Sukses

Berapa Lama Kucing Bisa Ditinggalkan Sendirian di dalam Rumah? Ini Kata Ahli

Berapa lama seharusnya kucing ditinggalkan sendirian di dalam rumah? Dokter hewan dan ahli perilaku kucing Michael Thompson memaparkan jawabannya.

Liputan6.com, London - Kucing dikenal sebagai makhluk hidup yang suka menyendiri dan mandiri. Butuh waktu untuk mendapatkan kepercayaan mereka, dan setelah Anda berhasil, mereka sering kali masih menyukai ruang mereka.

Meskipun perawatannya lebih mudah daripada anjing, mereka perlu juga untuk dirawat. Terutama perawatan rutin.

Jadi, jika Anda harus bepergian jauh dari rumah, berapa lama Anda bisa meninggalkan kucing sendirian dengan aman? 

Waktu Maksimal Kucing Dapat Sendirian

Dikutip dari mentalfloss, Senin (30/9/2024), menurut para ahli, jawabannya jauh lebih singkat dari yang Anda kira. Dokter hewan dan ahli perilaku kucing Michael Thompson mengatakan kepada Reader's Digest bahwa kucing hanya dapat ditinggalkan sendirian selama 24 hingga 48 jam.

Tanpa stimulasi yang cukup dan saat manusianya pergi, kucing dapat mengalami kebosanan, kecemasan, kesepian, dan bahkan depresi.

Mereka mungkin mengeong lebih sering dari biasanya, pergi ke kamar mandi di luar kotak pasir, atau bersembunyi. Semua ini menunjukkan bahwa kucing itu stres. Namun, untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat waktu mereka sendirian tidak terlalu membuat stres.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Kucing Anda Nyaman

Pertama, pastikan semua kebutuhan pokoknya terpenuhi. Seperti biasa, kotak pasir harus bersih, dan mereka harus memiliki banyak makanan dan air.

Jika waktu makan mereka dapat dipertahankan seperti biasa, itu lebih baik, karena kucing menyukai rutinitas yang dapat diandalkan.

Stimulasi mental juga penting; mereka harus memiliki sesuatu untuk dimainkan, digaruk, dan dijelajahi, seperti mainan, tempat bertengger kucing, atau bahkan benda-benda seperti kotak kardus.

Dan terakhir, jika kucing Anda sangat rentan terhadap kecemasan akan perpisahan, Anda dapat memutar video untuk kucing di TV atau membeli semprotan atau diffuser yang menenangkan.

 

3 dari 3 halaman

Minta Seseorang Sesekali Datang

Jika Anda akan pergi untuk jangka waktu yang lama, sebaiknya Anda meminta seseorang untuk datang dan memeriksa kucing Anda sesekali.

Bahkan dengan fasilitas seperti tempat makan otomatis dan kotak pasir yang membersihkan sendiri, kucing pada dasarnya adalah makhluk sosial.

Kunjungan seseorang dapat membantu memenuhi kebutuhan mereka untuk bermain, berolahraga, dan bersosialisasi, serta memberi Anda ketenangan pikiran bahwa mereka tidak mengalami masalah kesehatan apa pun saat Anda tidak ada. Pikirkan dua kali sebelum menggunakan fasilitas penitipan. Kucing sangat teritorial, dan ditempatkan di lingkungan baru kemungkinan besar hanya akan membuat mereka semakin stres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.