Sukses

Penelitian: Microwave Rentan Terhadap 750 Jenis Bakteri, Begini Cara Membersihkannya

Ada cara praktis untuk membersihkan microwave dari bakteri. Pasalnya, penelitian menyebut alat ini rentan pada lebih dari 750 jenis bakteri.

Liputan6.com, Jakarta - Microwave menjadi alat bantu yang sangat berguna di kehidupan sehari-hari. Kita menggunakannya sepanjang waktu, terkadang microwave dapat menyebabkan benda-benda meledak, dan sangat sedikit dari kita yang benar-benar dapat mengatakan bahwa kita tahu cara kerjanya.

Lantaran begitu banyak manfaatnya, bahkan Anda terus mencoba menggunakannya setiap hari.

Anda mungkin tidak melakukannya cukup sering, karena benda itu hampir pasti dipenuhi dengan kotoran. Sebuah studi baru yang melibatkan pemeriksaan mendalam terhadap 30 microwave yang sering digunakan menemukan bahwa ada hampir 750 jenis bakteri yang tahan radiasi di dalamnya.

Studi yang dilakukan di Valencia, Spanyol, dan baru-baru ini diterbitkan dalam Frontiers in Microbiology, menemukan bahwa mikrobioma dalam oven microwave didominasi oleh Proteobacteria, Firmicutes, Actinobacteria, dan Bacteroidetes, dikutip dari laman Mentalfloss, Senin (30/9/2024).

Semua bakteri yang ditemukan pada kulit manusia. Para peneliti juga menemukan bahwa Klebsiella dan Brevundimonas, dua jenis bakteri yang terkait dengan penyakit bawaan makanan, tumbuh di beberapa sampel kultur yang mereka ambil dari gelombang mikro.

Meskipun peralatan rumah tangga sehari-hari ini mungkin tampak seperti tempat yang tidak mungkin bagi apa pun untuk tumbuh subur mengingat semua radiasi yang terlibat dalam proses pemanasan, radiasinya bersifat non-ionisasi, artinya tidak mengubah bentuk sel atau atom apa pun yang ditemuinya.

Gelombang mikro memanaskan makanan dengan menggetarkan molekul di dalamnya dengan kecepatan sedemikian rupa sehingga memanas, tetapi sebenarnya tidak cukup panas untuk membunuh semua bakteri, beberapa di antaranya terkait dengan penyakit bawaan makanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara yang Tepat untuk Membersihkan Gelombang Mikro

Meskipun demikian, semua mikroba ini cukup kuat. Mereka adalah "ekstremofil"—organisme yang dapat bertahan hidup dan bahkan tumbuh subur dalam kondisi fisik atau geokimia yang ekstrem.

Membersihkan microwave tidak sesulit yang dibayangkan. Anda tidak perlu menggunakan pemutih dalam jumlah banyak atau semacamnya. Cukup campurkan 2 sendok makan cuka putih ke dalam 2 cangkir air, taruh di cangkir atau mangkuk yang dapat digunakan di microwave, lalu panaskan selama 5 menit.

Campuran tersebut akan mulai mendidih dan mengeluarkan uap. Diamkan selama 15 menit agar semua uap asam yang panas itu memiliki waktu untuk bekerja. Kemudian, lap dengan kain mikrofiber akan cukup untuk melepaskan apa pun yang menempel.

Anda dapat melepaskan semua bagian yang dapat dilepas—meja putar dan pelat—dan mengelapnya dengan hati-hati. Kemudian, celupkan spons ke dalam larutan cuka dan gunakan untuk membersihkan bagian luar microwave.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.