Sukses

Topan Krathon Mendekat ke Taiwan, Sekolah hingga Pasar Ditutup

Topan Krathon diprediksi tiba di Taiwan pada Kamis (3/10/2024) pagi dengan kecepatan angin berkelanjutan 173 km/jam dan hembusan hingga 209 km/jam.

Liputan6.com, Taipei - Taiwan menutup sekolah dan pasar keuangannya pada Rabu (2/10/2024) akibat Topan Krathon yang menghantam wilayah selatan dan timur pulau tersebut.

Krathon, yang membawa kecepatan angin berkelanjutan 173 km/jam dan hembusan hingga 209 km/jam, berada 140 km barat daya Kaohsiung selatan pada pukul 10 pagi waktu setempat, kata Badan Cuaca Pusat (CWA).

Topan tersebut, yang diturunkan statusnya dari kuat menjadi sedang dalam semalam menurut sistem pengukuran Taiwan.

Kini diperkirakan akan tiba di dekat Kaohsiung atau Tainan pada Kamis (3/10) pagi, kata badan tersebut, sehari lebih lambat dari perkiraan sebelumnya.

"Topan ini bergerak sangat lambat. Waktu pendaratannya terus tertunda. Perkiraan terbaru adalah bahwa pusat topan akan mendarat sekitar pukul 10 pagi besok," kata kepala CWA Cheng Chia-ping, dikutip dari Channel News Asia, Rabu (2/10).

"Setelah menerjang daratan, badai akan melemah dengan cepat. Badai akan melemah menjadi depresi tropis pada (Kamis) pagi, dan pada dasarnya menghilang di daratan Taiwan," katanya dalam pengarahan pemerintah.

Kantor-kantor dan sekolah-sekolah di seluruh pulau ditutup dan kementerian dalam negeri mengatakan lebih dari 10.000 orang telah dievakuasi dari daerah-daerah yang rentan sebagai tindakan pencegahan.

Presiden Lai Ching-te telah memperingatkan pada Selasa bahwa topan tersebut kemungkinan akan menyebabkan "kerusakan besar" dan mendesak masyarakat untuk "sangat waspada" karena rutenya yang relatif jarang karena topan tersebut diperkirakan akan keluar dari pantai timur pulau tersebut.

Semua penerbangan domestik dan layanan feri dibatalkan pada hari Rabu, dan sekitar 250 penerbangan internasional ditangguhkan.

 

2 dari 2 halaman

Kesiapan Taiwan

Hampir 40.000 tentara disiagakan untuk upaya bantuan, kata kementerian pertahanan.

Di seluruh Taiwan, 46 cedera terkait topan telah dilaporkan hingga hari Rabu dan satu orang di wilayah barat Yunlin dilaporkan hilang setelah jatuh ke laut, kata pihak berwenang.

Topan sering terjadi di sekitar wilayah ini pada saat ini.

Namun, sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa topan semakin terbentuk di dekat garis pantai, semakin kuat dengan cepat dan bertahan lebih lama di daratan karena perubahan iklim.

Di Kaohsiung, pihak berwenang telah mulai mendistribusikan karung pasir dan membersihkan saluran pembuangan badai untuk menghindari terulangnya banjir besar yang terjadi selama Topan Gaemi pada bulan Juli.

Gaemi adalah topan terkuat yang menerjang daratan Taiwan dalam delapan tahun, menewaskan sedikitnya 10 orang dan melukai ratusan orang.

Taiwan terbiasa dengan badai tropis yang sering terjadi dari bulan Juli hingga Oktober, tetapi para ahli mengatakan bahwa perubahan iklim telah meningkatkan intensitasnya, yang menyebabkan hujan lebat, banjir bandang, dan hembusan angin kencang.