Sukses

9 Oktober 1992: Meteorit Sebesar Bola Bowling Hantam Mobil Chevy Malibu di New York

Meteorit yang dikira batu itu sangat berat untuk ukurannya (beratnya sekitar 28 pon atau sekitar 12 kg), berbentuk seperti bola sepak dan hangat saat disentuh. Baunya samar-samar seperti telur busuk.

Liputan6.com, Jakarta Sejarah mencatat sebuah meteorit jatuh di New York, Amerika Serikat (AS) hari ini 32 tahun yang lalu.

Tepat pada 9 Oktober 1992, mengutip History.com, Michelle Knapp yang berusia 18 tahun sedang menonton televisi di ruang tamu orang tuanya di Peekskill, New York ketika ia mendengar suara gemuruh di jalanan mobilnya. Karena khawatir, Knapp berlari keluar untuk menyelidiki.

Apa yang ia temukan sangat mengejutkan: sebuah lubang besar di bagian belakang mobilnya, Chevy Malibu oranye keluaran tahun 1980. Sebuah lubang yang sama di jalanan mobilnya yang berkerikil, di bawah mobilnya. Di dalam lubang tersebut, terdapat batu yang terlihat seperti batu pada umumnya seukuran bola bowling.

Batu itu sangat berat untuk ukurannya (beratnya sekitar 28 pon atau sekitar 12 kg), berbentuk seperti bola sepak dan hangat saat disentuh. Baunya samar-samar seperti telur busuk.

Keesokan harinya, seorang kurator dari American Museum of Natural History (Museum Sejarah Alam Amerika) di New York City mengonfirmasi bahwa objek itu adalah meteorit asli.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa Bumi dibombardir dengan sekitar 100 pon material meteor setiap hari. Meteor adalah potongan asteroid dan puing-puing lain yang terbuat dari batu, besi, dan nikel yang telah mengorbit di luar angkasa selama miliaran tahun. Beberapa berukuran sekecil partikel debu dan yang lainnya berukuran besar hingga 10 mil; namun, sebagian besar berukuran sebesar bola bisbol.

Para astronom dan orang lain yang memperhatikan langit malam dapat dengan mudah melihatnya.

 

2 dari 2 halaman

Meteorit Berwarna Hijau

Ketika meteor memasuki atmosfer Bumi, meteor itu menyala di langit seperti bola api. (Apa yang kebanyakan orang sebut "bintang jatuh" sebenarnya adalah meteor). Ribuan orang di Amerika Serikat bagian timur melihat meteorit Peekskill berwarna kehijauan saat melesat menghantam mobil Chevy Malibu milik Knapp dan banyak yang mendengarnya juga.

Seorang saksi mengatakan bahwa meteor itu berderak seperti kembang api yang sangat keras. Para ilmuwan telah menentukan bahwa meteor itu berasal dari tepi dalam sabuk asteroid utama di luar angkasa, antara Jupiter dan Mars.

Meskipun meteorit cukup umum, meteorit yang menabrak mobil tidaklah umum.

Mobil, bagaimanapun juga, adalah objek yang sangat kecil di planet yang sangat besar. Faktanya, sejauh pengetahuan para ilmuwan, hal itu hanya terjadi dua kali sebelumnya—satu kali di Illinois pada tahun 1930-an dan satu kali di St. Louis.

Akhirnya, meteorit Michelle Knapp yang terkenal itu dijual kepada seorang kolektor dan dua pedagang fosil, yang memecahnya menjadi potongan-potongan yang lebih kecil dan menjualnya kepada beberapa kolektor dan museum lainnya.

Sementara itu, mobil yang dihantam meteorit dijual seharga $10.000 (atau sekitar Rp156 juta) kepada Lang’s Fossils and Meteorites di Cranford, New Jersey. Mobil itu kemudian dipamerkan di New York, Paris, Munich, dan Tokyo.