Sukses

Banjir Rendam Cagar Alam di Thailand, 100 Gajah Dievakuasi

Kondisi sejumlah gajah yang sakit mempersulit upaya evakuasi.

Liputan6.com, Bangkok - Banjir melanda salah satu cagar alam di utara Thailand, memaksa proses evakuasi terhadap sekitar 100 gajah.

Video dan gambar dramatis dari Elephant Nature Park di dekat kota Chiang Mai menunjukkan puluhan gajah berenang melalui air yang mencapai perut mereka dalam mencari tempat aman di tanah tinggi.

"Ini adalah evakuasi terbesar yang pernah kami lakukan untuk menyelamatkan hidup mereka; air naik dengan sangat cepat," kata Saengduean “Lek” Chailert, pendiri Elephant Nature Park, kepada CNN, menyebut banjir ini sebagai yang paling parah yang pernah dialami kebun tersebut.

Video menunjukkan staf kebun yang bekerja dengan gajah, dikenal sebagai mahouts, berteriak, "Go go, keep going," sambil mendorong gajah-gajah besar keluar dari kandang dan melalui air banjir tinggi.

Meskipun banyak hewan berhasil menemukan tempat perlindungan di gunung dekat pada malam hari Kamis, Saengduean mengatakan bahaya belum berakhir hingga keesokan hari.

"Ada beberapa hewan yang tidak bisa dievakuasi kemarin. Tiga belas gajah dewasa masih terjebak di kandang mereka. Mereka panik," katanya, seperti dilansir CNN, Jumat (4/10/2024).

Thailand bagian utara telah mengalami banjir dan longsor parah dalam beberapa minggu terakhir akibat hujan lebat yang dibawa oleh Topan Yagi, badai paling kuat di Asia tahun ini yang meninggalkan puluhan korban di wilayah tersebut pada pertengahan September.

Pihak berwenang di Chiang Mai, destinasi wisata populer di Thailand, telah mengeluarkan peringatan tentang kemungkinan banjir karena tingkat air di Sungai Ping, yang mengalir melalui kota tersebut, mencapai tingkat berbahaya.

2 dari 3 halaman

Banyak Hewan Terjebak

Dengan banjir di sekitar kebun dan air terus naik, pihak cagar alam mengatakan mereka menghadapi kemungkinan harus dievakuasi hewan-hewan tersebut sekali lagi.

"Situasi jauh lebih parah daripada kemarin," katanya, menambahkan bahwa ia telah meminta bantuan darurat dari pihak berwenang Thailand.

Prioritas utama adalah mendapatkan kapal-kapal untuk memungkinkan mahouts tetap bersama gajah-gajah di kebun untuk menjaga mereka tetap tenang, katanya.

"Kami sangat membutuhkan sukarelawan dan kandang hewan karena kami harus memindahkan hewan-hewan ke gunung karena jalan-jalan di kedua arah sudah tidak bisa dilalui," demikian bunyi pengumuman pihak cagar alam di Facebook.

Sekitar 30 sukarelawan asing juga terjebak di kebun, termasuk lima warga Amerika Serikat (AS), beberapa di antaranya telah bekerja di kebun selama beberapa minggu, kata Saengduean.

3 dari 3 halaman

Kondisi Fisik Gajah Hambat Evakuasi

 Elephant Nature Park adalah pusat penyelamatan dan pemulihan gajah di pedesaan Chiang Mai yang telah menyelamatkan lebih dari 200 gajah dari industri pariwisata dan perburuan kayu sejak didirikan pada tahun 1990-an. Kebun itu juga menawarkan tur dan program sukarela yang memungkinkan pengunjung untuk mengamati hewan-hewan atau membantu pekerjaan konservasi.

Banyak gajah di kebun tersebut buta atau memiliki luka fisik, yang telah mempersulit kemampuan mereka untuk melarikan diri dan memperumit upaya evakuasi.

"Di antara hewan-hewan yang berhasil dievakuasi, ada banyak gajah yang sakit, beberapa hampir tidak bisa berjalan. Kami harus membantu mereka mencapai kaki gunung. Kami sangat membutuhkan bantuan," kata Saengduean.

Selain gajah, cagar alam itu juga menjadi rumah bagi sekitar 5.000 hewan yang diselamatkan, termasuk anjing, kucing, kuda, babi, dan kelinci – beberapa di antaranya dievakuasi dalam beberapa hari terakhir setelah pihak berwenang mengeluarkan peringatan banjir.

Beberapa desa di distrik Mae Rim Chiang Mai telah terendam air dari aliran hulu, seperti dilaporkan media lokal pada hari Kamis.

Gajah, hewan nasional Thailand, telah mengalami penurunan populasi liar dalam beberapa dekade akibat ancaman dari pariwisata, perburuan kayu, penangkapan liar, dan penggusuran habitat oleh manusia.

Para ahli perkiraan bahwa populasi gajah liar di Thailand telah menurun menjadi 3.000-4.000, sebuah penurunan dari lebih dari 100.000 pada awal abad ke-20.

 

Video Terkini