakan pembicaraan "mendalam" sebagai bagian dari upaya kedua negara untuk menghindari ketegangan yang lebih luas yang meningkat menjadi konflik.

4 dari 4 halaman

China Uji Coba Senjata Nuklir Pertama Tahun 1964

Sejak uji coba nuklir pertamanya pada tahun 1964, Tiongkok merasa puas mempertahankan persenjataan yang relatif sederhana dan menegaskan bahwa mereka tidak akan pernah menjadi yang pertama menggunakan senjata nuklir dalam konflik.

Dalam beberapa tahun terakhir, di bawah Presiden Xi Jinping, Tiongkok telah memulai gerakan modernisasi militer besar-besaran yang mencakup peningkatan persenjataan nuklirnya untuk tidak hanya menghalangi musuh tetapi juga mampu melakukan serangan balik.

Namun, Pasukan Roket rahasia Beijing, yang melaksanakan uji coba pada hari Rabu (25/9) dan mengawasi persenjataan nuklir negara itu, juga telah menjadi sasaran kampanye antikorupsi yang agresif dan luas.

Pada bulan Juli, Beijing mengumumkan bahwa Sun Jinming, mantan kepala staf pasukan tersebut, telah diselidiki atas tuduhan korupsi.

Kepalanya, Li Yuchao, diganti pada bulan Juli lalu.

Dan Li Shangfu digulingkan tahun lalu setelah hanya tujuh bulan menjabat sebagai menteri pertahanan setelah lama absen dari pandangan publik.

Jenderal lain yang dipermalukan termasuk Wei Fenghe, yang pernah memimpin Pasukan Roket dan kemudian menjadi menteri pertahanan Tiongkok dari tahun 2018 hingga 2023.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.