Sukses

Penikaman Massal di Mal China, 3 Orang Tewas

20 menit sebelum waktu tutup, kekacauan terjadi di Ludu International Shopping Plaza di Distrik Songjiang, Shanghai barat daya, China: penikaman massal terjadi.

Liputan6.com, Shanghai - Pada Senin (30/9/2024) malam, hanya 20 menit sebelum waktu tutup, kekacauan terjadi di Ludu International Shopping Plaza di Distrik Songjiang, Shanghai barat daya, China.

Polisi mengatakan bahwa seorang pria berusia 37 tahun bermarga Lin, melakukan aksi penusukan dengan menerjang orang-orang tak dikenal saat ia melintasi pusat perbelanjaan yang seperti labirin, melewati gerai makanan dan naik ke lantai atas Walmart.

Laporan BBC yang dikutip Rabu (2/9), pelaku penikaman massal berhasil menyerang 18 orang dan menewaskan tiga di antaranya.

Seorang pekerja konstruksi berusia 28 tahun yang diidentifikasi hanya sebagai Zheng baru saja selesai makan barbekyu dengan seorang teman ketika ia melihat orang-orang "berlari, bersembunyi, dan berteriak". Ia memberi tahu kami bahwa ia dan temannya melihat pria itu membawa pisau dan mencoba menghentikannya - berlari ke arahnya dan melemparkan kursi untuk mencoba memperlambatnya atau menjatuhkan senjata dari tangannya.

Namun Zheng mengatakan pria itu bergerak terlalu cepat, dan mereka kehilangan dia saat ia naik ke lantai dua.

"Ketika semuanya menjadi kacau, kami hanya bisa mengetahui ke mana dia pergi dengan mendengar teriakan orang-orang," kata Zheng, seraya menambahkan, "Ketika penyerang menikam orang-orang, dia meneriakkan kata-kata makian dalam bahasa Mandarin."

Zheng mengatakan dia pikir rute pembunuh "sudah pasti direncanakan sebelumnya". "Saya yakin dia sengaja memilih pintu keluar; dia pasti sudah mengintai area tersebut sebelumnya."

Dua pedagang muda di luar gedung – yang melihat polisi menjatuhkan Lin ke tanah – mengatakan dia melangkah keluar dari pusat perbelanjaan sambil membawa pisau di masing-masing tangan. Alih-alih melarikan diri dari tempat kejadian pembantaian yang telah dilakukannya, dia terlihat tenang, seolah-olah tahu persis apa yang sedang dia lakukan.

Dua pedagang muda itu memberi tahu BBC bahwa pelaku membawa dirinya seolah-olah mengendalikan situasi, bahkan saat polisi menangkapnya.

Rekaman yang dibagikan di media sosial menangkap momen saat pelaku penikaman kemudian dibawa pergi, jaketnya berlumuran darah korbannya.

Polisi mengatakan dia datang ke Shanghai dengan tujuan "melampiaskan amarahnya… karena perselisihan ekonomi pribadi" dan bahwa penyelidikan mereka masih berlanjut.

 

2 dari 4 halaman

Rasa Terkejut

Namun, hanya sehari kemudian, ketika BBC mengunjungi Ludu International Shopping Plaza, seolah-olah pembantaian ini tidak pernah terjadi. Tidak ada lockdown di tempat kejadian perkara. Hanya lebih dari 12 jam setelah serangan mematikan itu, darah telah dibersihkan, dan plaza tersebut dibuka untuk umum seperti biasa.

Meski demikian, rasa keterkejutan itu masih ada.

Seorang penjaga toko muda, yang sedang berganti shift pada saat serangan itu, mengatakan bahwa dia sekarang takut untuk datang bekerja. "Ini seperti film. Anda tidak akan percaya ada sesuatu yang begitu menakutkan tepat di sebelah Anda".

Dia menunjuk ke keamanan tambahan dan polisi yang sekarang ditempatkan di dekat toko pakaiannya. "Lihat mereka," katanya, sambil mengakui bahwa dia merasa lebih aman dengan adanya petugas ini di dekatnya.

Kami bertanya tentang rekan-rekannya yang sedang bekerja dan harus berlari bersama orang lain yang berteriak-teriak di koridor, agar tetap hidup.

"Tentu saja mereka ketakutan. Tidak seorang pun dari mereka yang datang bekerja hari ini. Mereka mengatakan tidak berani kembali," katanya.

Seorang wanita muda yang mengelola kios yang menjual aksesori ponsel dan barang-barang elektronik kecil lainnya mengatakan bahwa jika dia menunda menutup tokonya sepuluh menit saja, dia akan berada di jalur penyerang.

"Ketika saya mendengarnya kemudian, saya sangat takut hingga tidak bisa tidur. Hari ini saya tiba di tempat kerja dengan jelas masih takut." Dia mengatakan dia merasa sangat beruntung tetapi takut karena betapa dekatnya dia dengan bahaya yang sangat ekstrem tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Insiden Penikaman Terbaru di China

Insiden ini adalah yang terbaru dari serangkaian serangan pisau yang melanda Tiongkok tahun ini.

Telah ada diskusi tentang tekanan ekonomi yang menyebabkan keretakan dalam masyarakat, bukan untuk memaafkan tindakan mengerikan seperti ini tetapi dalam upaya untuk menjelaskan hal yang tampaknya tidak dapat dijelaskan.

Lalu ada pertanyaan tentang penyakit mental di sini dan bagaimana penyakit itu diobati. Selama bertahun-tahun, serangan pisau terhadap orang asing telah terjadi secara bergelombang di negara ini dan tampaknya itu adalah upaya peniruan yang mengerikan untuk mendapatkan perhatian.

Apa pun itu, ada sesuatu yang sangat meresahkan di Tiongkok yang menyebabkan serangan berdarah ini.

 

4 dari 4 halaman

Terjadi Saat Momen Penting Bagi Partai Komunis

Pekan ini seharusnya menjadi waktu untuk merayakan hari penting di China, 75 tahun setelah Partai Komunis berkuasa, tetapi pembunuhan massal itu telah mengantar pada jeda 7 hari peringatan tersebut.

Rekaman mengejutkan dari mereka yang terluka, berjuang menahan rasa sakit di lantai, tersebar di media sosial.

Seorang wanita menggendong balita yang ditikam di pangkuannya terlihat menangis tersedu-sedu saat dia mencoba menelepon untuk meminta bantuan. Tangannya yang lain gemetar tak terkendali.

Pada saat artikel ini ditulis, seorang anggota keluarga yang menolak disebutkan namanya, mengatakan kepada BBC bahwa gadis berusia dua setengah tahun itu masih dalam perawatan intensif.

Pembagian gambar-gambar ini dan diskusi tentang serangan itu sekarang disensor di platform media sosial yang dikontrol ketat di Tiongkok meskipun beberapa orang menemukan cara untuk membicarakan subjek tersebut menggunakan ekspresi tertentu agar tidak diblokir.

Namun di forum diskusi daring, masih ada orang-orang yang menyambut baik fakta bahwa di negara ini – berbeda dengan Amerika Serikat – sangat sulit bagi orang biasa untuk mendapatkan senjata, karena akses ke senjata otomatis akan berarti lebih banyak kematian di kasus seperti ini.

Namun, langkah resmi untuk mencoba menghapus insiden ini, dan insiden lain yang serupa, dari wacana publik menunjukkan sejauh mana hal ini meresahkan pemerintah.

Para manajer dari Walmart dan seluruh Ludu Plaza menghentikan banyak staf untuk berbicara kepada kami, terkadang bahkan menyela kami di tengah wawancara.

Zheng sendiri mengatakan bahwa saat kembali ke pusat perbelanjaan keesokan harinya, ia tidak percaya semuanya begitu saja "dibersihkan" - tidak ada bunga. Tidak ada yang menandai serangan itu. "Saya hanya bisa merasakan kesedihan bagi para korban," katanya.