Sukses

Sekjen baru NATO Kunjungi Ukraina, Janjikan Dukungan Berkelanjutan

Rutte baru menjabat beberapa hari sebagai sekjen NATO. Dia menggantikan Jens Stoltenberg.

Liputan6.com, Kyiv - Sekretaris Jenderal NATO yang baru, Mark Rutte, mengunjungi Ukraina pada hari Kamis (3/2024) dalam perjalanan resmi pertamanya sejak menjabat. Dia menjanjikan dukungan aliansi yang berkelanjutan bagi Ukraina dalam perangnya dengan Rusia.

Rutte bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Kyiv saat sirene serangan udara berbunyi dua kali di ibu kota Ukraina.

Pimpinan NATO yang baru berjanji ketika dia menjabat pada hari Selasa (1/10) untuk membantu menopang dukungan Barat bagi Ukraina, yang telah memerangi invasi skala penuh Rusia sejak Februari 2022 dan telah bertahan selama sebagian besar tahun ini karena dorongan tentara Rusia yang tiada henti di wilayah timur negara itu.

Rutte menyatakan keyakinannya bahwa dia dapat bekerja dengan siapa pun yang terpilih sebagai presiden Amerika Serikat (AS), anggota aliansi yang paling kuat, pada bulan November. Itu bisa menjadi momen penting bagi upaya Ukraina untuk memastikan dukungan Barat yang berkelanjutan.

Zelenskyy mengatakan dia membahas unsur-unsur dari apa yang disebut rencana kemenangan Ukraina dengan Rutte, menjelang pertemuan NATO di Pangkalan Udara Ramstein di Jerman pekan depan. Pertemuan tersebut mempertemukan para pemimpin pertahanan dari lebih dari 50 negara mitra yang secara rutin bertemu untuk mengoordinasikan bantuan senjata untuk perang.

Keduanya juga membahas situasi medan perang dan kebutuhan khusus unit militer Ukraina. Zelenskyy menegaskan kembali bahwa Ukraina membutuhkan lebih banyak persenjataan, termasuk senjata jarak jauh yang telah lama dimintanya.

Ketika ditanya apakah perang di Timur Tengah akan memengaruhi jadwal yang telah dibayangkannya untuk rencana kemenangan, Zelenskyy mencatat bahwa AS dan Inggris mengatakan Iran telah memasok rudal dan drone ke Rusia untuk digunakan melawan Ukraina.

Dia juga mengimbau negara-negara Barat untuk membatalkan pembatasan penggunaan senjata jarak jauh agar Ukraina dapat menyerang jauh di dalam Rusia.

"Tentu saja, kami ingin Ukraina tidak dilupakan. Namun, cara terbaik untuk tidak melupakan Ukraina adalah dengan menyediakan senjata yang tepat dan izin yang diperlukan," kata Zelenskyy, seperti dilansir AP, Jumat (4/10).

"Dan untuk membantu menembak jatuh ... rudal atau drone Iran yang sama, seperti yang ditembak jatuh di atas Israel, untuk menembak jatuhnya dengan cara yang sama di atas Ukraina."

Rutte menegaskan kembali dukungan tak tergoyahkan aliansi tersebut untuk Ukraina, dengan menegaskan bahwa "Ukraina lebih dekat dengan NATO daripada sebelumnya."

Dia menggarisbawahi langkah-langkah terbaru yang diambil oleh NATO "membangun jembatan menuju keanggotaan NATO" bagi Ukraina, termasuk bantuan dana sebesar USD 44 miliar, perjanjian keamanan bilateral antara sekutu, dan pembentukan komando NATO baru untuk mengoordinasikan bantuan dan pelatihan.

2 dari 2 halaman

Rusia Raih Kemajuan di Medan Perang

Rutte tiba setelah bom luncur Rusia menghantam blok apartemen lima lantai di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, melukai sedikitnya 12 orang, termasuk seorang anak perempuan berusia 3 tahun. Demikian disampaikan pejabat setempat pada hari Kamis.

"Bom tersebut menghantam antara lantai tiga dan empat gedung pada Rabu (2/10) malam, memicu kebakaran," kata Gubernur Kharkiv Oleh Syniehubov.

Kota Kharkiv, sekitar 30 kilometer dari perbatasan Rusia, telah sering menjadi sasaran serangan udara selama perang melawan Rusia yang kini telah memasuki tahun ketiga.

Semakin umum dalam perang, bom luncur telah meneror warga sipil dan menghancurkan garis pertahanan tentara Ukraina. Ukraina tidak memiliki tindakan balasan yang efektif untuk bom luncur, yang diluncurkan dari pesawat Rusia di dalam Rusia.

Bom luncur merupakan senjata utama dalam perebutan Kota Vuhledar yang penting secara taktis oleh Rusia pada hari Rabu, saat pasukan Rusia menghancurkan wilayah Donetsk timur dan memaksa pasukan Ukraina yang lelah untuk mundur dari kota-kota dan desa-desa yang hancur.

Zelenskyy, dalam konferensi pers dengan Rutte, mengatakan bahwa Ukraina harus menarik pasukannya keluar dari Vuhledar sehingga mereka dapat bertahan hidup untuk bertempur di hari berikutnya. Sebelumnya, dia mengatakan serangan Kharkiv terbaru menyoroti kebutuhan mendesak akan peningkatan dukungan dari sekutu Barat Ukraina.

Baru-baru ini, Zelenskyy mengadakan pembicaraan dengan pejabat di AS dalam upaya untuk memastikan dukungan militer Barat lebih lanjut.

Rusia telah memiliki inisiatif medan perang sejak akhir tahun lalu, ketika serangan balik Ukraina mereda. Ukraina tengah berjuang dengan masalah sumber daya manusia yang kritis di garis depan dan berusaha keras menahan serangan Rusia yang terus-menerus.

Meskipun perolehan Rusia di medan perang bersifat bertahap, gerakan maju yang mantap terus bertambah saat Ukraina terdesak mundur dan menyerah.

Kedua belah pihak terus melakukan serangan udara lintas batas secara teratur, biasanya pada malam hari.

Angkatan udara Ukraina mengatakan pada hari Kamis bahwa 78 dari 105 pesawat nirawak Shahed yang diluncurkan Rusia dihancurkan pada hari Kamis saat 15 wilayah negara itu diserang.

Sementara itu, militer Rusia mengklaim mencegat 113 drone Ukraina. Drone-drone tersebut dihancurkan di empat wilayah Rusia di perbatasan dengan Ukraina — Belgorod, Bryansk, Kursk, dan Voronezh.

 

Video Terkini