Sukses

Kebakaran Bus Sekolah di Thailand, 25 dari 44 Orang Belum Ditemukan dan Diyakini Tewas Terbakar

Beberapa anak yang berhasil lolos kebakaran bus sekolah Thailand menderita luka bakar yang mengerikan di wajah, mulut, dan mata, kata dokter yang merawat mereka kepada media lokal.

Liputan6.com, Bangkok - Kebakaran hebat melanda sebuah bus Thailand yang membawa 44 anak dan guru dalam perjalanan sekolah pada hari Selasa (1/10/2024), kata para pejabat, dengan hingga 25 orang dikhawatirkan tewas.

Perdana Menteri Paetongtarn Shinawatra mengatakan ada korban jiwa dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban.

Laporan AFP menyebut bus tersebut merupakan satu dari tiga bus yang membawa anak-anak -- mulai dari usia taman kanak-kanak hingga sekitar 13 atau 14 tahun -- dari sekolah Wat Khao Phraya Sangkharam di provinsi utara Uthai Thani.

Menteri Transportasi Thailand Suriya Juangroongruangkit mengatakan jumlah korban tewas belum jelas tetapi 25 orang tidak diketahui keberadaannya setelah kebakaran tersebut.

"Laporan awal mengatakan ada 44 orang di dalam bus, 38 siswa dan enam guru. Sejauh yang kami ketahui sekarang, tiga guru dan 16 siswa berhasil keluar," katanya kepada wartawan.

"Untuk mereka yang masih hilang, kami belum tahu pasti."

Bencana itu bermula ketika sebuah ban pecah di jalan raya di pinggiran utara Bangkok sekitar pukul 12:30 siang (05.30 GMT), menyebabkan bus menabrak pembatas jalan dan terbakar, kata tim penyelamat.

Rekaman video dari lokasi kebakaran bus sekolah menunjukkan api melahap bus saat terbakar di bawah jembatan layang, awan asap hitam pekat mengepul ke langit.

Petugas penyelamat memasang layar untuk melindungi petugas pemadam kebakaran dan penyidik ​​saat mereka mulai mengevakuasi jenazah dari reruntuhan yang hangus.

"Beberapa jenazah yang kami selamatkan sangat, sangat kecil. Mereka mungkin masih sangat muda," kata Piyalak Thinkaew, yang memimpin pencarian, kepada wartawan di lokasi kejadian, seraya menambahkan bahwa api bermula dari bagian depan bus.

"Naluri anak-anak adalah melarikan diri ke belakang sehingga jenazah ada di sana," kata Piyalak Thinkaew.

Jenazah-jenazah itu sangat hangus sehingga sulit diidentifikasi, imbuh Piyalak Thinkaew.

Beberapa anak yang berhasil lolos menderita luka bakar yang mengerikan di wajah, mulut, dan mata, kata dokter yang merawat mereka kepada media lokal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keamanan Jalan yang Buruk

"Saya mendengar tentang kebakaran di bus yang membawa siswa dari Uthai Thani... yang mengakibatkan kematian dan cedera," tulis Perdana Menteri Paetongtarn Shinawatra di X, yang sebelumnya bernama Twitter.

"Sebagai seorang ibu, saya ingin menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga korban luka dan meninggal."

Meechai Sa-ard, seorang pengemudi taksi sepeda motor, mendengar suara kejadian dari jarak satu kilometer (0,6 mil).

"Ada asap di mana-mana. Anak-anak yang malang, saya dengar mereka masih sangat kecil," kata Meechai Sa-ard kepada AFP. "Saya berharap Tuhan berbaik hati sehingga hujan dapat memadamkan api dan anak-anak dapat selamat."

Api telah padam tetapi tim penyelamat harus menunggu bus mendingin sebelum mencari jasad, kata seorang petugas penyelamat.

Thailand memiliki salah satu catatan keselamatan jalan terburuk di dunia, dengan kendaraan yang tidak aman dan cara mengemudi yang buruk berkontribusi terhadap tingginya angka kematian tahunan.

Sekitar 20.000 orang tewas setiap tahun di jalan raya kerajaan itu, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) -- lebih dari 50 orang per hari secara rata-rata.

Kerugian ekonomi yang disebabkan oleh kematian dan cedera lalu lintas berjumlah sekitar $15,5 miliar pada tahun 2022 -- lebih dari tiga persen PDB -- kata WHO.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini