Sukses

Retno Marsudi Dorong Negara Anggota OKI Jadi Teladan dalam Pengakuan Terhadap Palestina

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mendorong agar semakin banyak negara mengakui Negara Palestina.

Liputan6.com, New Yprk - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi mendorong negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk menjadi teladan dalam memberi pengakuan terhadap Negara Palestina.

"Negara-negara OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) harus menjadi teladan dalam mendukung pengakuan terhadap Negara Palestina," demikian ditegaskan Menlu Retno, mengawali pidatonya di Pertemuan Koordinasi OKI Tahunan Tingkat Menteri, di Markas Besar PBB, New York, Jumat (27/9/2024).

Menlu wanita RI pertama itu juga mendorong negara-negara OKI untuk memanfaatkan pengaruh yang dimilikinya dalam meningkatkan jumlah negara yang mengakui Palestina serta mendorong implementasi efektif dari Resolusi Majelis Umum PBB ES-10/24, yang menuntut Israel untuk mengakhiri kehadiran ilegalnya di Wilayah Pendudukan Palestina.

"Jika diimplementasikan, Resolusi ES-10/24 akan menjadi satu lagi langkah maju dalam merealisasikan Negara Palestina," jelas Menlu Retno.

"Resolusi ini akan menjadi panduan negara-negara dalam mendorong pemenuhan hak-hak Palestina, oleh sebab itu, negara- negara OKI harus memberikan dukungan politik kepada Sekjen PBB untuk melaksanakan, melaporkan, dan memonitor implementasi dari Resolusi tersebut," lanjut dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Ada yang Tertinggal

Sebagai keluarga, Menlu Retno menyebut bahwa OKI harus menentukan masa depannya sendiri. Maka dari itu, negara anggota OKI harus saling membantu supaya tidak ada satu pun negara OKI yang tertinggal.

"OKI adalah sebuah keluarga besar, masa depan kita ada di tangan kita sendiri, oleh sebab itu kita harus saling membantu agar tidak ada satu pun negara OKI yang tertinggal," pungkas dia.

OKI dibentuk pada tahun 1969 dengan tujuan meningkatkan solidaritas Islam di antara negara anggota, mendukung perdamaian dan keamanan internasional, melindungi tempat-tempat suci Islam, dan membantu perjuangan pembentukan Negara Palestina yang merdeka dan berdaulat.

OKI terdiri dari 57 negara Islam atau negara berpenduduk mayoritas Muslim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini